Ketika iPhone X Pake Android, Ini 5 Kelebihan ASUS ZenFone 5!

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Thursday, 17 May 2018, 06:30
Resmi diperkenalkan pada gelaran MWC 2018 kemarin, ASUS akhirnya akan segera memboyong ZenFone 5 ke Indonesia. Penasaran apa saja kelebihan ASUS ZenFone 5? Yuk cek hands on ASUS ZenFone 5 berikut ini!

Saat pertama kali memperkenalkan iPhone X, Apple langsung menuai pro dan kontra. Pasalnya smartphone terbaru dari Apple ini hadir dengan desain tidak biasa, yakni layar bezel-less tanpa Touch ID dan dilengkapi Notch yang terkesan aneh.

Kehadiran Notch atau poni pada smartphone yang awalnya dianggap aneh, justru kini mulai banyak diadopsi oleh vendor smartphone Android. Salah satunya adalah ASUS yang merilis ASUS ZenFone 5.

Penasaran bagaimana jadinya jika iPhone X pake sistem operasi Android? Ini dia hands on ASUS ZenFone 5!

BACA JUGA
  • ASUS Rilis 4 HP Baru, yang Flagship Mirip iPhone X!

Hands On ASUS ZenFone 5

Diperkenalkan pada ajang MWC 2018 silam, ASUS ZenFone 5 hadir dengan beragam fitur unggulan. Apa saja fitur unggulan ASUS ZenFone 5 yang akan segera hadir di Indonesia? Berikut hands on ASUS ZenFone 5 dari JalanTikus!

1. Bodi Solid, Desain Layar Kekinian

Jika bicara soal desain, tidak perlu meragukan ASUS. Terlebih jika masuk ke seri flagship. Terbukti ZenFone 5 dibekali dengan frame metal solid yang dilindungi material kaca beraksen concentric circle khas smartphone flagship ASUS. Begitu digenggam, rasanya tak mau dilepas. Nyaman!

Untuk urusan layar, ASUS keluar dari kaidah layar bezel-less rasio 18:9 yang sempat jadi tren tahun lalu. Pada ZenFone 5, ASUS membekali smartphone ini dengan layar AMOLED rasio 19:9 seluas 6,2 inci. Rasio layarnya typo? Nggak, itu bukan typo. Rasio layar 19:9 yang dibawa ASUS ZenFone 5 ini hadir karena adanya Notch seperti iPhone X pada sisi atas layar smartphone ini. Dampaknya, walau punya layar super luas, tapi smartphone ini tetap nyaman dalam genggaman.

Beda dengan iPhone X yang tidak dibekali sensor fingerprint, ASUS ZenFone 5 memiliki sensor fingerprint di bodi belakangnya. Bukan cuma unggul dari iPhone X karena adanya fingerprint, tapi juga karena ZenFone 5 dibekali dengan port headset 3,5mm yang berdampingan dengan USB type-C di sisi bawahnya.

2. Notch ASUS ZenFone 5: Bukan Sebatas Poni di Layar

Kehadiran smartphone Android yang dibekali dengan Notch sudah banyak ditemui di pasaran. Namun, poni ini bukan hanya sebagai hiasan. Tapi ASUS sudah melengkapi Notch pada ZenFone 5 dengan beragam sensor yang biasa terdapat pada sebuah smartphone. Jadi, Notch-nya ini benar-benar dimaksimalkan oleh ASUS.

ADVERTISEMENT

Dengan adanya Notch pada ZenFone 5, sudut pandang pada smartphone ini akan semakin luas saat digunakan untuk menjalankan aplikasi. Terlebih jika digunakan untuk membuka aplikasi yang support Notch pada Android, aplikasi yang dibuka akan menyesuaikan secara otomatis, seperti Google Maps.

