5 Cara Menghilangkan Your Connection is Not Private di PC, Gampang!

Default

Geng, apakah kamu pernah mendapatkan pesan "Your Connection is Not Private" atau Sambungan Anda Tidak Pribadi saat browsing menggunakan Google Chrome?

Hal ini sering muncul walaupun koneksi internet kamu sedang baik-baik saja. Tentunya, kondisi ini mengganggu kamu yang sedang butuh untuk membuka situs tertentu.

Nah, buat kamu yang sedang mengalaminya, Jaka punya cara menghilangkan Your Connection is Not Private di browser Google Chrome kamu.

Cara Mengatasi Tampilan Your Connection is Not Private

Cara Menghilangkan Your Connection Is Not Private 1b900

Saat menggunakan browser, biasanya pada Google Chrome, bisa saja muncul tulisan "Your Connection is Not Private" saat membuka situs tertentu.

Terkadang hal tersebut disertai juga dengan kode error ERR_CERT_DATE_INVALID. Kode tersebut mengindikasikan adanya masalah SSL pada website yang sedang kamu buka.

Atau dengan kata lain, masalah tersebut bisa disebabkan oleh pengguna maupun pengelola situs tersebut. Kamu bisa menghilangkannya dengan cara mengatasi your connection is not secure berikut ini.

1. Mengganti akurasi waktu dan tanggal di PC/Laptop

Cara pertama ini biasanya langsung menyelesaikan masalah your connection is not private. Yakni dengan mengatur ulang waktu dan tanggal secara aktual di PC/Laptop kamu.

Kamu hanya perlu mengubah pengaturan waktu dan tanggal sesuai dengan waktu yang sebenarnya. Untuk cara ini, Jaka menggunakan contoh pengaturan pada Windows 10.

Langkah 1 - Cari menu pengaturan ganti tanggal dan waktu

Cara Mengatasi Your Connection Is Not Private Pc 15ff6
  • Untuk cara menghilangkan your connection is not secure, pertama-tama cari pengaturan ganti tanggal dan waktu melalui search bar. Kamu bisa mencarinya dengan cara mengetik 'date' atau 'date and time'.

Langkah 2 - Ubah waktu dan tanggal

Cara Mengatasi Your Connection Is Not Private Windows 10 651a4
  • Kemudian, ubah waktu dan tanggal sesuai dengan sebenarnya. Atau, kamu juga bisa mengaktifkan set time automatically dan atur time zone berdasarkan lokasi di mana kamu berada.

Langkah 3 - Refresh situs

  • Setelah waktu dan tanggal sudah diatur sesuai dengan sebenarnya, kembali ke halaman situs dan klik ikon refresh. Situs akan kembali seperti semula dan bisa diakses.

Mudah bukan caranya, geng? Kamu akan bisa dengan mudah mengakses situs-situs favorit kamu, seperti situs nonton film yang bisa kamu manfaatkan selama #DiRumahAja.

2. Matikan antivirus untuk sementara waktu

Cara Mengatasi This Site Cant Be Reached Di Google Chrome 14 D9bd7
Sumber foto: petunjuk.id

Cara mengatasi masalah your connection is not private yang kedua adalah dengan mematikan antivirus yang kamu miliki untuk sementara waktu.

Dengan mematikan software antivirus untuk sementara waktu, kamu akan bisa mematikan fiturnya yang berfungsi memindai SSL atau HTTPS Protocol yang akan menimbulkan masalah tersebut.

Tidak perlu mematikannya secara keseluruhan, kamu cukup mencari fitur yang bernama Scan SSL atau HTTPS Protocol. Pengaturan tiap antivirus berbeda-beda, sehingga Jaka tidak bisa memberi petunjuk yang spesifik ya, geng.

3. Reset Google Chrome

Cara mengatasi your connection is not private pada Google Chrome bisa dilakukan dengan cara me-reset browser Google Chrome kembali ke pengaturan awal.

Namun sebelum kamu melakukan hal ini, Jaka ingatkan bahwa kamu akan kehilangan pengaturan milikmu berikut dengan pengaturan konten, cookie, data situs, pin tab, dan ekstensi Google Chrome juga akan dinonaktifkan.

