Review ASUS Zenfone Max: Harga Murah Baterai Militan

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 21 Mei 2016, 09:30
ASUS Zenfone Max mengusung baterai yang ekstra besar 5.000 mAh. Dibanderol dengan harga Rp 2.599.000, spesifikasi dan fitur-fiturnya cukup apik. Bagaimana dengan performanya? Baca selengkapnya review ASUS Zenfone Max di JalanTikus.com.

Daya tahan baterai merupakan salah satu fitur yang kerap dijadikan tonjolan pada sebuah smartphone untuk memikat pasar. Inilah yang juga dilakukan oleh ASUS, dengan Zenfone Max. Embel-embel Max ini menitikberatkan pada besaran kapasitas baterainya yang mencapai 5.000 mAh.

Diperkenalkan di ajang ZenFestival 2015 lalu, Zenfone Max merupakan smartphone kelas menengah yang dibanderol dengan harga Rp 2.599.000. Kapasitas baterai ekstra besar tersebut, diklaim ASUS mampu bertahan hingga 2-3 hari penggunaan. Bagaimana dengan spesifikasi, fitur unggulan, dan performa Zenfone Max? Berikut review ASUS Zenfone Max selengkapnya.

BACA JUGA
  • 5 Tips Memilih Laptop Asus yang Berkualitas
  • Review ASUS ROG G551VW, Laptop Gaming Murah dengan Layar 4K

Review ASUS Zenfone Max: Harga Murah Baterai Militan

Desain yang 'Manis'

Tampak depan Zenfone Max memang terlihat identik dengan kekhasan Zenfone 2, di mana terdapat tiga buah tombol kapasitif dan concentric circle design khas Zenfone. Unit yang JalanTikus review warna putih susu dengan kombinasi bezel efek metal warna emas, imbasnya tampilannya pun terlihat sangat 'manis'.

Kontrol volume suara tak lagi ditemui di bagian belakang, melainkan beralih ke sisi ponsel. Penutup belakangnya menggunakan material menyerupai kulit (leather) yang terasa kesat. Selain menambah estetika, desain tersebut membuat Zenfone Max lebih mantap dalam genggaman tangan dan tidak mudah tergelincir.

Hadir dengan layar berukuran 5,5 inci plus baterai gajah, dimensi bodi Zenfone Max memang tergolong bongsor. Ketebalan bodinya mencapai 10.6 mm dan bobotnya 202 gram, memang di atas rata-rata smartphone pada umumnya. Namun Zenfone Max masih tergolong nyaman kok, mudah dipegang dan dioperasikan bahkan dengan satu tangan.

Meski komponen baterainya tak dapat dilepas pasang, namun Zenfone Max tidak mengusung konsep unibodi. Penutup belakangnya dapat dibuka untuk mengakses dua slot SIM berjenis micro dan kartu microSD yang dapat menampung hingga 64GB.

Layar Berlapis Corning Gorilla Glass 4

Layar lapang 5,5 inci Zenfone Max, sayangnya harus cukup dengan resolusi HD yang memang lebih ramah mengkonsumsi baterai dibanding resolusi full HD. Jenis layar yang digunakan sudah IPS, sehingga membawa sudut pandang yang luas hingga 178 derajat.

Kerapatan layar yang dihasilkan 267 ppi, masih cukup tajam dan enak dilihat mata. Beragam aktivitas seperti menonton video hingga bermain game tampil menawan tanpa masalah. Layarnya juga cukup solid dengan lapisan Corning Gorilla Glass 4, untuk perlindungan lebih baik dari gesekan dan goresan pada layar.

ADVERTISEMENT

Antarmuka ZenUI yang Komplit

Zenfone Max menjalankan sistem operasi Android 5.0.2 Lollipop. Untuk menambah pengalaman pengguna, ASUS memberikan sentuhan ZenUI. ZenUI generasi terbaru ini memiliki kustomisasi tingkat lanjut, yang bisa menyesuaikan keinginan atau kebiasaan tiap-tiap penggunanya.

Harus diakui, ZenUI menjelma menjadi salah satu antarmuka smartphone Android terbaik. Karena banyak sekali fitur-fitur yang disediakan oleh ASUS, dari mulai kustomisasi tampilan hingga terintegrasi dengan beragam aplikasi bawaan.

Hardware Bertenaga, Tapi...

Zenfone Max ditenagai chipset kelas entry-level besutan Qualcomm, yang terkenal cukup bertenaga dan hemat energi yakni Snapdragon 410. Prosesor quad-core ini sudah mendukung teknologi 64-bit dan dukungan 4G LTE Cat 4 yang menawarkan kecepatan download hingga 150Mbps dan upload 50Mbps.

