Review Acer Liquid Leap: Bentuk Trendi dengan Layar Sentuh

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Friday, 19 December 2014, 11:35
Digunakan sebagai fitness tracker maupun aksesori gelang, Acer Liquid Leap tetap nyaman dipakai dan enak dilihat.

Acer menjadi salah satu produsen IT asal Taiwan pertama yang merilis perangkat wearable berupa smartband, yaitu Acer Liquid Leap. Produk ini langsung tersedia di Indonesia dengan harga Rp999.000, lebih murah dibanding smartband ternama pada umumnya.

Desain

Acer mendesain Liquid Leap dengan baik. Bentuknya tak terlihat menonjol, sehingga penggunanya tak akan merasa aneh ketika memakainya.

Acer Liquid Leap terbuat dari material karet di bagian talinya serta plastik di bagian layarnya. Ya, smartband ini memiliki layar sebagai penunjang fungsi yang dimilikinya. Layarnya berdimensi 0,9 inci dengan resolusi 128 x 32 piksel.

Dengan layar kecil, Acer Liquid Leap mampu menampilkan satu baris teks. Layarnya berjenis capacitive touchscreen dan dapat menampilkan gambar monokrom.

Sebenarnya, cara pakai Acer Liquid Leap tergolong sederhana, mirip seperti menggunakan jam tangan. Hanya saja, karena terbuat dari karet, kamu mungkin akan kerepotan ketika menggunakannya pertama kali karena karet tersebut masih keras.

Software

User interface Acer Liquid Leap sederhana dan sangat mudah digunakan. Ketika disentuh agak keras, tampilan utamanya menyajikan jam dan tanggal.

Ketika digeser tampilannya menunjukkan penghitung langkah, jarak yang sudah ditempuh, kalori yang terbuang, durasi kita aktif bergerak, serta aplikasi. Kamu bisa melihat datanya langsung dari layar, atau bisa melalui aplikasi Leap Manager pada smartphone. Aplikasi ini tersedia untuk platform iOS 7.0 dan Android 4.3 ke atas.

Menu aplikasi dalam Acer Liquid Leap berisi remote untuk pemutar musik, sleep mode, settings, dan notifikasi. Melalui menu settings, kamu bisa membalik tampilan yang tersaji di layar apabila kamu terbalik memasang smartband ini. Sementara notifikasi berisi info notifikasi yang diterima oleh smartphone kamu.

ADVERTISEMENT

Hardware

Fungsi utama Liquid Leap adalah sebagai fitness tracker. Liquid Leap bisa menghitung jumlah langkah, kalori yang terbakar, serta jarak yang kita tempuh setiap harinya.

Sementara untuk fungsi multimedia, smartband ini bisa menampilkan informasi berupa teks sehingga kamu bisa membaca pesan melalui layarnya. Apa pun notifikasi yang ada di smartphone, entah itu email, WhatsApp, Facebook, Twitter, Path, BBM, Instagram, SMS, telepon, dan yang lainnya, bisa ditampilkan dengan baik disertai dengan getaran.

Acer Liquid Leap juga bisa digunakan untuk memutar playlist musik yang ada di smartphone kamu, dengan fungsi play/pause, fast backward, dan fast forward.

Karena berfungsi untuk kebutuhan olah raga, Acer Liquid Leap memiliki ketahanan terhadap air, namun tidak untuk dibawa menyelam. Sementara baterainya bisa diisi menggunakan docking khusus yang disertakan dan bisa bertahan selama 4-5 hari. Sayang, smartband ini tidak dilengkapi alarm.

Conclusion

Digunakan sebagai fitness tracker maupun aksesori gelang, Acer Liquid Leap tetap nyaman dipakai dan enak dilihat. Bentuknya tidak norak, fungsinya cukup lengkap, harganya tergolong terjangkau, serta mendukung iOS dan Android.

Kembali Keatas