J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Lisensi Windows yang Harganya Murah Itu Ori atau Nggak? Cek di Sini!

Lisensi Windows yang Harganya Murah Itu Ori atau Nggak? Cek di Sini!

Selasa, 17 Okt 2017, 12:30 WIB
Sistem operasi Windows memiliki tiga jenis lisensi. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

Windows adalah salah satu dari banyaknya sistem operasi yang digunakan oleh pengguna komputer di seluruh dunia. Sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini dikenal pengguna sebagai sistem operasi yang memiliki segudang fitur dan kelebihan yang mungkin tidak ada di sistem operasi lainnya. Selain itu, sistem operasi Windows juga memiliki tampilan user-friendly yang dapat sangat mudah dipahami oleh pengguna baru sekalipun.

Berbicara mengenai Windows, tentunya sistem operasi ini tidak bisa lepas dari yang namanya lisensi. Untuk menggunakan Windows dengan maksimal, tentu sebagai pengguna, kita harus membeli lisensi yang disediakan oleh Microsoft. Namun, ada satu hal yang terkadang menjadi pertanyaan, Windows yang harganya murah itu, ori nggak sih? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebelumnya kita harus mengetahui jenis-jenis lisensi Windows. Sebagaimana dikutip dari tenforums.com, sistem operasi milik Bill Gates ini memiliki tiga jenis lisensi. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

BACA JUGA
  • Word Flow, Keyboard Resmi dari Microsoft Khusus Buat Ngetik Satu Tangan
  • Berbagai Cara Mengubah PDF ke Word dari Gadget Kesayangmu, Mudah Banget!
  • Cara Membuka File PDF, PowerPoint, Excel dan Word di HP Android

Lisensi Windows yang Harganya Murah Itu Ori atau Nggak? Cek di Sini!

1. Retail

14438271a5e3ac97f01aceecfefc5246

Retail atau yang sering juga disebut FPP (Full Package Product) adalah salah satu jenis lisensi Windows. Lisensi ini bisa kamu dapatkan di Microsoft Store atau di toko retail yang menjualnya secara resmi. Biasanya, lisensi ini merupakan produk fisik, artinya kamu akan mendapatkan dusnya, DVD atau flashdisk, product key, dan lain-lain. Namun, jika membelinya via online, kamu hanya mendapatkan product key-nya saja.

Lalu, apa kelebihan dari jenis lisensi retail? Kelebihannya adalah lisensi ini dapat dipindahkan ke PC lain. Jadi, misalnya kamu ganti laptop atau dekstop, kamu masih bisa menggunakan lisensi ini tanpa ada kendala. Microsoft juga memberikan support penuh kepada lisensi ini. Jadi, jika ada-apa, bisa langsung hubungi CS Microsoft.

Namun, kekurangan dari jenis lisensi Retail adalah harganya yang mahal. Untuk Windows 10 Home saja dihargai sebesar Rp2.199.999,-. Namun, dengan harga segitu, kamu akan mendapatkan full support dari Microsoft.

2. OEM

E4a7e6b2e1150e292c796373cd36f4a3

OEM (Original Equipment Manufacture) adalah lisensi yang dikeluarkan oleh perusahaan vendor, di mana lisensinya sudah menempel pada hardware yang disediakan oleh vendor, baik itu laptop ataupun desktop PC. Lisensi ini juga bisa menjadi solusi hemat jika ingin menggunakan produk original dan legal karena kita tinggal memilih laptop atau desktop PC yang mendukung lisensi ini.

Namun, ada beberapa kekurangan dari lisensi ini. Ya, lisensinya tidak dapat dipindah-pindah karena sudah menempel atau tertanam pada hardware. Lisensi ini juga tidak support dari Microsoft, karena lisensinya dipegang secara penuh oleh vendor. Jadi, jika ada apa-apa, lapornya ke vendor, bukan ke Microsoft.

3. Volume

Be088b2a42745928cb50b5b20f7ae820

Terakhir, ada lisensi volume. Lisensi ini biasanya ditujukan kepada bidang bisnis atau perusahaan yang mempunyai PC dalam jumlah banyak. Microsoft akan menjual lisensi jenis ini kepada perusahaan sehingga dapat diinstal sekaligus ke banyak PC. Banyaknya berapa? Tergantung keputusan dari perusahaan dan Microsoft.

Nah, sekarang kembali lagi ke pertanyaan sebelumnya, Windows yang dijual murah, lisensinya ori atau tidak? Jawabannya, jika mengacu pada tiga jenis lisensi di atas, tentu jawabannya bukan retail, bisa jadi OEM atau Volume, atau bisa juga retail tapi dari hasil curian atau hacking.

Apakah ori? Jelas ori. Namun, sebenarnya legal atau ilegal? Legal karena Microsoft yang mengeluarkan lisensi tersebut. Ilegal karena lisensi OEM atau Volume tidak ditujukan kepada penggunaan pribadi. Lebih tepatnya, tidak etis karena menggunakan jalur yang tidak semestinya untuk mendapatkan Windows tersebut.

Nah, pada dasarnya semua lisensi Windows itu original, karena Microsoft sendiri yang mengeluarkan lisensi tersebut. Namun, yang membedakan hanyalah jalur untuk mendapatkannya saja, apakah sebagaimana mestinya atau tidak. Namun, semua itu kembali lagi ke pengguna, apakah mau menggunakan jalur yang semestinya atau tidak, karena semua itu adalah pilihan.

ARTIKEL TERKAIT
Situs Download Subtitle Indonesia E1149

8 Situs Download Subtitle Indonesia & Inggris Terbaik 2020

Channel Youtube Belajar Hacking Banner2

10 Channel YouTube Terbaik untuk Belajar Hacking Secara Gratis

Cara Cek Kuota Xl 2020 Dan Masa Aktifnya Banner A9118

4 Cara Cek Kuota XL & Masa Aktifnya Terbaru 2020 (Internet, SMS, Telepon)

Game Fps Terbaik 5aa13

20 Game Sniper Terbaik Android Paling Seru 2019 (Gratis)

Game Lokal Terbaik Di Android Banner

15 Game Lokal Terbaik Android Karya Anak Bangsa Indonesia 2017

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Ocean King Icon
Ocean King : Fishing Arcade 1.1
Games 88 Entertaiment
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal