Tips Agar Baterai Laptop Awet Hingga 2 Hari

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Saturday, 04 June 2016, 16:00
Bagaimana kalau daya baterai laptop kamu cepat habis, sedangkan kamu berada di luar rumah? Mau charge dimana juga? Nah, Jaka mau berbagi beberapa tips agar baterai laptop awet. Berikut tips agar baterai laptop awet dan tahan digunakan.

Laptop adalah salah satu benda yang biasa kita gunakan sehari-hari, mulai dari menulis, menonton film, bermain games, dan sebagainya. Berbeda dengan komputer, laptop bisa digunakan dimana saja karena memiliki baterai. Tapi bagaimana kalau daya baterai laptop kamu cepat habis, sedangkan kamu berada di luar rumah? Mau charge dimana juga? Repot kan?

Nah, di sini Jaka mau berbagi beberapa tips agar baterai laptop awet. Mau tau? Berikut tips agar baterai laptop awet dan tahan digunakan hingga dua hari.

BACA JUGA
  • Tips Penting Membeli Laptop Yang Tepat Sesuai Dengan Kebutuhan Kamu

Tips Agar Daya Baterai Laptop Tidak Cepat Habis

1. Gunakan Software Battery Care

Battery Care adalah sebuah software utility yang berfungsi untuk menjaga dan mengoptimalkan baterai laptop. Software dengan size yang kecil ini, mempunyai segudang fitur-fitur yang cukup lengkap. Seperti melihat informasi detil baterai, baterai yang mau rusak, mengganti mode baterai secara otomatis, dan banyak lagi.

Fitur yang paling penting dari Battery Care adalah Enable Audio Notification yang artinya jika daya baterai laptop kamu sudah penuh, maka akan terdengar bunyi notifikasi untuk segera mencabut charger laptop kamu.

2. Jangan Membuka Software Berat

Software berat/besar memerlukan sumber daya yang besar untuk membuka dan menjalankannya. Contohnya Adobe After Effect, Adobe Premier Pro, dan Photoshop. Software-software ini dapat membuat kinerja CPU & RAM meningkat dan dapat menguras baterai laptop lebih banyak. Hindari sebisa mungkin membuka software-software yang memerlukan sumber daya besar dalam keadaan On Battery.

3. Hindari Bermain Game Dalam Keadaan On Battery

Sama seperti poin nomor 2 di atas, memainkan game-game berat dapat meningkatkan kinerja CPU & RAM yang alhasil membuat daya baterai laptop kamu cepat habis bahkan bisa bocor. Gawat kan? Kalau game-game ringan seperti game browser Flash, Zuma, dan sebagainya ya boleh-boleh aja.

4. Cabut Perangkat Peripheral yang Sudah Selesai Digunakan

Perangkat peripheral, seperti mouse, coolpad, Flashdisk, dan semacamnya akan terus menguras daya baterai laptop kamu. Jika tidak diperlukan atau sudah selesai dipakai, cabut saja.

Itulah beberapa tips yang bisa Jaka berikan agar baterai laptop kalian tidak cepat habis sehingga tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat ya. Kalau kalian ada tips lain tentang menjaga baterai laptop agar awet, mohon tuliskan pada kolom komentar.

ADVERTISEMENT
ARTIKEL TERKAIT

10 Laptop yang Paling Cocok untuk Anak Jurusan Multimedia

APPS TERKAIT
DriverPack Solution 17.11.28
Apps Artur Kuzyakov
Battery Care
Apps MC Software
APK Downloader (Chrome Extension) 1.5.0
Apps Infinite Studio Mobile
Wise Memory Optimizer 3.33
Apps WiseCleaner.com
Kembali Keatas