Tahukah Kamu Komponen Smartphone Itu Terdiri dari Apa Aja dan Fungsinya?

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Wednesday, 12 July 2017, 09:00
Apakah kamu tahu isi jeroan atau komponen smartphone? Sebelum kamu sombong dengan smartphone apa yang kamu punya, baiknya kamu mengetahui dulu dasar dari ponsel pintar itu apa.

Mungkin saat ini kamu memiliki sebuah smartphone yang canggih. Tapi, apakah kamu tahu isi 'jeroan' atau komponen smartphone? Sebelum kamu sombong dengan smartphone apa yang kamu punya, baiknya kamu mengetahui dulu dasar dari ponsel pintar itu apa.

Makanya, melalui artikel ini Jaka akan memberikan informasi mengenai komponen apa saja yang ada di sebuah smartphone. Kamu siap untuk mngetahuinya? Baca artikel ini selengkapnya ya untuk mengetahui komponen smartphone dan fungsinya.

BACA JUGA

    Tahukah Kamu Komponen Smartphone Itu Terdiri dari Apa Aja?

    1. Layar

    Sebuah smartphone tidak dapat dikatakan smartphone apabila tidak memiliki layar. Nah, untuk itu layar menjadi komponen utama dari berhasilnya sebuah smartphone. Menariknya, smartphone sendiri memiliki beragam jenis layar yang dipakai oleh banyak vendor.

    Namun, dari banyaknya layar yang ada, layar ponsel terbagi menjadi dua kategori, yakni LCD yang memakai teknologi IPS dan LED yang menggunakan teknologi AMOLED atau Super AMOLED. Mana yang lebih baik? Kamu bisa baca di Sepaham Apa Kamu Tentang Layar Smartphone? Coba Buktikan di Sini!.

    2. Baterai

    Komponen smartphone berikutnya ialah baterai. Baterai pada sebuah smartphone saat ini menjadi sebuah penilaian penting bagi para konsumen. Sebab, ponsel kini dinilai dari seberapa besar kapasitas yang dihadirkan di dalamnya. Bahkan, teknologi apa yang diusung di dalamnnya juga menjadi fokus perhatian.

    Sekarang, teknologi baterai yang dibawa oleh sebuah smartphone itu menggunakan Lithium-Ion, baik itu baterai removable atau non-removable sekalipun. Sistem teknologi ini mmasih menjadi teknologi paling mutakhir saat ini.

    3. System-on-Chip atau SoC

    Kita sering mendengar istilah System-on-Chip atau biasa disebut SoC. Tapi, untuk mengerti seperti apa struktur pengoperasiannya tidaklah mudah. Namun, pada SoC kamu dapat menemukan CPU, GPU, modem LTE, prosesor layar, prosesor video, dan lain sebagainya.

    Saat ini, SoC diproduksi oleh beberapa perusahaan, antara lain Qualcomm, MediaTek, Samsung, Huawei, dan Apple. Semua perusahaan tersebut menggunakan arsitektur yang sama, yaitu ARM. Dengan arsitektur seperti ini, SoC menjadi bertenaga dan efisien saat digunakan pada smartphone.

    ADVERTISEMENT

    4. Memori dan Penyimpanan

    Tidak ada smartphone yang bisa berjalan dan hidup tanpa diberikan sebuah RAM dan penyimpanan di dalamnya. RAM sendiri kini sudah banyak yang menggunakan dengan teknologi LPDDR3 dan LPDDR4. Bahkan, smartphone flagship kelas atas sudah menggunakan LPDDR4X.

    Untuk masalah penyimpanan, smartphone pasti menyediakan memori internal yang saat ini kebanyakan terdiri dari 16GB hingga 256GB. Biasanya, jika kamu memiliki penyimpanan 16GB, maka itu biasanay cuma dapat digunakan sekitar 12-13GB saja. Sebab, itu digunakan untuk sistem operasi dan aplikasi pra-install.

    5. Modem

    Seiring berjalannya waktu, smartphone dituntut untuk berinovasi lebih baik lagi. Makanya, banyak vendor smartphone itu memberikan penawaran dengan modem terbaik yang bisa mereka sajikan. Modem ini digunakan untuk menangkap sinyal agar smartphone dapat terkoneksi dengan baik.

    Nah, karena sekarang eranya 4G LTE, maka beragam vendor smartphone tidak tanggung-tanggung untuk menyiapkan SoC dengan kategori modem terbaik. Cat.6 di Indonesia itu sudah cukup baik, tapi saat ini perkembangan modem itu sudah sampai Cat.16, yang mana digunakan di Snapdragon 835.

    6. Kamera

    Siapa yang masih mau membeli smartphone yang kameranya jelek? Nyaris tidak ada pastinya ya. Nah, komponen smartphone yang sangat penting selanjutnya ialah kamera. Jeroan ini terdiri dari sensor yang mendeteksi cahaya, lensa, dan prosesor gambar. Kemudian, ukuran sensor kamera juga penting lho.

    Tapi, apakah megapiksel itu penting dalam sebuah sensor kamera di smartphone? Kamu bisa membacanya di Megapixel pada Kamera, Penting atau Tidak?. Di sisi lain, teknologi yang lagi menggila saat ini adalah sensor dual kamera.

    7. Sensor

    Dalam sebuah smartphone, ada lima sensor utama yang sebenarnya wajib dipasang. Sensor tersebut antara lain Accelerometer, Gyroscope, Digital COmpass, Ambient Light Sensor, dan Proximity Sensor. Sensor-sensor ini merupakan salah satu yang menciptakan pengalaman buat kamu.

    Dengan begitu, apa yang kamu rasakan di smartphone kamu yang canggih itu merupakan karya dari beragam sensor yang ditanamkan. Bahkan, berkat sensor juga yang menjadi penentu apakah smartphone itu mahal atau tidak.

    Sekarang, kamu sudah jauh lebih paham mengenai komponen smartphone. Jangan sampai salah lagi ya dalam mengartikannya. Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Smartphone atau tulisan menarik lain dari Jofinno Herian.

    ARTIKEL TERKAIT

    Amazon Echo Show, Perangkat Asisten Digital yang Bikin Segalanya Mudah

    APPS TERKAIT
    Capsa Royale 3.1.1
    Games 88 Entertaiment
    JalanTikus 2.5.2
    Apps JalanTikus.com
    Babe - Baca Berita 7.6.2
    Apps Mainspring
    Dress Up Diary 1.3.43
    Games Maingames
    Kembali Keatas