Lupakan ID, Kamu Hanya Perlu Selfie Untuk Mengidentifikasi Seseorang

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Saturday, 24 December 2016, 14:30
Di masa mendatang, mungkin kita tak butuh kartu identitas. Cukup selfie untuk mengidentifikasi seseorang.

Inovasi teknologi selalu berkembang dari waktu ke waktu. Salah satu teknologi yang akan menjadi tren tahun depan adalah facial recognition alias pengenalan wajah.

Di masa mendatang, mungkin kita tak butuh kartu identitas. Cukup selfie untuk mengidentifikasi seseorang. Dilansir dari CNN Tech, sebuah perusahaan teknologi China yakni Baidu, mulai menguji teknologi pemindai wajah di Wuzhen.

BACA JUGA

    Lupakan ID, Foto Selfie Siap Verifikasi Identitas

    Wuzhen adalah sebuah kota bersejarah dengan kanal klasik dan arsitektur tuanya, yang dikenal sebagai wilayah tujuan wisata terkenal. Kini para pengunjung atau turis, tidak perlu membawa tiket dan tidak usah menyodorkan tangan untuk distempel. Cukup melakukan selfie untuk masuk ke salah satu tujuan wisata di negara ini.

    Ya, identifikasi tiket masuknya berupa scan wajah pengunjung itu sendiri. Lebih praktis bukan? Wajah manusia tidak mungkin hilang seperti halnya tiket atau kartu identitas.

    Ketika teknologi ini diterapkan, terbukti mempersingkat waktu antrean dan menambah kenyamanan bagi para tamu. Umpan balik yang diterima pun positif.

    Foto selfie yang diambil akan diunggah ke database, yang kemudian dikirim ke cloud, di mana proses identifikasi wajah manusia dijalankan. Menurut Baidu, waktu prosesnya hanya 0,6 detik dan sangat akurat hingga 99,77 persen.

    Baidu bukan satu-satunya perusahaan yang menggunakan wajah seseorang untuk otentikasi. Microsoft juga melakukan hal sama agar pengguna dapat masuk ke beberapa tablet Surface dengan teknologi pengenalan wajah.

    MasterCard juga menggunakan pengenalan wajah untuk verifikasi identitas pemegang kartu dan membuat belanja online lebih mudah. Wah, tampaknya tren selfie tidak akan pernah surut ya!

    ADVERTISEMENT

    ARTIKEL TERKAIT

    AJEGILE! Harga Samsung Galaxy S8 Naik 20 Persen, Mulai Rp 12 Jutaan?

    APPS TERKAIT
    Expeditions 2.2.190521016
    Apps Google Inc.
    Offline Browser 5.6
    Apps Daniel Huber
    Cashtree: Bagi bagi Hadiah Terus 1.6.2.1
    Apps VITI GLOBAL LIMITED
    Freelancer - Hire & Find Jobs 3.0.3
    Apps Freelancer.com
    Kembali Keatas