Selain Samsung dan iPhone, Ini 5 Smartphone Terbaik dengan Teknologi Artificial Intelligence

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Friday, 06 April 2018, 12:00
Nah, berikut adalah beberapa smartphone terbaik yang telah menggunakan teknologi AI selain Samsung dan iPhone.

Kemajuan teknologi turut mempengaruhi perkembangan dalam industri smartphone. Terbukti dengan semakin canggihnya fitur-fitur yang disematkan pada produk-produk smartphone masa kini. Salah satu teknologi yang sedang jadi tren di industri smartphone adalah Artificial Intelligence atau yang biasa disebut dengan AI.

Teknologi AI adalah kecerdasan buatan yang disematkan pada software dan hardware sebuah smartphone. Teknologi ini memiliki banyak manfaat bagi fitur-fitur yang ada pada smartphone dan membuatnya menjadi lebih canggih. Brand ternama seperti Samsung dan Apple telah mengadopsi teknologi ini di perangkat mereka seperti seri Samsung Galaxy dan produk terbaru Apple, iPhone X. Nah, berikut adalah beberapa smartphone terbaik yang telah menggunakan teknologi AI selain Samsung dan iPhone.

BACA JUGA

    Selain Samsung dan iPhone, Inilah 5 Smartphone Terbaik dengan Teknologi AI

    1. Google Pixel 2

    Google Pixel 2 menggunakan teknologi AI untuk memaksimalkan hasil kamera tunggalnya. Flagship yang satu ini memang belum mengadopsi teknologi dual-camera seperti yang sedang tren saat ini. Akan tetapi, dengan teknologi AI hasil jepretan Google Pixel 2 tidak kalah keren, loh!

    Teknologi AI yang dikemas dalam chipset Google Pixel 2 bernama RIASR (Rapid and Accurate Image Super Resolution) yang mampu menggabungkan beberapa foto mentah menjadi sebuah foto HDR plus serta bisa memperbesar objek agar tampak lebih tajam dan detail. Dalam proses pengolahan gambar, AI akan menambahkan detail-detail objek sehingga hasil foto akan sangat halus dan juga bening.

    2. Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro

    Bukan hanya memiliki desain bezel-less yang premium, Huawei Mate 10 dan versi pronya juga telah mengadopsi teknologi AI untuk menyempurnakan fitur-fitur yang dimiliki seperti pemrosesan foto, pemindai wajah, penjadwalan tugas, dan lain-lain. Namun, fungsi AI pada smartphone ini akan lebih terasa ketika menggunakan kamera. Sebab, pada saat akan membidik suatu objek, maka teknologi AI akan membaca kondisi cahaya dan objek sasaran.

    Bukan hanya membuat hasil jepretan menjadi layaknya fotografer profesional. Adanya teknologi AI pada perangkat Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro ini juga membuat fitur pemindai wajah semakin canggih, begitu pula dengan penjadwalan tugas dan penerjemah. Bahkan, semakin sering menginput data atau melakukan berbagai aktivitas dengan smartphone ini, maka pengguna akan melihat bagaimana smartphone ini mampu menyesuaikan kebiasaan penggunanya.

    3. Oppo F5

    Oppo yang kian maju juga menerapkan teknologi kecerdasan buatan pada smartphone Oppo F5. Teknologi AI pada flagship Oppo ini disematkan pada sektor kamera selfie yang beresolusi 20 MP. Teknologi AI ini disebut Beautify Recognition yang akan melakukan pengenalan dengan memindai 254 titik pada wajah pengguna. Teknologi ini juga akan menganalisis sejumlah kriteria wajah dimulai dari warna kulit, jenis kelamin hingga usia. Bukan hanya untuk foto selfie, teknologi Beautify Recognition ini juga bisa digunakan pada saat merekam video dan juga untuk face recognition.

    4. LG V30S thinQ

    Belum lama ini, LG memperkenalkan versi upgrade dari smartphone flagshipnya yaitu V30 yang diberi nama LG V30S thinQ. Pada versi upgrade ini, LG menerapkan teknologi kecerdasan buatan yang beruba Vision AI dan Voice AI. Vision AI disematkan pada sektor kamera untuk menyempurnakan hasil jepretan dengan 3 fitur andalan yakni AI Cam, Qlens dan Bright Mode yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri untuk membuat hasil foto layaknya profesional. Sementara Voice AI berfungsi untuk membuat smartphone menjalankan perintah dari pengguna dengan tool Qvoice yang terhubung ke Google Assistant.

    ADVERTISEMENT

    5. Xiaomi Mi 7

    Flagship Xiaomi yang satu ini memang sangat dinanti-nanti kehadirannya. Banyak fitur canggih yang akan disematkan pada Xiaomi Mi 7. Smartphone ini menggunakan chipset Snapdragon 845 yang mendukung teknologi AI yang diterapkan di banyak aplikasi. Salah satu fungsi teknologi AI pada Xiaomi Mi 7 adalah untuk pengenalan wajah. Adanya teknologi ini membuat sensor pengenalan wajah lebih akurat dan tidak gampang dibobol.

    Itulah dia 5 smartphone terbaik dengan teknologi AI selain Samsung dan iPhone. Di masa depan, teknologi ini diprediksi akan semakin berkembang dan akan semakin banyak pula smartphone yang mengadopsi teknologi AI untuk menyempurnakan fitur-fitur yang diusung. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu ingin memiliki smartphone dengan teknologi AI? Share pendapatmu di kolom komentar.

    ARTIKEL TERKAIT

    Cara Membuat Logo eSport Keren Langsung di HP Android, Buat Guild ML, FF & PUBG!

    5 Senjata Terfavorit Para Atlet eSport Dalam Game CS:GO

    APPS TERKAIT
    Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
    Games Moonton
    Garena AOV - Arena of Valor: Action MOBA 1.33.1.7
    Games Garena
    Babe - Baca Berita 7.6.2
    Apps Mainspring
    JalanTikus 2.5.2
    Apps JalanTikus.com
    Kembali Keatas