Tobat Sekarang! Hari Ini Akan Terjadi Hujan Meteor

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 10 Agustus 2016, 12:30
Hujan Meteor Perseid biasanya aktif di antara tanggal 17 Juli hingga 24 Agustus tiap tahunnya. Hujan Meteor Perseid sering dikaitkan dengan komet Swift-Tuttle. Selain itu, dinamakan Perseid karena titik radian Hujan meteor tersebut seolah b

Setelah peristiwa Hujan Meteor di Indonesia tanggal 5-6 Mei 2016 lalu, ternyata memang benar, masih ada lagi Hujan Meteor yang akan terjadi berikutnya. Jika masih ada yang berpikir kalau Hujan Meteor itu menandakan Hari Kiamat, kamu sudah jelas-jelas SALAH. Karena, Hujan Meteor itu memang akan selalu terjadi setiap tahunnya.

Belum lama ini, terdengar kabar bahwa Hujan Meteor Perseid akan turun pada tanggal 9-10 Agustus, atau tepatnya jatuh antara hari ini sampai besok. Pernah mendengar Hujan Meteor Perseid? Hujan Meteor Perseid adalah fenomena alam berupa Hujan Meteor yang sering dikaitkan dengan komet Swift-Tuttle. Kenapa dinamakan Perseid? Karena titik radian Hujan Meteor ini seolah-olah berasal dari arah rasi bintang Perseus. Wah, sebentar lagi kamu bisa melihat Hujan Meteor Perseid. Tapi, bagaimana cara melihatnya ya?

BACA JUGA
  • 16 Foto Langit dan Tata Surya Menakjubkan yang Diambil dari Bumi
  • Bertobatlah! Tanggal 5-6 Mei 2016 Akan Terjadi Hujan Meteor di Indonesia

Hujan Meteor Perseid

Setelah terjadinya Hujan Meteor Lyrid dan Hujan Meteor Eta Aquarids yang Jaka singgung di dalam artikel Bersiaplah! Akan Terjadi Hujan Meteor di Hari Jumat, 22 April 2016 dan Bertobatlah! Tanggal 5-6 Mei 2016 Akan Terjadi Hujan Meteor di Indonesia, Hujan Meteor Perseid juga akan terjadi sebentar lagi. Hujan Meteor Perseid ini bisa dianggap acara cahaya tahunan yang paling spektakuler di tahun 2016 ini.

Dikutip dari Mashable, para ilmuwan memperkirakan bahwa Hujan Meteor Perseid 2016 ini akan menampilkan sebuah "ledakan" dengan jumlah 200 meteor per jam di atas gelapnya langit di Amerika Serikat. Hal ini diungkapkan oleh ahli meteor dari NASA yang bernama Bill Cooke. Biasanya, Perseid sendiri menghasilkan sekitar setengah dari total jumlah setiap jam selama puncaknya ledakan meteor tersebut.

Waktu Hujan Meteor Perseid

Sebagian besar dari kamu pasti bertanya-tanya, kapan kamu bisa melihat Hujan Meteor Perseid. Seperti yang sudah Jaka singgung di atas, kamu mampu menyaksikan Hujan Meteor Perseid antara tanggal 17 Juli hingga 24 Agustus tiap tahunnya dengan fase puncak Hujan Meteor tanggal 9 Agustus sampai 10 Agustus 2016. Seperti biasa, waktu terbaik untuk menyaksikan Hujan Meteor ini adalah pada saat pagi dini hari, sebelum matahari menampilkan wujudnya.

Hujan Meteor Perseid dapat dilihat secara menakjubkan dari belahan bagian bumi utara. Namun, kamu tetap bisa melihat aksi Hujan Meteor ini di mana pun kamu berada. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk kamu menyaksikannya? Sabar guys, Jaka bakal kasih tabel yang akan menunjukkan kapan dan di mana tepatnya lokasi Perseid dari lokasimu.

Prakiraan Lokasi Hujan Meteor Eta Aquarids di Langit

Waktu Azimuth/Direction Altitude
Rabu, 01:00 30 North 5.0
Rabu, 02:00 27 North 12.1
Rabu, 03:00 21 North 18.1
Rabu, 04:00 14 North 22.7
Rabu, 05:00 6 North 25.3

Catatan:

Cara Melihat Hujan Meteor Perseid

Kalau kamu sudah baca artikel Jaka tentang Hujan Meteor Eta Aquarids, maka sudah Jaka jelaskan secara lengkap bagaimana cara melihat Hujan Meteor. Demi memuaskan pembaca setia JalanTikus, berikut Jaka paparkan kembali cara melihat Hujan Meteor Perseid serta hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengincar moment Hujan Meteor.

CARA MELIHAT HUJAN METEOR ETA AQUARIDS

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT MELIHAT HUJAN METEOR ETA AQUARIDS

Jadi, apa rencanamu untuk menyaksikan Hujan Meteor Perseid malam ini? Biar seru, kamu wajib ajak teman-teman kamu menonton Hujan Meteor tersebut, dan tidak lupa ajak pacar kamu juga ya. Share ke semua temanmu agar mereka juga tahu ya.

Sumber Tulisan dan Foto: Google

ARTIKEL TERKAIT

Saksikan Mengerikannya Video Petir Ini dalam Format Slow-Motion

Perdana! Video Bumi Diambil dari Luar Angkasa dalam Format Full-Color HD

Cara Menggunakan HP Sebagai Alat Pendeteksi Gempa Bumi

16 Foto Langit dan Tata Surya Menakjubkan yang Diambil dari Bumi

Wisata Luar Angkasa Kini HANYA 1 Milyar Rupiah!

Bisa Gak Sih Kentut Membawa Kita ke Bulan?

MENAKJUBKAN! Foto Bulan Ini Diambil Hanya Dengan Kamera DSLR Biasa

Video 4K Tentang Matahari dari NASA Ini Wajib Kamu Tonton

APPS TERKAIT
Info Gempa dan Cuaca 1.1.1
Apps Tim Website BMKG
Kalender Indonesia (1901 - 2100) 1.0.0.0
Apps 9Apps Inc.
Cardboard
Apps Google Inc.
Cardboard Camera 1.0.0.138547925
Apps Google Inc.
undefined
Kembali Keatas