Adu Jotos Android yang Bisa Diremas HTC U11 Vs Galaxy S8, Pemenangnya?

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Friday, 19 May 2017, 07:00
HTC pun telah meluncurkan smartphone flagship teranyarnya yakni HTC U11 dengan fitur unik bernama Edge Sense. Kalau diadu langsung, dengan Samsung Galaxy S8, siapa yang bakal menang?

Persaingan pasar smartphone kelas atas begitu amat sengit. Para pabrikan ponsel pun harus menyuguhkan sesuatu yang baru dan inovatif untuk menarik perhatian konsumen.

HTC pun telah meluncurkan smartphone flagship teranyarnya yakni HTC U11 dengan fitur unik bernama Edge Sense. Kalau diadu langsung, dengan Samsung Galaxy S8, siapa yang bakal menang?

BACA JUGA
  • HTC 11, Smartphone Flagship dengan Spek Dewa!
  • Resmi! Inilah Harga HTC One X10, Smartphone dengan Baterai 4.000 mAh

Smartphone yang Bisa Diremas HTC U11 Vs Smartphone Nyaris Tanpa Bezel Samsung Galaxy S8

1. Fitur Unggulan yang Paling 'Mematikan'

Salah satu fitur unggulan Samsung Galaxy S8 tentunya terletak di desain layar yang disebut "Infinite Display" yang nyaris tanpa bezel di sisi atas dan bawah. Sayangnya, HTC belum bisa mengikuti tren layar tak bertepi itu.

HTC berada dalam posisi yang tidak beruntung. HTC tidak memiliki divisi pembuat layar seperti Samsung, juga tidak dalam posisi diutamakan oleh manufaktur layar seperti Apple.

Sebagai gantinya, HTC menyematkan desain 'liquid glass' yang indah. Dengan fitur yang 'mematikan', di mana bagian pinggir smartphone yang bisa mengenali sentuhan yang bernama Edge Sense.

Fitur Edge Sense ini bisa dipakai untuk meluncurkan bermacam aplikasi seperti kamera, Google Assistant atau pun aplikasi lainnya dengan meremas pinggiran smartphone.

Ya, fitur tersebut mengandalkan sensor yang diletakkan di tepi kiri dan kanan layar. Sensor tersebut dapat mendeteksi seberapa kuat genggaman dari pengguna. Jadi, saat smartphone "diremas" dalam waktu tertentu, perangkat secara otomatis bisa menjalankan fungsi tertentu.

2. Perang Asistant Digital, Perintah Smartphone dengan Suara!

Jika Samsung Galaxy S8 dibekali dengan fitur asisten digital Google Assistant dan Samsung Bixby.

ADVERTISEMENT

HTC juga nggak mau kalah, perusahaan asal Taiwan ini menyertakan tiga asisten digital yaitu Google Assistant, Alexa dari Amazon, dan Sense Companion buatan HTC sendiri. Bahkan untuk versi Tiongkok, asisten virtual itu bertambah dengan adanya Baidu DuerOS.

Kamu bisa memilih untuk mengaktifkan salah satu saja, dua, atau seluruh asisten digital tersebut sekaligus.

3. Kamera Smartphone Terbaik, Kalahkan Google Pixel

HTC U11 adalah kamera smartphone dengan rating tertinggi versi DxOMark dengan skor 90. HTC U11 pun menggeser Google Pixel yang sebelumnya merupakan smartphone terbaik di dunia dengan skor 89 dan juga mengalahkan Galaxy S8 yang punya nilai 88.

HTC U11 memiliki kinerja yang sangat konsisten dalam berbagai macam kondisi pengambilan gambar. Selain skor teknis yang sangat baik, gambar yang dihasilkan cenderung memiliki tampilan yang menyenangkan, dengan rendering warna yang baik, stabilisasi gambar juga sangat efektif.

Untuk diketahui, kamera belakang HTC U11 ini sendiri menggunakan sensor 12 MP dengan lensa f/1,7 yang sama digunakan pada Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus.

4. Punya Chipset Terkuat di Dunia, Snapdragon 835

Spesifikasi yang ditawarkan HTC U11 tidak terlalu jauh berbeda dengan Samsung Galaxy S8. Seperti chipset terkuat dari Qualcomm, yakni Snapdragon 835, berpadu RAM 4 GB. Kedua smartphone juga punya versi RAM 6 GB.

Rencananya HTC U11 akan mulai dijual pada 18 Mei di Asia, lalu masuk pasar Eropa dan Amerika Serikat pada Juni. Harganya, smartphone tahan air dengan sertifikasi IP67 ini mencapai GBP649 atau sekitar Rp11,16 juta di Eropa. Tak jauh beda dengan flagship Samsung.

Baca juga artikel seputar HTC atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT
APPS TERKAIT
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Kembali Keatas