3. Kamera Pintar dengan AI

Untuk kebutuhan fotografi, ASUS menyediakan konfigurasi dual camera vertikal seperti iPhone X. Kamera utama ZenFone 5 dibekali sensor Sony IMX363 f/1.8 beresolusi 12MP dengan Dual PDAF yang menjanjikan fokus foto lebih cepat. Sementara kamera kedua yang disematkan di sisi belakang adalah sensor wide-angle 120 derajat beresolusi 8MP dengan f/2.0.

Terlepas dari canggihnya sensor kamera yang dibawa ASUS ZenFone 5, kamera smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI) yang mampu mengenali 16 scene foto. Bukan itu saja, AI yang disematkan ASUS mampu mengolah hasil foto yang diambil sesuai dengan selera penggunanya.

Dan bagi yang suka selfie, ada kamera depan 8MP yang siap mengabadikan setiap momen bahagiamu. Tidak hanya itu saja, lewat aplikasi Selfie Master, ASUS juga menyematkan fitur Zenimoji yang memungkinkan kita mengubah selfie jadi emoji seperti haslnya Animoji pada iPhone X.

4. Ngebut Terus, Anti Ngelag

Bicara soal performa, ASUS ZenFone 5 ditenagai dengan chipset Snapdragon 636 terbaru dari Qualcomm yang disokong oleh RAM 4GB dan 6GB. Sementara untuk ruang penyimpanan, kedua varian ASUS ZenFone 5 hanya dibekali dengan ruang penyimpanan 64GB. Tapi jika masih kurang, kamu masih bisa menambahkan MicroSD pada smartphone ini.

5. Desain Keren ala iPhone X, Manis dengan Android Oreo!

Kembali ke judul, ASUS ZenFone 5 ini bisa dibilang adalah smartphone yang mengusung kesempurnaan desain ala iPhone X, tapi manis dengan sistem Android Oreo. Jadi, bagi kamu yang merasa ingin memiliki iPhoen X tapi harganya kemahalan atau malas beli karena bukan Android, kenapa tidak mempertimbangkan ASUS ZenFone 5 saja? Kabarnya, harga ASUS ZenFone 5 jauh lebih terjangkau dari iPhone X!

Harga dan Kesediaan ASUS ZenFone 5

Spesifikasi ASUS ZenFone 5
Dimensi 153mm x 75.65mm x 7.7mm
Bobot 165 gram
Layar 6.2 inci 19:9 FHD+ (2,160 x 1,080) "all-screen" display
Prosesor Qualcomm Snapdragon 636
Memori RAM 4GB atau 6GB

Memori Internal 64GB, MicroSD up to 2TB
Kamera Kamera Belakang 12MP Sony IMX363 f/1.8, dual PDAF + 8MP wide-angle 120 derajat f/2.0

Kamera Depan 8MP f/2.0
Sistem Operasi Android 8.0 Oreo dengan ZenUI
Baterai 3300mAh non-removable

Tertarik dengan segala pesona yang ditawarkan oleh ASUS ZenFone 5? Varian hands on ASUS ZenFone 5 yang JalanTikus dapatakan adalah varian ZE620KL dengan RAM 4GB. Sejauh ini selama melakukan hands on, performanya dirasa cukup mumpuni dan mampu memenuhi berbagai kebutuhan harian, dari chating, main game, hingga urusan fotografi.

Berapa harga ASUS ZenFone 5? Smartphone ini akan diluncurkan secara resmi di Indonesia pada tanggal 17 Mei besok. Jadi, tunggu saja pengumuman resmi tentang harga dan kesediaannya ya!

ARTIKEL TERKAIT

Daftar Paket Internet Unlimited Semua Operator Terbaru dan Terlengkap 2023

Kemahalan?! Berapa Sih Seharusnya Harga Sebuah Smartphone?

APPS TERKAIT
ASUS Browser - Secure Web Surf 2.1.2.80
Apps ZenUI, ASUS Computer Inc.
ASUS Launcher 1.4.0.150213
Apps ZenUI, ASUS Computer Inc.
AnTuTu Benchmark
Apps AnTuTu
Antutu Officer 4.3.8
Apps AnTuTu
Kembali Keatas