Rahasia Oppo R5 Tahan Bengkok

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Friday, 12 December 2014, 10:30
Oppo mempunyai rahasia sendiri dalam membuat R5 sebagai smartphone tipis anti bengkok yang aman dikantongi di dalam saku.

Oppo R5, salah satu smartphone tertipis di dunia, diklaim tidak mudah bengkok seperti smartphone tipis lainnya. Pasalnya, smartphone ini memiliki rahasia khusus yang menjadikannya tetap tipis namun tahan bengkok.

Kasus bendgate atau bengkoknya iPhone 6 sempat membuat pengguna smartphone tipis khawatir kejadian yang sama juga menimpa perangkatnya. Apalagi bagi mereka yang biasa mengantonginya di saku belakang celana.

Namun, hal itu tidak akan terjadi pada Oppo R5. Sebab smartphone setipis 4,85 mm ini memiliki rangka yang memiliki kekuatan sangat tinggi mencapai 250 HV (ukuran standar kekuatan logam) yang terbuat dari paduan aluminium dengan stainless steel (baja tahan karat).

Angka itu tiga kali lipat dari materi aluminium alloy biasa yang kekuatannya 80 HV. Artinya, material rangka Oppo R5 tiga kali lebih kuat dari aluminium alloy yang biasa digunakan produsen smartphone di berbagai produknya.

Selain itu, Oppo juga memanfaatkan proses physical vapor deposition (PVD), yaitu proses pelapisan untuk meningkatkan ketahanan rangka terhadap panas, abrasi, serta karat. Proses PVD ini meningkatkan kekuatan permukaan smartphone R5 dari 250 HV ke 400 HV.

Terakhir, untuk membuat smartphone tipis ini anti bengkok, para teknisi Oppo mendesain rangka R5 dalam bentuk menyerupai huruf C yang diperkuat secara khusus, sehingga R5 memiliki daya tahan yang tinggi dan tahan terhadap tekanan tinggi.

Rangka berbentuk C dan rangka tengah R5 disambung menggunakan las tiga dimensi di sisi depan dan belakang sehingga memperkuat kerangka smartphone tersebut. Dalam uji tekuk dengan menggunakan beban seberat 25 kilogram sebanyak 1.000 kali di kedua sisi rangka, R5 terbukti tidak bengkok.

Sekarang konsumen dapat menyimpan OPPO R5 di dalam saku dan duduk nyaman tanpa takut smartphone mereka menjadi bengkok, kata Jet Lee, CEO Oppo Indonesia.

ADVERTISEMENT
Kembali Keatas