5 Fakta Penting Tentang 4G LTE yang HARUS Kamu Ketahui

Cari smartphone baru? Jangan asal beli dulu, ada 5 Fakta tentang teknologi 4G yang mungkin belum lo tau. Sebelum beli, mending simak dulu, gimana?

1. 4G and WIMAX

4G adalah singkatan dari 4th Generation Technology yang Menawarkan akses data 10 kali lebih cepat dibandingkan 3G. Dua standard 4G yang banyak digunakan di dunia yaitu, LTE dan Wimax. Namun dibandingkan wimax, operator cenderung memilih LTE, karena selain infrastrukturnya lebih mudah untuk dibangun, sinyal LTE cenderung lebih kuat dan fleksibel. LTE dapat mengakomodasi mobile broadband hingga kecepatan 450 km/jam, yang artinya kalau kamu sedang berada di dalam kendaraan yang bergerak cepat, kamu masih bisa mendapatkan akses internet. Selain itu LTE juga kompatibel dengan senior-seniornya, seperti 3G dan 2G sehingga bisa mudah berpindah ketika memasuki area yang belum mendukung 4G. Pada Wimax, mobile broadband hanya diakomodasi hingga 120 km/jam, sehingga bisa dibilang Wimax sangat bergantung pada wilayahnya. Tapi karena Wimax rata-rata ditemukan di Modem-Modem Internet yang biasa disambungkan ke computer via USB, rasa-rasanya wajar saja ya.

2. Tipe 4G

Tidak hanya LTE dan Wimax saja, masih banyak berbagai macam standard 4G lainnya seperti, HSPA+, Wimax Release 2, TD-LTE, dan LTE Advanced. Wimax Release 2 dan LTE Advanced adalah dua standard 4G lolos sertifikasi IMT-Advanced oleh International Telecommunication Union sebagai “True 4G” atau “4G sejati” yang sanggup mengakomodir download speed maximum 1000 Mbps dan upload speed maximum 500 Mbps. Sedangkan LTE yang biasa kita gunakan sehari-hari umumnya hanya menawarkan 100 Mbps download speed dan 50 Mbps Upload speed.

3. UE Category

Salah satu alasan mengapa “4G Sejati” masih belum bisa dinikmati adalah keterbatasan Chipset pada gadget 4G yang beredar saat ini. Jika kamu ingin tahu seberapa cepat akses data Gadget kamu, periksa spesifikasi Network dan Connectivity-nya. Apakah ada informasi mengenai User Equipment atau UE Category yang biasa disebut Cat. Ehm, bukan kucing ya.. Klasifikasi UE Cat ini sendiri diciptakan oleh 3GPP yang merupakan singkatan dari 3rd Generation Partnership Projects yang merupakan kolaborasi dari berbagai Asosiasi Telekomunikasi yang fungsinya mengawasi dan mengembangkan teknologi Mobile Broadband dari GSM, 2G, 3G, 4G LTE, hingga nantinya 5G. UE Cat sendiri terbagi dari Cat 0 hingga Cat 16.


4. Device Restriction

Rata-rata Smartphone yang tengah beredar di pasaran saat ini masuk ke dalam Cat 6, 9 dan 12 Smartphone Unggulan seperti iPhone 7 dan Samsung Galaxy S7 adalah beberapa contoh Smartphone Cat 9. Artinya mereka memiliki kecepatan download sebesar 450 Mbps dan upload 50 Mbps. Namun dengan Galaxy S8, Samsung telah resmi memiliki Smartphone dengan Cat 16 yang dapat mengakses kecepatan 1000 Mbps atau 1 Gigabit. Kecepatan Gigabit ini pun di prediksi akan menjadi standard baru dalam industry komunikasi dan mempersiapkan jalan untuk masuk ke era 5G.

5. 4G Di Indonesia

Di Indonesia, teknologi 4G sendiri baru diluncurkan secara komersil pada tahun 2013 dengan munculnya Modem 4G dari Bolt. Pada tahun 2014, operator-operator seluler mulai berbondong-bondong menawarkan paket 4G dengan harga yang variative. Sekarang, pastinya kamu sudah nggak asing kalau melihat iklan-iklan dari para Operator yang menawarkan paket 4G dengan macam-macam Bonus, Padahal kasih kuota unlimited aja udah cukup, hihi. Namun sayang, masih banyak daerah-daerah yang belum didukung sinyal 4G. Kamu yang di kota-kota besar saja pasti sering jalan ke satu daerah dan sinyal 4G kamu hilang kan? Pemerintah sendiri berencana untuk menyediakan support 4G 100% di wilayah urban secara nasional pada tahun 2019.

Nah..gimana, dapat inspirasi nggak setelah menyimak fakta-fakta barusan? Itulah beberapa Fakta tentang 4G LTE yang mudah-mudahan bisa membantu dan menambah pengetahuan kamu. Buat kamu yang sampai sekarang masih pakai device 3G cepet-cepet ganti ya! Sebentar lagi sudah mau 5G lho!

===================================================

Subscribe: https://www.youtube.com/c/JalanTikusID
Artikel: https://jalantikus.com/gadgets/fakta-4g-lte/

===================================================

https://jalantikus.com
https://www.facebook.com/JalanTikus/
https://instagram.com/jalantikusid
https://twitter.com/jalantikuscom

===================================================

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal