Bilang Ibumu Ini 5 Dampak Positif Kecanduan Game yang Tak Terduga

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Friday, 07 September 2018, 13:00
Jangan asal langsung tuduh dulu kalau bermain game nggak ada manfaatnya sama sekali. Simak dulu daftar dampak positif dari kecanduan game yang Jaka susun berikut ini ya!

Nggak cuma punya dampak buruk, kecanduan game ternyata juga punya banyak dampak positif yang tak banyak diketahui orang. Jadi biar seimbang, berikut ini beberapa dampak positif kecanduan game.

Kecanduan game memang sering dianggap buruk bagi sebagian besar orang karena dinilai tidak ada manfaatnya sama sekali. Padahal sebenarnya tidak semuanya buruk karena ternyata ada dampak positif bagi seseorang yang kecanduan game.

Jadi jangan asal langsung tuduh dulu kalau bermain game nggak ada manfaatnya sama sekali. Simak dulu daftar beberapa dampak positif dari kecanduan game yang Jaka susun berikut ini ya!

BACA JUGA

    5 Dampak Positif Kecanduan Game

    1. Mengasah Logika

    Sumber foto: Sumber : Youthmanual.com

    Saat bermain game, pasti akan ada fase di mana player harus menyelesaikan suatu masalah untuk memenangkan game tersebut. Nah, pada saat itu player dituntut untuk berpikir logis dalam menyelesaikan masalah. Jadi sambil mengasah kemampuan, kamu juga bisa berpikir kritis ketika sedang ada masalah dalam game maupun dunia nyata. Apalagi di era modern saat ini tak banyak orang yang mampu berpikir logis ketika menghadapi masalah.

    2. Belajar Dari Kesalahan

    Sumber foto: Sumber : Dokumen Pribadi

    Seorang pro player sekalipun pasti sudah pernah merasakan yang namanya kalah saat bermain game, jadi jangan putus asa ketika mengalami kekalahan. Kamu juga harus bisa dari belajar dari kekalahan karena jika tidak itu artinya kamu mengulang kesalahan yang sama. Kamu juga bisa mengambil sisi positif dari hal ini dalam kehidupan nyata lho! Bukan masalah seberapa sering kamu gagal, tapi berapa kali kamu mampu bangkit ketika gagal.

    3. Menambah Banyak Teman

    Sumber foto: Sumber : AndroidSeluler.com

    Tak jarang banyak anak yang mengalami bullying di lingkungan sekitar dan ketika bermain game justru malah menemukan banyak teman. Kamu mungkin saja tak mengalami hal yang seperti ini, namun banyak anak di luar sana yang mengalami kejadian ini. Dari game, kamu juga bisa menambah banyak teman dengan hobi yang sama.

    4. Mendapat Penghasilan

    Sumber foto: Sumber : Kompas

    Kata siapa ngagame hanya bikin boros? Nyatanya beberapa game malah bisa menambah penghasilan kamu ataupun untuk sekedar uang jajan. Di era modern ini game sudah sudah banyak beralih fungsi, bukan hanya untuk hiburan semata. Kamu bisa membuat game layaknya sebuah ladang uang, mulai dari joki, jual beli item, dan lainnya. Jadi, semua kalau dimanfaatkan dengan tepat hasilnya akan positif.

    5. Menjadi Atlet eSport

    Sumber foto: Sumber : duniaku.net

    Seperti yang Jaka bilang pada poin sebelumnya, kamu juga bisa menjadi seorang Atlet eSport profesional dari suatu game. Jadi tidak melulu dianggap sepele karena sekarang sudah banyak game yang diperlombakan dan bertaraf internasional. Hadiahnya juga nggak main-main, kamu bisa mendapat ratusan dolar jika berhasil menjuarainya.

    ADVERTISEMENT

    Itulah 5 dampak positif kecanduan game yang bisa kamu ambil hikmahnya. Nah, gimana nih, jadi sekarang udah tau kan dampak positif kecanduan game? Jadi nggak semuanya bisa dianggap buruk ya. Selalu ada sisi positifnya, tergantung dari sisi mana kamu melihatnya.

    ARTIKEL TERKAIT
    APPS TERKAIT
    Dress Up Diary 1.3.43
    Games Maingames
    Garena AOV - Arena of Valor: Action MOBA 1.33.1.7
    Games Garena
    Kembali Keatas