Tapi informasi seperti bookmark, riwayat, sandi tersimpan, dan cache tidak akan terhapus. Oleh karena itu, pertimbangkan sebelum kamu melakukannya ya, geng.

Langkah 1 - Buka menu Settings

Your Connection Is Not Private Solusi 9b002
  • Klik ikon tiga titik vertikal yang ada di pojok kanan atas browser, kemudian pilih menu Settings atau setelan.

Langkah 2 - Klik menu Restore

Cara Mengatasi Masalah Your Connection Is Not Private B515e
  • Setelah masuk ke menu Settings, gulir sampai ke bawah sampai menemukan pilihan Advanced, klik lalu pilih menu Restore settings to their original defaults.

Langkah 3 - Klik Reset Settings

Cara Mengatasi Pesan Your Connection Is Not Private Bfdb6
  • Kemudian klik Reset Settings dan tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah itu, kembali ke situs yang bermasalah tadi dan buka kembali.

Jika berhasil, maka situs tersebut akan terbuka tanpa adanya masalah your connection is not private yang muncul. Jaka sudah mencobanya dan cara tersebut berhasil mengatasi masalah your connection is not private.

4. Buka Situs dalam Mode Incognito

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan browser Google Chrome dalam mode Incognito. Mode Incognito adalah fitur mengakses internet dalam browser secara pribadi.

Karena mengedepankan privasi pengguna, jadi fitur ini juga meniadakan riwayat hasil pencarian, cookies, dan cache. Pokoknya, browser tidak akan menampung data apapun yang dimasukkan oleh pengguna.

Langkah 1 - Klik New Incognito Window

Cara Menghilangkan Your Connection Is Not Secure 8918f
  • Untuk bisa mengakses window Incognito baru, klik ikon tiga titik vertikal di bagian pojok kanan atas browser lalu pilih menu New Incognito Window.

Langkah 2 - Gunakan mode incognito

Cara Mengatasi Your Connection Is Not Secure D522e
  • Setelah itu, jendela Incognito yang berwarna gelap akan muncul. Kamu bisa membuka kembali situs yang ingin kamu akses yang bermasalah tadi.

5. Tunggu sertifikasi SSL situs pulih

Cara Mengatasi Your Connection Is Not Private Pada Google Chrome C6b5c

Masalah your connection is not private solusi lainnya adalah menunggu sertifikasi SSL hingga pulih. Kamu bisa melakukannya dengan mencoba mengunjungi situs tersebut dalam beberapa saat kemudian.

Sertifikat SSL yang diganti atau kadaluarsa pada sebuah situs memerlukan penanganan dari developer untuk diperbaiki. Seringkali pemilik situs tidak sadar akan hal tersebut.

Umumnya, proses ini hanya memakan waktu beberapa jam saja, namun dalam beberapa kasus langka bisa juga mencapai 2-4 hari. Kamu bisa mengecek validitas sebuah situs dengan cara klik ikon gembok yang ada di bagian url bar.

Akhir Kata

Demikian penjelasan Jaka tentang cara menghilangkan your connection is not private yang sering menjadi masalah saat kamu berselancar saat menggunakan browser, khususnya Google Chrome.

Semoga artikel Jaka bermanfaat untuk kalian, ya. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Frieda Isyana

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mengamankan Icloud
4 Cara Mengamankan iCloud dari Hacker, Sebelum Terlambat!
Backup Data Whatsapp Banner
Cara Backup WhatsApp ke Cloud Storage Lain (Dropbox, OneDrive, Box)
Kalender Hari Libur 2016
Begini Cara Melihat Hari Libur dan Tanggal Merah 2016 di Google Calendar
Masker Banner
Cara Membuat Masker Darurat Asap dengan Botol Aqua dan Coca-cola
Cara Mengetahui Pencuri Wifi Banner
Cara Mengetahui Siapa Saja yang Sedang Mencuri WiFi Kamu
1b37b1118f93961fea3f5e230a07ddcd
10 Cara Agar Laptop Tidak Cepat Rusak
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal