4 Kerusakan Hardware Ini Sering Terjadi Pada Android Dan Kisaran Biaya Service-nya

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Friday, 12 May 2017, 15:00
Serajin apa pun menjaga smartphone, tetap ada kemungkinan rusak. Kalau sudah rusak, maka kamu harus ke service center untuk memperbaikinya. Kali ini Jaka akan membahas 5 masalah pada hardware smartphone Android dan kisaran harga biaya servi

Jika bicara soal smartphone Android pasti tidak akan lepas dari namanya service atau trouble jika kamu tidak menggunakannya dengan baik. Apa pun jenis smartphone Android milikmu tentu akan rusak jika tidak merawatnya atau hanya sekedar menggunakan saja tanpa berpikir tentang kemungkinan kerusakan yang akan terjadi.

Terlepas dari itu, serajin apa pun kamu menjaga smartphone, tetap ada kemungkinan smartphone kamu rusak akibat kejadian tak terduga seperti tak sengaja terjatuh ke dalam air. Kalau sudah rusak begitu, maka kamu harus ke service center untuk memperbaikinya. Kali ini Jaka akan membahas 5 masalah pada hardware smartphone Android dan kisaran harga biaya service-nya secara lengkap. Simak ya!

BACA JUGA

    4 Kerusakan Hardware Ini Sering Terjadi Pada Android dan Kisaran Biaya Service-nya

    1. Port USB Connector Atau Port Charger

    Sumber foto: Foto: pocketnow.com

    Masalah hardware yang sering ditemui oleh pengguna smartphone kebanyakan adalah masalah pada port charger yang tidak berfungsi. Kerusakan ini biasanya terjadi akibat pengguna yang memakai smartphonenya sambil mengisi daya tanpa memperhatikan port USB yang tidak sejajar dengan sambungan charger-nya.

    Penyebab lainnya bisa juga akibat dari smartphone terjatuh atau smartphone terkena air. Kisaran biaya service di tempat-tempat service non-official biasanya berkisar Rp80.000-Rp200.000 (mengganti port tersebut), tergantung jenis smartphone kamu. Dan jika tidak mengganti port tersebut, maka kisarannya Rp50.000-Rp100.000, tergantung dari tempat service yang kamu datangi.

    2. LCD Atau Layar Android Pecah

    Sumber foto: Foto: youtube.com

    Kerusakan pada LCD biasaya terjadi akibat smartphone terjatuh, tergencet, atau terhantam benda keras. Kerusakan LCD biasanya tidak akan langsung terlihat pada saat smartphone terjatuh, tapi akan** mulai terlihat 30 menit** setelah terjatuh. Ciri-cirinya adalah gradiasi warna pada layar yang sangat kontras dan seperti cat yang bocor.

    Tidak ada cara lain untuk memperbaiki LCD yang rusak selain menggantinya. Kisaran harga biaya penggantian LCD smartphone yaitu Rp200.000-Rp5.000.000, tergantung tipe dan kualitas layar serta biaya pemasangan pada tempat service tersebut.

    Daftar Service Center ASUS Resmi di Indonesia
    Sedang mencari service center ASUS resmi di Indonesia untuk memperbaiki laptop, Zenfone, dan produk ASUS lainnya? Cek daftarnya di sini!
    LIHAT ARTIKEL

    3. Touchscreen Pecah Atau Tidak Berfungsi

    Sumber foto: Foto: thedroidguy.com

    ADVERTISEMENT

    Penyebab kerusakan _touchscreen_ smartphone biasanya terjadi bersamaan dengan kerusakan layar atau LCD smartphone. Penyebabnya juga akibat benturan atau jatuh dengan posisi layar ke bawah. Tapi, ada kemungkinan hanya layar yang rusak, tidak dengan touchscreen-nya, begitu pun sebaliknya.

    Sekedar info, ada beberapa tipe smartphone yang LCD dan touchscreen-nya merupakan barang yang sepaket (tidak bisa dibeli terpisah). LCD adalah komponen yang menampilkan gambar dan layout pada smartphone, sedangkan touchscreen adalah komponen yang menjadi pembaca sensor gerakan tangan pada layar smartphone. Kisaran biaya penggantian touchscreen smartphone yaitu Rp100.000-Rp800.000 (jika tidak sepaket dengan LCD) dan Rp300.000-Rp5000.000 (jika sepaket dengan LCD).

    4. Memori Internal

    Sumber foto: Foto: quora.com

    Jika memori internal rusak, maka smartphone kamu sama sekali tidak bisa digunakan. Penyebabnya biasanya karena listrik yang tidak stabil, benturan, pemakaian charger non-original, men-charge smartphone sambil dipakai, swap memory, memaksakan game atau aplikasi dengan ukuran besar berjubel di memori, dan lain sebagainya.

    Jika memori internal smartphone milikmu rusak, maka hanya ada satu kemungkinan perbaikannya, yaitu penggantian memori internal. Kisaran harga penggantian memori internal, yaitu Rp300.000-Rp3.000.000 tergantung tipe dan biaya pemasangan di tempat service.

    Itu dia beberapa kerusakan hardware pada smartphone Android dan perkiraan biaya service-nya. Kamu punya gambaran kemungkinan biaya service yang lebih spesifik dan update? Silakan share di kolom komentar di bawah ini ya. Semoga bermanfaat!

    ARTIKEL TERKAIT
    APPS TERKAIT
    Capsa Royale 3.1.1
    Games 88 Entertaiment
    JalanTikus 2.5.2
    Apps JalanTikus.com
    Ocean King : Fishing Arcade 1.1
    Games 88 Entertaiment
    Dress Up Diary 1.3.43
    Games Maingames
    Kembali Keatas