5 Hal Menarik dari Chipset Snapdragon 865 | Kamera 200MP Bukan Sekadar Mimpi!

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Sunday, 22 December 2019, 11:00
Resmi dirilis pada awal Desember kemarin, berikut adalah beberapa hal menarik yang ditawarkan oleh Qualcomm di chipset terbarunya, Snapdragon 865.

Setelah jajaran HP Snapdragon 855 mulai ramai dipasarkan, Qualcomm akhirnya resmi mengumumkan kelahiran chipset terbaru mereka yaitu Snapdragon 865 dan Snapdragon 765.

Namun, dari kedua chipset terbaru yang diperkenalkan Qualcomm di gelaran acara Snapdragon Tech Summit 2019 tersebut, Snapdragon 865 lah yang paling menyita perhatian publik.

Pasalnya, chipset tersebut menjadi varian tertinggi yang ditawarkan Qualcomm dan sekaligus menjadi generasi penerus dari Snapdragon 855 dan 855+ yang selama ini sering ditemukan di HP-HP flagship.

Lalu, apa saja, sih, hal yang menarik dari chipset Snapdragon 865 buatan Qualcomm satu ini? Yuk, simak artikel selengkapnya berikut ini!

Hal Menarik dari Chipset Snapdragon 865

Kehadiran chipset Snapdragon 865 tentu saja mendapatkan sambutan baik dari para vendor smartphone.

Bahkan, beberapa perwakilan dari sejumlah merek smartphone yang hadir di acara tersebut secara terang-terangan mengumumkan akan menghadirkan chipset ini di HP-HP rilisan tahun 2020 mereka.

Nah, berikut adalah beberapa hal menarik dari chipset Snapdragon 865 yang patut untuk kamu ketahui.

ADVERTISEMENT

1. Dukungan 5G

Meskipun saat ini konektivitas jaringan 5G masih terbatas di beberapa negara saja, namun Qualcomm tetap menghadirkan jaringan tersebut di chipset terbarunya, Snapdragon 865.

Snapdragon 865 menggunakan modem X-55 5G yang kabarnya dapat menyajikan kecepatan akses hingga 7.5Gbps. Modem X-55 5G ini juga mendukung penggunaan di seluruh dunia dan berbagai frekuensi band.

Selain itu, modem di chipset ini juga kompatibel dengan mode Non-Standalone (NSA) dan Standalone (SA) bersama dengan Dynamic Spectrum Sharing (DSS) yang memungkinkan 5G untuk beroperasi dalam spektrum 4G.

Dengan begitu, kinerja chipset Snapdragon 865 akan tetap optimal digunakan di Indonesia yang masih mendukung jaringan 4G LTE saja.

Modem X-55 sendiri dirancang lebih canggih dibanding modem X-50 yang sebelumnya digunakan di Snapdragon 855.

2. Video 8K

Di kala 4K masih belum tersedia secara merata di setiap HP keluaran terbaru zaman sekarang, Qualcomm justru sudah melangkah lebih maju dengan memberikan dukungan pengambilan video resolusi 8K pada kecepatan 30fps di chipset Snapdragon 865.

Hal itu berkat penggunaan Image Signal Processor (ISP) terbaru yaitu Spectra 480 yang mampu memproses hasil gambar lebih cepat bahkan hingga kecepatan 2 Gigapixel per detik.

Sementara untuk merekam video slow-motion, Snapdragon 865 bisa merekam di resolusi 4K pada kecepatan 120fps atau bahkan 960fps di resolusi 720p.

Tak hanya itu, chipset ini juga menjadi yang pertama mampu merekam video HDR dengan format Dolby Vision.

Namun, dengan jumlah piksel yang semakin besar tersebut, itu artinya smartphone dengan Snapdragon 865 membutuhkan kapasitas penyimpanan dan jumlah bandwidth memori yang lebih besar untuk memastikan perekaman video berjalan lancar.

Hal itu juga yang menjadi salah satu alasan kenapa HP dengan memori 64GB dianggap sudah tidak cocok digunakan di tahun 2020 mendatang.

3. Kamera 200MP

Bukan cuma menawarkan keunggulan di sektor perekaman video saja, chipset Snapdragon 865 juga menawarkan resolusi besar untuk kamu yang hobi fotografi.

Pasalnya, berkat kecepatan ISP yang dibawa oleh Spectra 480 ini, HP dengan Snapdragon 865 kabarnya memungkinkan untuk mengambil gambar dengan resolusi hingga 200MP.

Spectra 480 juga mengambil data dari beberapa sensor kamera sekaligus dalam satu waktu yang membuatnya bisa menghadirkan fitur foto dan video multi kamera.

4. Performa Makin Ngebut

Hal menarik berikutnya yang ditawarkan oleh chipset Snapdragon 865 ini yaitu ada pada sektor performanya, geng.

Kinerja CPU Kryo 585 dan GPU Adreno 650 di chipset Snapdragon 865 ini mampu meningkatkan kinerja dan grafis hingga 25% dibandingkan dengan Snapdragon 855.

Tak hanya itu, untuk kinerja machine learning, AI engine generasi kelima yang diadopsi oleh chipset ini juga diklaim mampu menyuguhkan performa dua kali lebih cepat dan dapat menghemat konsumsi daya baterai sampai 35%.

Sementara untuk keperluan gaming, Snapdragon 865 dirancang agar mampu mengakomodasi layar dengan refresh rate hingga 144 Hz lho.

Tak lupa juga fitur bernama Game Color Plus yang mampu mengkonversi warna game mobile dari SDR ke HDR sehingga warna yang dihasilkan akan lebih tajam.

5. Keamanan Biometrik Lebih Kuat

Privasi merupakan salah satu peningkatan yang coba dihadirkan Qualcomm lewat generasi penerus dari chipset Snapdragon 855 ini.

Hal itu terlihat kala chipset Snapdragon 865 menghadirkan teknologi pemindai sidik jari baru bernama 3D Sonic Max yang diklaim paling canggih saat ini.

Teknologi tersebut kabarnya memiliki area pindai yang 17 kali lebih besar jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Bahkan, sensor 3D Sonic Max ini kabarnya dapat membaca dua sidik jari sekaligus untuk keamanan yang lebih baik dan lebih kuat lagi.

BONUS: 5 Hal Mengerikan yang Bisa Dilakukan Snapdragon 865

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa hal menarik yang ditawarkan oleh Qualcomm lewat chipset terbaru buatannya yaitu Snapdragon 865 yang belum lama ini resmi dirilis, geng.

Sayangnya, chipset Snapdragon 865 ini sendiri baru akan bisa ditemukan di beberapa HP keluaran 2020 mendatang.

Baca juga artikel seputar Gadget atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Kembali Keatas