Hasil benchmark AnTuTu, Zenfone Max mencetak angka 24.788 poin. Ditandemkan dengan RAM besaran 2GB dan memori internal 16GB, performa dari Zenfone Max tergolong masih mumpuni tetapi tidak begitu mengesankan. Kadang masih dijumpai sedikit lag, tidak begitu menganggu sih.

Spesifikasi ASUS Zenfone Max
Dimensi 156 x 77.5 x 10.6 mm
Berat 202 gram
Jaringan GSM/EDGE/HSPA/LTE
Layar IPS 5,5 inci; HD 720 x 1280 piksel
Proteksi Gorilla Glass 4
Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410, Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
Kamera utama 13 MP, f/2.0, laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Kamera depan 5MP
Memori 16 GB, 2 GB RAM
Sistem Operasi Android 5.0.2 Lollipop
Baterai Non-removable Li-Po 5..000 mAh

Kamera PixelMaster

ASUS menyematkan kamera utama dengan sensor 13MP, aperture f/2.0, dan dual LED Flash. Tak ketinggalan juga teknologi sistem laser autofocus yang sangat berguna untuk mengunci fokus lebih cepat dan memberikan stabilisasi gambar yang lebih baik, terutama pengambilan foto dalam kondisi pencahayaan rendah.

Teknologi PixelMaster yang kaya fitur juga turut melengkapi Zenfone Max, untuk memberikan pengalaman fotografi yang lebih baik. Pengaturan dan modus pengambilan gambarnya terbilang sangat lengkap. Mulai dari Manual, HDR, Super Resolution, Low Light, Night, Depth of Field, Selfie, GIF Animation, dan masih banyak lagi.

Hasil tangkapan kamera Zenfone Max tidak mengecewakan, terutama di kondisi yang pencahayaannya cukup. Sementara di cahaya minim memang kurang tajam dan terdapat noise, namun bisa terbantu dengan dual LED Flash dan laser autofocus. Sehingga hasil akhirnya tetap berkualitas. Terakhir, kamera depan 5MP f/2.0 siap mendukung kebutuhan selfie para penggunanya.

Smartphone Berkemampuan Power Bank

Nilai jual utama Zenfone Selfie jelas pada kemampuan daya tahan baterainya yang panjang, kapasitas baterai 5.000 mAh membuat kamu tak perlu repot-repot lagi membawa powerbank yang berat. Bahkan Zenfone Max sendiri bisa jadi powerbank lho, melalui kabel USB OTG yang ada dalam paket penjualannya.

ASUS mengklaim, baterai Zenfone Max mampu memutar video hingga 22,6 jam. Artinya sepuluh film lebih bisa kamu tonton dan satu episode film seri TV bisa kamu habiskan. Selain itu, untuk melakukan panggilan suara dalam jaringan 3G Zenfone Max mampu menemani kamu hingga mencapai 37,6 jam non stop.

Kesimpulan

Dibanderol dengan harga Rp 2.599.999, fitur andalan dari ZenFone Max adalah baterai dengan kapasitas 5.000 mAh yang mampu bertahan selama 2-3 hari untuk penggunaan normal. Sayangnya, ASUS tidak melengkapi fitur fast charging, butuh sekitar 4 jam untuk mengisi baterai dari 0 hingga penuh 100%.

Secara keseluruhan Zenfone Max tampil apik, cocok buat kamu penggila sosial media atau pengguna dengan mobilitas kerja tinggi sehingga tak perlu khawatir kehabisan daya. Kalau kamu gamer, Zenfone Max tidak banyak yang bisa harapkan dari performa Snapdragon 410 dan RAM 2 GB. Zenfone Max sangat optimal untuk kebutuhan sehari-hari seperti browsing, sosial media, dan menikmati multimedia. Jadi, sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

ARTIKEL TERKAIT

Review ASUS ROG G752VY, Laptop Gaming Termurah Harga 30 Jutaan

Review Asus X555DG, Laptop Serba Bisa Dengan Harga Bersahabat

8 Kelebihan ROG G551, Laptop Gaming Terjangkau ASUS Berkemampuan 4K

Cara Root Asus Zenfone 2 Laser (ZE550KL/ZE500KG/Z00RD)

Cara Mudah Root Asus Zenfone C ZC415CG dengan Satu Kali Klik

APPS TERKAIT
Root ASUS Zenfone 5 for KitKat 4.4.2
Apps JalanTikus.com
ASUS Launcher 1.4.0.150213
Apps ZenUI, ASUS Computer Inc.
Asus Android USB Driver 2019
Apps ZenUI, ASUS Computer Inc.
Asus Zenfone 5 Firmware V3.23.40.60 (T00F-WW 3.23.40.60)
Apps ZenUI, ASUS Computer Inc.
undefined
Kembali Keatas