Cara Upgrade RAM Laptop Mudah & Anti Gagal, Gak Perlu ke Toko Komputer!

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Monday, 22 June 2020, 21:00
Laptop lama kamu terasa lemot karena RAM-nya kecil? Daripada ganti baru, mending simak cara upgrade RAM laptop di rumah sendiri dengan mudah (Update 2020)

Ketika sedang mencari laptop baru, hal apakah yang paling kamu perhatikan? Kalau Jaka, sih, terus terang mencari laptop dengan kapasitas RAM yang jumbo, geng.

Sayangnya, laptop dengan RAM besar memiliki harga yang cukup mahal. Dengan bujet pas-pasan, sebenarnya kamu bisa saja, sih, membeli laptop dengan RAM standar.

Membeli dan memasang RAM di toko komputer tentu membutuhkan biaya yang gak murah. Padahal, asalkan terdapat slot untuk menambah RAM, kamu bisa meng-upgrade sendiri RAM kamu.

Dalam artikel ini, Jaka akan memberi tahu kamu cara upgrade RAM laptop dengan mudah. Kalau kamu penasaran, langsung simak selengkapnya di bawah ini!

Cara Menambah RAM Laptop Sendiri di Rumah

Cara upgrade RAM laptop yang Jaka informasikan ke kamu ini bisa juga dipakai apabila RAM kamu mengalami kerusakan dan kamu perlu melakukan penggantian.

Kalau RAM kamu nggak rusak, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat dengan menambah RAM, seperti mengaktifkan konfigurasi Dual Channel atau Quad Channel, bikin laptop lebih responsive, dan bisa melakukan multi-tasking lebih banyak.

Syarat Menambah RAM Laptop

Meskipun memiliki banyak manfaat, namun ada banyak hal yang harus kamu perhatikan sebelum menambah RAM. Sayang banget kalau sudah beli RAM baru tapi laptop kamu tidak kompatibel atau tidak ada slot kosong, kan?

ADVERTISEMENT

Berikut adalah syarat-syarat penting yang wajib kamu penuhi sebelum menambah RAM laptop:

1. Terdapat Slot Kosong

Produsen laptop seringkali menggunakan RAM onboard alias RAM yang telah disolder sehingga menempel secara permanen di motherboard.

Alasannya, sih, supaya calon pembeli tergiur untuk mengganti laptopnya dengan laptop baru apabila laptop lamanya dirasa sudah lemot karena RAM yang kecil.

Hal ini bikin kamu nggak bisa mengganti RAM tersebut dengan RAM baru yang memiliki kapasitas lebih besar. Tapi terkadang ada juga laptop yang menyediakan slot RAM tambahan.

2. Cek Kompatibilitas

Ketika membeli sebuah laptop, kamu harus terlebih dahulu slot RAM apakah yang dimiliki. Entah itu DDR2, DDR3 atau DDR4, masing-masing memiliki pin yang berbeda sehingga harus sesuai.

Selain itu, setiap slot memiliki jumlah maksimum kapasitas RAM yang bisa ditampung. Jangan sampai kamu membeli 1 keping RAM 8GB untuk dipasang di slot yang hanya bisa menampung RAM 4GB.

3. Tipe RAM yang Sama

Setiap keping RAM memiliki tipe yang berbeda, tergantung dari kapasitas, transfer rate, dan merk. Kalau laptop memiliki 2 slot RAM atau lebih, pastikan kamu mengisi tiap slot dengan keping RAM bertipe identik.

Hal ini berkaitan dengan kinerja RAM tersebut ketika digunakan di laptop. 2 keping RAM dengan ukuran, transfer rate, dan merk berbeda bikin laptop kamu nggak bekerja secara optimal.

Cara Upgrade RAM Laptop Sendiri dengan Mudah

Setelah kamu memenuhi semua syarat menambah RAM laptop di atas, kini saatnya Jaka kasih tahu kamu cara upgrade RAM laptop sendiri dengan mudah.

Cara ini bakal lebih menghemat bujet, namun bakal membutuhkan ketelitian dan keahlian. Kalau kamu ragu dan terdapat error, kamu bisa langsung datang ke service center laptop, geng.

Langkah 1 - Membeli RAM

Hal pertama yang perlu kamu lakukan, tentu saja "Membeli RAM" terlebih dahulu. Kamu bisa membeli RAM baru atau pun bekas. Seperti yang Jaka jelaskan di atas, kamu harus membeli RAM yang tepat agar cocok di laptop kamu.

Langkah 2 - Membongkar Laptop

Jika sudah membeli RAM, saatnya "Membongkar Laptop". Terus terang saja, umumnya cara membongkar laptop itu berbeda-beda, tergantung jenis laptop apa yang kamu gunakan.

Kamu bisa mencari cara membongkar laptop di internet atau dengan mencari video panduan di YouTube.

Langkah 3 - Cari Slot RAM pada Motherboard

Jika sudah mendapatkan panduan membongkar laptop yang tepat, mulai bongkar laptop kamu hingga "Menemukan Slot RAM". Kalau kamu masih enggak tahu seperti apa itu slot RAM, kamu bisa lihat gambar di bawah ini agar lebih jelas.

Langkah 4 - Pasang RAM

Jika sudah ketemu, mulai "Pasang RAM", geng. Pasang RAM dengan posisi miring sambil ditekan masuk. Pastikan semua bagian logam pin masuk ke dalam slot RAM. Pastikan juga tidak keras atau tidak ada bagian mengganjal.

Langkah 5 - Kunci RAM

Lanjutkan proses pasang RAM dengan menekan bagian RAM ke kunci RAM. Pastikan kedua kunci RAM mengeluarkan "Bunyi Klik" dan terpasang dengan baik. Kemudian kembali lagi, pastikan juga tidak keras atau tidak ada bagian mengganjal.

Langkah 6 - Rakit Laptop Kembali

Jika sudah, "Rakit Laptop" kembali. Nyalakan dan pergunakan seperti biasa. Kamu telah menyelesaikan cara menambah RAM laptop dari Jaka, mudah bukan?

Sumber foto: ShutterStock

Permasalahan Umum Saat Menambah RAM Laptop

Yang namanya rencana memang tidak bisa selalu mulus, terkadang bisa saja ada masalah. Seperti saat melakukan cara menambah RAM laptop dari Jaka ini.

Kamu sudah mengikuti cara upgrade RAM laptop dari Jaka di atas secara tepat, tapi laptop kamu malah mengalami masalah atau bahkan gak bisa nyala sama sekali.

Kalau kamu mengalami masalah, tidak usah khawatir. Melalui artikel ini pula, Jaka akan membahas beberapa permasalahan yang biasa ditemui dan tentu saja memberikan solusinya. Nah kira-kira masalah apa saja ya yang bisa ditemui, yuk simak!

1. Blue Screen of Death (BSOD)

Sumber foto: SpiceWorks

Terus terang ini merupakan masalah yang cukup kompleks, karena memang penyebab BSOD (Blue Screen of Death) beragam. Salah satunya juga karena penambahan atau penggantian RAM ini.

Apabila kamu menemui masalah ini, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

2. Laptop Tidak Menyala dan Berbunyi Beep

Sumber foto: Gavin Colebank

Salah satu masalah yang sering dijumpai pula saat menambah RAM, yaitu malah membuat laptop tidak menyala dan berbunyi beep.

Bunyi beep umumnya berbeda-beda, ada yang 4 kali atau 5 kali dan lain-lain tergantung dengan merek laptop. Lalu solusinya bagaimana?

3. Konfigurasi Dual Channel Tidak Berjalan

Sumber foto: TechGeec

Salah satu alasan menambah RAM, yaitu guna mengaktifkan konfigurasi Dual Channel. Dengan ini, maka RAM kamu akan punya channel bandwidth jauh lebih luas yang artinya bisa jauh lebih cepat dan responsif.

Namun saat tambah RAM, kok malah Dual Channel-nya tidak aktif?

Akhir Kata

Itulah dia cara menambah RAM laptop lengkap dengan gambarnya. Secara garis besar, hampir enggak sulit sama sekali kok. Kuncinya adalah kamu mengetahui cara membongkar laptop kamu dengan benar. Selamat mencoba ya!

Baca juga artikel seputar Gadget atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT

14 Laptop 6 Jutaan Terbaik & Terbaru 2022, Cocok Buat Gaming & Desain!

5 Website Simulasi Rakit PC Gaming Idaman, Biar GTA 5 Bisa Rata Kanan!

Kembali Keatas