10 Gadget yang Tidak Laku Lagi Akibat Kemunculan Smartphone

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Saturday, 24 March 2018, 19:00
Tak bisa dipungkiri lagi bahwa kita hidup pada generasi dimana smartphone nyaris unggul dibanding perangkat PC dan perangkat elektronik lainnya. Saat ini smartphone menjadi perangkat serbaguna yang dapat melakukan banyak hal.

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa kita hidup pada generasi dimana smartphone nyaris unggul dibanding perangkat PC dan perangkat elektronik lainnya. Saat ini smartphone menjadi perangkat serbaguna yang dapat melakukan banyak hal. Melalui smartphone kita bisa membuat agenda harian, memesan makanan, pesan ojek, membaca berita, ataupun sekadar berbagi pesan dengan teman.

Namun tahukah kamu, rupanya kemunculan smartphone justru menjadikan beberapa gadget yang dulu populer kini kian terpuruk dan hampir mati. Berbagai jenis perangkat tersebut kini mulai ditinggalkan karena berbagai alasan, salah satunya karena penggunaannya yang hanya fokus pada satu fungsi, lain halnya dengan smartphone yang memiliki banyak fungsi sekaligus. Daripada makin penasaran berikut adalah 10 Gadget yang Tidak Laku Lagi Akibat Kemunculan Smartphone, yuk simak di bawah ini.

BACA JUGA

    10 Gadget yang Tidak Laku Lagi Akibat Kemunculan Smartphone

    1. MP3 Player

    Sebelum mengenal smartphone kita lebih dulu dikenalkan dengan produk bernama MP3 Player yang digunakan untuk memutar musik. Saat ini smartphone telah menyediakan berbagai pilihan penyimpanan ruangan untuk mendengarkan musik dengan bebas. Bahkan kini tersedia berbagai aplikasi di Google Play Store maupun App Store untuk mendengarkan musik secara streaming tanpa men-download-nya.

    2. GPS

    GPS merupakan teknologi untuk menunjukan arah dan lokasi menggantikan fungsi peta pada umumnya. Sebelum adanya smartphone, alat ini pernah populer di beberapa situs jual beli. Saat ini smartphone telah dibekali dengan perangkat GPS yang mumpuni sehingga orang-orang tak perlu lagi alasan untuk membeli alat ini hanya untuk keperluan penunjuk arah.

    3. Kamera Digital

    Kamera digital pernah menjadi perangkat yang populer sebelum kemunculan smartphone. Saat itu orang-orang tak perlu lagi susah payah harus mencuci film saat ingin mencetak foto, dengan kamera digital semua proses ribet tersebut bisa terselesaikan. Namun bagaimana pun saat ini smartphone bisa menggantikan fungsi dari kamera digital, bahkan pada beberapa pengaturan tertentu hasil foto pada smartphone jauh lebih baik. Saat ini teknologi kamera pada smartphone sendiri selalu berkembang dan jauh lebih baik lagi, hal ini bisa kita lihat pada teknologi kamera iPhone 7 Plus yang diklaim mampu setara dengan kamera DSLR.

    4. Radio

    Sejak dulu orang-orang sudah gemar mendengarkan siaran radio, namun sekarang mereka lebih sering mendengarkannya lewat smartphone. Bahkan siaran Radio saat ini sudah bisa didengarkan melalui teknologi streaming di internet.

    5. Jam Alarm

    Jam alarm pada umumnya memiliki bentuk yang besar dan digunakan untuk membangunkan orang yang tidur. Namun saat ini jam alarm sudah mulai tidak lagi digunakan karena fungsinya yang bisa kita temukan pada smartphone. Bahkan fitur jam alarm pada smartphone jauh lebih baik dan bisa kita atur untuk banyak keperluan, misalnya pengingat ulang tahun atau lain sebagainya.

    6. Jam Tangan

    Saat ini jam tangan lebih difungsikan sebagai aksesoris untuk memperindah penampilan, dibandingkan sebagai alat pengingat waktu. Faktanya orang-orang masih mengandalkan smartphone mereka untuk mengecek waktu yang berlangsung saat mereka memakai jam tangan. Mungkin kalian juga termasuk ya sobat?

    7. Kalkulator

    Jika kita melihat masa lampau kalkulator banyak kita temui di beberapa toko grosiran dan sekolah-sekolah. Namun saat ini tak banyak orang yang memiliki kalkulator karena smartphone kini mampu melakukan semua tugas tersebut, bahkan jauh lebih baik.

    8. Mi-Fi Router

    Pada dasarnya Mi-Fi Router digunakan sebagai portable hostspot untuk berbagi koneksi dengan perangkat lainnya. Meski perangkat ini sangat berguna karena memiliki banyak fitur dan bisa digunakan oleh banyak perangkat, namun bagaimana pun saat ini smartphone pun bisa dimanfaatkan sebagai hotspot portable dan berbagi dengan perangkat lain. Lambat laun namun pasti perangkat ini bisa saja sepenuhnya akan tergantikan perannya oleh perangkat smartphone.

    9. Game Portable

    Dulu jika ingin main game, bahkan sekelas 'Super Mario', kita harus membeli konsol game atau bahkan game portable seperti PSP jika ingin memainkan game-game yang umumnya sederhana. Namun saat ini kita bisa bermain berbagai macam game melalui smartphone, bahkan game yang awalnya dirilis untuk PC kini tersedia untuk smartphone, contohnya yang paling umum dan populer adalah 'GTA:IV San Andreas'.

    10. Perekam Suara

    Sony adalah perusahaan populer yang saat ini masih mengeluarkan produk perekam suara, meski tidak sepenuhnya tergantikan fungsinya, namun bagaimana pun saat ini ada banyak sekali aplikasi perekam suara di smartphone yang memiliki banyak fitur melampaui alat perekam suara pada umumnya.

    Akhir Kata

    Itulah beberapa gadget yang saat ini fungsinya juga bisa kita dapatkan di dalam perangkat smartphone. Meski demikian, pada beberapa situasi dan kondisi tertentu perangkat-perangkat diatas terkadang jauh lebih efektif digunakan ketimbang menggunakan smartphone. Nah, jika sobat ingin menambahkan daftar di atas yuk jangan sungkan bagikan lewat kolom komentar di bawah ini.

    ARTIKEL TERKAIT
    APPS TERKAIT
    JalanTikus 2.5.2
    Apps JalanTikus.com
    Babe - Baca Berita 7.6.2
    Apps Mainspring
    YouTube 15.11.34
    Apps Google Inc.
    Buzz Up! - Viral Videos 5.1.2
    Apps Mainspring
    Kembali Keatas