6 Keunggulan Android Dibanding iPhone

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Saturday, 03 October 2015, 10:00
Banyak pengguna iPhone yang mulai beralih menggunakan Android. Berikut enam hal yang menyebabkannya.

Bagi penggemar Android, smartphone dengan lambang robot hijau tersebut tentu lebih baik dari pesaing terdekatnya, iPhone. Begitu pun dengan penggemar iPhone yang menganggapnya lebih baik dari Android. Bagaimana dengan kamu yang ada di posisi netral yang baru ingin beralih dari feature phone ke smartphone Android? Kamu bisa menyimak enam hal yang membuat Android lebih baik dari iPhone.

6 Keunggulan Android Dibanding iPhone

Harga murah

Berapakah harga iPhone termurah? iPhone 5 yang saat ini masih mumpuni untuk digunakan memiliki harga Rp 5 jutaan. Padahal, hardware iPhone 5 sudah cukup tertinggal. Sedangkan smartphone Android dengan hardware sekelas atau bahkan lebih baik bisa dibeli mulai dari Rp 2 jutaan.

Ketika era smartphone berlayar lebar mulai diikuti oleh generasi iPhone terbaru, perbedaan harga antara iPhone dan Android pun semakin jauh. Maka, wajar rasanya menyebut Android lebih unggul daripada iPhone.

BACA JUGA
  • Haruskah Install iOS 9 di iPhone 4s dan iPhone 5?

Banyak pilihan

iPhone adalah smartphone eksklusif yang hanya dibuat oleh Apple. Untuk setiap serinya, Apple hanya merilis antara dua hingga tiga jenis produk. Bandingkan dengan smartphone Android yang dibuat secara keroyokan oleh produsen lokal dan global. Merk apapun ada.

Slot Memory Card

Belum pernah ada iPhone yang diciptakan dengan slot memori tambahan. Jadi, kamu harus berpikir masak-masak menentukan kapasitas iPhone yang hendak dibeli. Lain halnya dengan smartphone Android yang mayoritas dilengkapi dengan slot memori tambahan. Jadi, kamu bisa mendapat kapasitas memori penyimpanan lebih banyak dengan harga lebih terjangkau.

Aplikasi gratis

iOS memiliki banyak aplikasi berkualitas, namun berbayar. Android memiliki pilihan aplikasi yang terus bertambah dan mayoritas gratis. Kalau pun ada aplikasi berbayar, kamu bisa dengan mudah men-download file APK-nya. Namun kami tidak merekomendasikan hal ini.

Kustomisasi

Bagaimana cara mengubah tampilan dasar iOS pada iPhone? Hanya ada aplikasi dengan jumlah terbatas untuk memodifikasi tampilan iPhone. Itu pun hanya modifikasi kecil. Pada smartphone Android, kamu bisa melakukan banyak kustomisasi, mulai dari tampilan interface hingga jenis ROM.

Overclock

Dengan membuka akses root pada Android, kamu memiliki otoritas untuk mengubah kecepatan prosesor. Kamu bisa menurunkan kecepatannya jika ingin menghemat baterai. Kamu bisa menaikkan kecepatannya jika ingin menambah performa. Hal ini mustahil dilakukan pada iPhone.

ARTIKEL TERKAIT
APPS TERKAIT
Espier Dialer 7 1.2.0
Apps Espier Studio
Espier Control Center 7 1.4.0
Apps Espier Studio
Espier Message 7 3.0.0
Apps Espier Studio
Kembali Keatas