5 Fungsi Kamera yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Gang, gak cuma sebagai alat komunikasi, smartphone kini telah menjadi alat fotografi sekaligus hiburan bagi penggunanya. Gak heran jika banyak perusahaan smartphone yang akhirnya menjadikan segmen kamera sebagai lahan untuk bersaing. Mau untuk kamera profesional ataupun selfie, semua udah tersedia di smartphone.

Kalian termasuk pengguna smartphone yang hobi menggunakan kamera untuk mengambil foto? Udah pada tahu belum, kalo selain buat foto, kamera di smartphone masih punya fungsi lain loh!
Penasaran? Ini dia 5 fungsi lainnya!

1. Augmented Reality

Buat kalian yang main game Pokemon GO, pasti udah gak asing lagi kan dengan istilah Augmented Reality? Teknologi dengan kemampuan menggabungkan bidang 3 dimensi dengan bidang 2 dimensi, sehingga objek yang berada di layar menjadi seolah nyata ada di sekitar kita. Teknologi yang kemudian dibawa oleh Pokemon GO untuk memungkinkan kalian berburu Pokemon di dunia nyata, Gang!

Nah, keberadaan kamera di smartphone sangat penting untuk bisa menikmati mode AR. Disamping itu pula, sensor gyroscope juga harus ada pada smartphone. Oh iya, bukan cuma Pokemon GO aja lho, yang bisa memaksimalkan fungsi kamera smartphone. Masih banyak aplikasi Augmented Reality keren lainnya yang bisa kalian nikmati dengan kamera smartphone!

2. Mencari Tahu Informasi Suatu Benda

Gang, kalo biasanya kamera smartphone hanya digunakan untuk mengabadikan momen dalam bentuk foto atau video, kini udah saatnya kamera hadir untuk membuat kalian jadi lebih pintar. Dengan memanfaatkan bantuan aplikasi Google Goggles, kalian bisa mencari tahu informasi dari suatu benda dengan mudah lho! Cukup foto sebuah benda, dan aplikasi ini seketika akan menampilkan informasinya! Kalian bisa mencari informasi apapun, mulai dari kartu identitas hingga buku lho, Gang! Canggih kan?

3. Alat Penerjemah

Jangan khawatir jika menemukan tampilan bahasa asing di papan informasi saat kalian pergi ke luar negeri. Cukup arahkan kamera kalian ke informasi terkait menggunakan Google Translate, maka secara instan akan muncul terjemahannya. Gak percaya? Buktiin aja sendiri! Meski kadang sedikit ngaco, tapi setidaknya kamera smartphone kalian udah memberi pencerahan agar gak kesasar kan? Kini udah tahu kan fungsi keren kamera smartphone lewat aplikasi Google Translate yang ada di smartphone kalian?

4. Scanner Dokumen

Memasuki era Internet of Things kini udah waktunya kalian go paperless, Gang! Hindari deh tuh, dokumen-dokumen dalam bentuk kertas. Saat harus mengirim dokumen kertas ke orang lain, sebaiknya scan aja dokumen tersebut jadi file PDF, lalu kirim lewat email. Kalian bisa dengan mudah mengubah dokumen kertas ke PDF menggunakan menggunakan kamera smartphone dengan bantuan aplikasi Office Lens. Dengan Office Lens, kamera kalian bisa berubah berfungsi untuk mengubah gambar biasa menjadi format PDF dan lain sebagainya lho!

5. QR Code Scanner

Nah, fungsi kamera yang terakhir adalah untuk Scan Barcode. Quick Response Code alias QR Code adalah kode dua dimensi yang berisi informasi kompleks, seperti kontak, alamat web, dan lainnya. Nah, smartphone kalian bisa banget lho digunakan untuk memindai semua informasi yang ada di dalam sebuah QR code. Ngaku deh, kalian pasti udah biasa kan menggunakan cara ini untuk menambahkan kontak di BBM?

Gimana, Gang? Ternyata banyak kan fungsi kamera smartphone lainnya? Yang jika digunakan dengan aplikasi khusus, malah berubah jadi alat yang bermanfaat, bukan hanya untuk mengambil foto atau video aja ya, Gang. Kalian tahu fungsi kamera smartphone lainnya? Tuliskan pendapatmu di bawah dan saksikan video JalanTikus lainnya!

===================================================

Subscribe: https://www.youtube.com/c/JalanTikusID
Artikel: https://jalantikus.com/gadgets/fungsi-kamera-smartphone/

===================================================

https://jalantikus.com
https://www.facebook.com/JalanTikus/
https://instagram.com/jalantikusid
https://twitter.com/jalantikuscom

===================================================

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal