J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 Wujud Pertama Benda-Benda Teknologi Ketika Awal Diciptakan, Bikin Pangling!

              7 Wujud Pertama Benda-Benda Teknologi Ketika Awal Diciptakan, Bikin Pangling!

              00
              Minggu, 1 Sep 2019, 14:00 WIB
              Ternyata, benda-benda elektronik serta teknologi zaman sekarang memiliki bentuk yang sangat berbeda dengan ketika awal diciptakan

              Teknologi merupakan bagian penting dalam kehidupan kita. Coba saja ingat bagaimana respon masyarakat ketika fenomena mati lampu di beberapa provinsi terjadi beberapa minggu yang lalu.

              Teknologi yang kamu gunakan sekarang nggak tercipta dengan instan. Semua perlu proses dan inovasi yang bisa berjalan selama puluhan atau ratusan tahun.

              Siapa yang sangka kalau segala macam fitur yang dahulu dianggap sebagai teknologi mutakhir kini bisa tersematkan dalam smartphone kamu?

              Wujud Pertama 7 Benda-Benda Teknologi Ketika Awal Diciptakan

              Sadar atau nggak, teknologi canggih masa kini memiliki bentuk yang berbeda 180 derajat dengan ketika pertama kali diciptakan, geng.

              Contohnya saja, TV zaman dahulu memiliki layar yang kecil dan mesin yang besar di bagian belakang. Berbeda dengan sekarang di mana TV memiliki layar lebar dan mesin berukuran minimalis di dalam TV.

              Supaya lebih jelas, simak artikel Jaka mengenai wujud pertama 7 benda-benda teknologi ketika awal diciptakan. Check it out, geng!

              1. TV Pertama

              1 011e4

              Banyak yang meyakini kalau TV pertama yang pernah ada diciptakan oleh seorang penemu asal Skotlandia bernama John Logie Baird.

              John Logie Baird memiliki jasa dalam pengembangan televisi modern. Ia menjelaskan tentang bagaimana mekanisme televisi ciptaannya bekerja dan bagaimana TV akan menjadi benda penting di masa depan.

              John Logie Baird adalah orang pertama yang melakukan demonstrasi televisi ke publik. Televisi ciptaannya menciptakan gambar dengan pemindaian elektronik.

              Televisi John berhasil mengirimkan gambar berkedip dari jarak 10 kaki atau sekitar 3 meter pada tahun 1924. Selain itu, TV-nya mampu menangkap gambar dengan cahaya dan bayangan.

              2. Telepon Pertama

              2 17e85

              Telepon pertama kali diciptakan pada tahun 1876 oleh seorang penemu asal Amerika Serikat, Alexander Graham Bell. Telepon pertama dinamakan sesuai dengan penemunya yaitu Telepon Bell.

              Produk ini merupakan percobaan laboratorium. Jarum transmisi dan asam sulfat menghasilkan getaran suara ke penerima gelombang elektromagnetik.

              Meskipun begitu, banyak yang beranggapan bahwa penemu telepon sesungguhnya adalah Antonio Meucci dari Italia dan bukan Bell. Wah siapa ya yang benar?

              3. Radio Pertama

              3 40a66

              Meskipun kini penggemar radio sudah nggak sebanyak zaman dahulu, namun radio memiliki peranan sangat penting di dalam perkembangan media hiburan modern.

              Radio pertama diciptakan oleh Guglielmo Marconi, seorang penemu muda dari Italia. Marconi muda bereksperimen setelah mempelajari buku Heinrich Hertz mengenai gelombang.

              Percobaan-percobaan ini dengan gamblang mendemonstrasikan adanya gelombang elektromagnetik yang tak tampak oleh mata, bergerak lewat udara dengan kecepatan suara.

              Marconi memanfaatkan pengetahuannya tersebut dengan menciptakan radio dengan mengirimkan gelombang jarak jauh tanpa perlu menggunakan kawat.

              4. Handphone Pertama

              Hp Pertama 6089e

              Telepon menjadi penemuan yang sangat penting di abad ke-19. Pada abad ke-20, sudah saatnya inovasi baru muncul menggantikan penemuan lama.

              Salah satunya adalah penemuan handphone, geng. Handphone pertama diciptakan oleh peneliti dan eksekutif di Motorola bernama Martin Cooper pada tahun 1983.

              Handphone zaman dulu besar seperti batu bata, geng. Dengan tinggi 23 cm dan berat 1,1kg, handphone ini hanya bisa dipakai untuk telepon selama 30 menit saja.

              Kamu cuma bisa memasukkan 30 nomor dan membutuhkan waktu 10 jam untuk mengisi baterai hingga penuh. Ketika awal dirilis, HP ini berharga Rp50 juta.

              5. Komputer Pertama

              Komputer Pertama 01b31

              Komputer zaman sekarang memiliki ukuran beragam tergantung spesifikasi yang dimiliki. Berbeda dengan zaman dahulu saat komputer pertama kali diciptakan.

              Komputer pertama memiliki ukuran yang sangat besar, geng. Nggak tanggung-tanggung, komputer pertama memiliki ukuran sebesar ruangan.

              ENIAC atau Electronic Numerical Integrator Anda Computer adalah komputer pertama yang diciptakan oleh Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr untuk kepentingan militer Amerika Serikat.

              Komputer ini digunakan untuk memecahkan sandi-sandi rahasia yang digunakan oleh musuh ketika era perang dunia ke-2. Komputer ini diciptakan pada tahun 1945.

              6. Keyboard Pertama

              6 2575f

              Keyboard masa lalu nggak memiliki desain dan cara kerja seperti zaman sekarang yang disambungkan ke komputer. Bisa dikatakan, keyboard pertama adalah Mesin tik, geng.

              Nggak ada tanggal pasti kapan mesin tik diciptakan namun diperkirakan sekitar akhir 1700-an hingga awal tahun 1800-an.

              Namun, mesin tik pertama yang dipatenkan adalah ciptaan Christopher Sholes pada tahun 1868. Keyboard ini juga yang memperkenalkan sistem QWERTY pada penulisan.

              7. AC Pertama

              7 A31a6

              AC merupakan teknologi yang sehari-hari digunakan banyak orang di lingkungan perkotaan. Konsep pendingin udara sebenarnya sudah diciptakan oleh Michael Faraday pada tahun 1820.

              Konsep tersebut kemudian dikembangkan oleh Dr. John Gorrie yang menciptakan cikal bakal AC pada tahun 1842 untuk mendinginkan ruangan rumah sakit tempatnya bekerja.

              Ciptaannya kemudian dikembangkan oleh seorang insinyur bernama Willis Haviland Carrier yang kini disebut sebagai penemu AC modern seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di atas.

              Akhir Kata

              Demikian artikel Jaka mengenai wujud pertama 7 benda-benda teknologi ketika awal diciptakan. Berbeda banget ya, geng, dengan wujudnya sekarang.

              Sampai jumpa di artikel Jaka selanjutnya, ya, geng!

              Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal