5 Objek Sejarah Ini Ditemukan Secara Tak Sengaja! Gali Sumur Ketemu Makam Kaisar?

Ditulis oleh Muhammad Reza - Thursday, 02 June 2022, 23:45
Apa jadinya kalau orang awam nggak sengaja menemukan penemuan arkeologi di dekatnya? Apalagi jika yang ditemukan sebesar ini, geng! Wow, nemu apa aja, tuh?

Pada umumnya, penemuan-penemuan seperti fosil, reruntuhan, dan bebatuan sudah diincar oleh para arkeolog untuk kepentingan studi, khususnya di bidang sejarah dan peradaban Bumi.

Itu sebabnya objek arkeologi biasanya dapat ditemukan setelah adanya perhitungan matang dan pengamatan dari arkeolog selama bertahun-tahun.

Sudah diperhitungkan dan diamati dengan seksama saja, arkeolog belum tentu bisa menemukannya apa yang mereka cari, geng.

Namun, bagaimana ceritanya jika ada orang yang tiba-tiba menemukan suatu penemuan bersejarah saat nggak sengaja berada di tempat tersebut?

Bukan hanya di film, geng, ternyata hal tersebut benar-benar ada, contohnya saja penemuan-penemuan berikut yang ditemukan secara tidak sengaja.

Lantas, apa saja penemuan-penemuan tersebut?

1. Fosil Bison Stepa

Seorang penambang emas di sebuah tambang dekat Fairbanks, Alaska pada bulan Juli 1979 menemukan fosil bison yang terawetkan oleh es.

Ia menamakannya "Blue Babe" karena corak biru metalik pada kulit mumi bison itu yang disebabkan oleh besi fosfat berwarna biru yang menutupi sebagian besar kulit yang diawetkan.

ADVERTISEMENT

Penemuan ini seketika menjadi terkenal di Amerika, apalagi fosil tersebut bukanlah bison biasa, melainkan jenis bison stepa yang diperkirakan berusia 36.000 tahun, geng.

Sekarang, bison tersebut dipajang secara permanen di Museum Universitas Alaska.

2. Tentara Tanah Liat

Tahukah kamu bahwa tentara tanah liat di Cina yang terkenal itu sebenarnya ditemukan secara tidak sengaja?

Pada tahun 1974, tujuh petani di Tiongkok sedang menggali sumur ketika mereka menemukan satu batalion pasukan yang terbuat dari tanah liat, terkubur di bawah tanah.

Ternyata, apa yang mereka temukan adalah makam besar Kaisar Pertama Dinasti Qin Qin Shi Huang (abad ke-3 SM) yang ada di kompleks seluas 20 mil persegi.

Sekitar 8.000 patung seukuran manusia di samping makam ditemukan utuh. Para prajurit tersebut mengenakan baju besi lengkap, dengan kuda, senjata, dan fitur wajah yang berbeda-beda.

Tentara tersebut dipercaya berfungsi sebagai pelindung Kaisar dari musuh di akhirat, geng.

3. Kota Bawah Tanah

Salah satu kota bawah tanah terbesar di dunia, Kota Bawah Tanah Derinkuyu, diperkirakan berusia sekitar 1.000 tahun dan berasal dari Era Bizantium.

Pemukiman bertingkat 18 lantai itu dikemas dengan fasilitas yang mentereng, bahkan kota bawah tanah tersebut dilengkapi dengan sekolah, kapel, ruang pertemuan, kandang kuda, dan jaringan terowongan.

Kota bawah tanah berusia 1.000 tahun ini baru ditemukan pada tahun 1963 dan diketahui memiliki kapasitas hingga 20.000 orang, geng.

Peradaban secanggih ini ternyata juga ditemukan secara tak sengaja oleh seorang pria di Derinkuyu, Turki ketika ia merobohkan tembok di ruang bawah tanahnya. Gak nyangka banget, ya!

4. Fosil Stegomastodon

Pada November 2016, seorang anak lelaki berusia 9 tahun, Jude Sparks tersandung tengkorak fosil yang memiliki gading saat mendaki di Gurun Las Cruces di New Mexico.

Ia dan keluarganya kemudian memutuskan untuk berkonsultasi dengan profesor Peter Houde, seorang pengajar biologi di New Mexico State University karena pernah melihat Houde mengunggah video mengenai fosil yang serupa di YouTube.

Benar saja, ternyata itu adalah fosil dari seekor Stegomastodon berusia 1,2 juta tahun dan berasal dari ordo Proboscidea.

Stegomastodon telah menghuni bumi dari 2,6 juta hingga 11.700 tahun yang lalu, tepatnya pada zaman Pleistosen. Kebetulan yang luar biasa, bukan?

5. Fosil Nodosaurus

Pada tahun 2011, para penambang di Suncor Millennium Mine di Alberta menemukan fosil dinosaurus lapis baja yang terawetkan dengan sempurna.

Spesimen itu kemudian diangkut ke Royal Tyrrell Museum of Palaeontology, Alberta setelah perusahaan pertambangan memberi tahu pihak museum.

Butuh enam tahun untuk mencongkel sedimen laut yang melapisi fosil sepanjang 18 kaki atau 5,4 meter itu, apalagi teksturnya sangat lembut dan rapuh loh, geng.

Saking utuhnya, fosil berumur 110 juta tahun tersebut bahkan masih memiliki banyak sisa makanan yang telah membatu di dalam perutnya!

Dinosaurus yang diketahui berjenis Nodosaurus tersebut adalah fosil terlengkap yang pernah tercatat, dengan berat 3.000 pon meski kaki belakang dan ekornya hilang. Keren, kan?

Akhir Kata

Nah, itu dia geng, penemuan-penemuan keren yang berawal dari ketidaksengajaan.

Benar-benar kebetulan bahwa orang-orang yang tak berniat menemukan fosil dan reruntuhan malah menemukan peninggalan sejarah dengan ukuran besar dan bernilai signifikan ya, geng.

Kalau kamu lagi jalan-jalan ke suatu tempat, cobalah untuk lebih peka ketika menemukan sesuatu tertutup pasir atau benda lainnya. Bisa jadi, kamu menemukan hal bersejarah juga! Hihi.

Baca juga artikel seputar Penemuan atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Simak juga beberapa artikel menarik lainnya dari Jalan Tikus berikut ini:

12 Potret Busana Cantik Para Artis di Rangkaian Acara Aurel-Atta, Glamor dan Elegan!

8 Bencana Paling Mengerikan Akibat Ulah Manusia, Akibat Serakah dan Acuh!

Butiran Emas Ditemukan di Pantai Maluku | Ada Gunung Emas di Laut?

Sepak Terjang Hesti Sutrisno, Wanita Bercadar yang Memelihara 70 Anjing di Rumahnya

ARTIKEL TERKAIT
Kembali Keatas