Canggih! Prosesor Mobile Terbaru ARM Didedikasikan Machine Learning dan AI

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 31 May 2017, 12:30
ARM baru saja meluncurkan generasi berikutnya yakni core ARM Cortex A75 yang mengunggulkan performa dan Cortex A55 yang menekankan pada efisiensi daya. Apa lagi yang ditawarkan?

Tahukah kamu prosesor jenis apa yang dipakai kebanyakan perangkat smartphone dan tablet? Ya, kebanyakan perangkat mobile menggunakan prosesor berarsitektur ARM.

Kabar barunya, ARM baru saja meluncurkan generasi berikutnya yakni core ARM Cortex A75 yang mengunggulkan performa dan Cortex A55 yang menekankan pada efisiensi daya. Apa lagi yang ditawarkan?

BACA JUGA

    ARM Cortex A75 dan Cortex A55 Didedikasikan Machine Learning dan AI

    Dikutip dari PhoneArena, prosesor ARM Cortex A75 yang menawarkan performa 20 persen lebih kencang, throughput memori 16 persen lebih baik, dan total 34 persen peningkatan dalam skor Geekbench.

    Sementara Cortex A55 menawarkan efisiensi daya terbaik untuk kelas mid-range dan dilengkap dengan GPU baru Mali-G72 yang lebih hemat daya 25 persen.

    Namun, aspek yang lebih revolusioner sebenarnya adalah adanya prosesor baru ini didedikasikan sepenuhnya untuk machine learning dan artificial intelligence (AI).

    Sejalan dengan tren saat ini, artinya perangkat mobile akan mampu melakukan tugas-tugas machine-learning tanpa harus bergantung pada komputasi cloud dan tanpa bergantung pada kualitas bandwidth eksternal.

    Menurut ARM marketing chief, John Ronco, akan ada "50x peningkatan kinerja AI selama tiga sampai lima tahun berkat arsitektur yang lebih baik, mikro-arsitektur, dan optimasi perangkat lunak."

    Diperkirakan perangkat mobile komersial pertama menggunakan prosesor A75 Cortex dan Cortex A55 baru akan tersedia pada kuartal pertama tahun 2018 mendatang.

    Jadi, buat kamu yang berencana beli smartphone baru? Mungkin lebih baik menunggu sampai tahun depan, bagaimana pendapat kamu?

    ADVERTISEMENT

    Baca juga artikel seputar Prosesor atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

    ARTIKEL TERKAIT
    APPS TERKAIT
    Capsa Royale 3.1.1
    Games 88 Entertaiment
    JalanTikus 2.5.2
    Apps JalanTikus.com
    Babe - Baca Berita 7.6.2
    Apps Mainspring
    Dress Up Diary 1.3.43
    Games Maingames
    Kembali Keatas