J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              WhatsApp VS Telegram: Tinggalkan yang Ini, Pilih yang Itu

              WhatsApp VS Telegram: Tinggalkan yang Ini, Pilih yang Itu

              00
              Kamis, 24 Des 2015, 12:00 WIB
              Kejayaan WhatsApp mulai terusik oleh kehadiran layanan perpesanan serupa, namun dibekli fitur yang lebih menggoda, Telegram. Jika kita bandingkan antara WhatsApp VS Telegram, kamu akan pilih yang mana?

              Setelah diakuisisi Facebook pada Februari 2014 silam, pengguna WhatsApp telah tembus hingga 900 juta pengguna pada bulan September 2015 lalu. Namun, siapa sangka jika ternyata WhatsApp yang telah sedemikian besarnya ini mampu diusik oleh sebuah layanan perpesanan instan baru yang dirilis tahun 2013 lalu, Telegram. WhatsApp VS Telegram, siapa yang menurut kamu layak untuk dipilih?

              BACA JUGA
              • 3 Cara Menggunakan Dua WhatsApp dalam Satu HP 2019
              • Ini Dia Cara Mengetahui Apakah WhatsApp Kamu Diblokir Gebetan
              • 6 Fitur Baru WhatsApp yang WAJIB Kamu Coba

              Telegram memang dikenal karena layanan enkripsinya, sehingga tak heran jika sempat beredar kabar bahwa Telegram digunakan oleh ISIS untuk berkomunikasi secara rahasia dengan anggotanya. Bukan hanya keamanan enkripsi datanya, tampilannya yang sepintas mirip WhatsApp inilah yang membuat Telegram mampu mengusik kejayaan WhatsApp.

              WhatsApp VS Telegram

              Apa cuma masalah enkripsi data dan tampilannya saja yang membuat Telegram mampu mengusik WhatsApp? Nggak dong, masih banyak hal lainnya. Bahkan hal tersebut membuat WhatsApp memblokir pesan penggunanya jika mengetikan alamat web telegram. Benar-benar tanda persaingan yang ketat, kan?

              WhatsApp Messenger 2.19.46
              Apps Social & Messaging WhatsApp Inc.
              DOWNLOAD
              Telegram for Android 3.16.1
              Apps Social & Messaging Telegram
              DOWNLOAD

              1. Keamanan Pesan

              Berbeda dengan WhatsApp yang mengirimkan pesan melalui server, Telegram justru mengenkripsi pesan yang dikirimkan penggunanya dengan fitur Secret Chat. Pesan yang dikirim lewat Telegram tidak akan diketahui oleh server, karena bisa dienkripsi dan hanya bisa dibaca oleh penerima saja. Pesan yang dikirimkan lewat Telegram pun bisa dibekali dengan fitur self-destruct, agar pesannya bisa hilang dalam jangka waktu tertentu.

              Whatsapp-VS-telegram-5

              Mungkin karena alasan inilah kemudian beredar kabar bahwa ISIS menggunakan Telegram untuk berkomunikasi antar penggunanya. Karena itu artinya ISIS bisa merencanakan tindakan terorisme tanpa diketahui oleh server. Selain itu, jika penerima pesan yang melakukan screenshot terhadap pesan yang kita kirim, akan ada pemberitahuan pada pengirim pesannya.

              2. Kelengkapan Fitur

              Resmi dibekali dengan fitur panggilan suara, semakin banyak orang yang melakukan panggilan suara lewat WhatsApp. Jaka termasuk orang yang menggunakan WhatsApp untuk melakukan panggilan suara. Sangat disayangkan fitur panggilan suara ini tidak ada di Telegram.

              Whatsapp-VS-telegram-6

              Meski demikian, Telegram masih memiliki keunggulan lain dibandingkan WhatsApp. Di Telegram, kita bisa berkirim berbagai jenis file, baik itu dokumen teks, zip, atau file gambar GIF. Menariknya, batasan file yang bisa dikirimkan lewat Telegram tembus hingga 1,5 GB!

              3. Privasi Pengguna

              Seperti diketahui, WhatsApp adalah layanan perpesanan instan pertama yang memperkenalkan metode penambahan kontak langsung dari nomer telepon penggunanya. Itu artinya setiap pengguna yang mendaftarkan nomernya di WhatsApp secara otomatis akan bisa dihubungi oleh orang orang lain yang juga menggunakan WhatsApp. Hal ini kadang cukup mengganggu.

              Whatsapp-VS-telegram-8

              Telegram juga melakukan langkah yang sama dengan WhatsApp, namun bedanya Telegram menyediakan juga fitur username. Yang mana jika kamu tidak ingin orang lain mengetahui nomer kamu, kamu bisa memberikan mereka username Telegram milikmu. Nantinya kamu tetap bisa chat seperti biasa.

              4. Jumlah Pengguna

              Dengan angka pengguna yang mencapai 900 juta, menjadikan WhatsApp sebagai layanan perpesanan instan dengan basis pengguna terbesar di dunia. Tak heran jika kemudian kamu lebih mudah menemukan kontak pengguna WhatsApp dibandingkan pengguna Telegram. Kontak di smartphone Jaka saja hampir 75% merupakan pengguna WhatsApp, dan di antara mereka ada sekitar 20% yang juga menggunakan Telegram.

              Whatsapp-VS-telegram-4

              Meski demikian, kembali Telegram memiliki sisi unggul dibandingkan WhatsApp. Dengan angka pengguna yang sebegitu besar, WhatsApp membatasi jumlah anggota suatu grup hanya hingga 100 orang. Sementara Telegram mengizinkan penggunanya untuk membuat grup dengan anggota hingga 200 orang. Bahkan jika dirasa tidak cukup, Telegram menyediakan fitur Supergrup untuk mengundang hingga 1000 pengguna dalam 1 grup.

              Whatsapp-VS-telegram-3

              5. Ekosistem Aplikasi

              Bicara ekosistem aplikasi, WhatsApp sudah pasti menjadi juaranya. Gimana nggak, WhatsApp telah menjadi aplikasi favorit yang tersedia di banyak platform. WhatsApp tersedia bagi pengguna Android, iPhone, BlackBerry (OS dan BB10), Windows Phone, Nokia S40, hingga Symbian. Tak heran jika kemudian jumlah pengguna WhatsApp mampu sebesar itu. Ditambah lagi, WhatsApp sekarang sudah bisa digunakan di desktop PC dalam bentuk WhatsApp Web. Sayangnya, untuk penggunaan di desktop PC masih belum dalam bentuk aplikasi, hanya web portal.

              Whatsapp-VS-telegram-2

              Sementara Telegram yang baru tersedia bagi pengguna Android, iOS, dan Windows Phone, tidak mau tertinggal oleh WhatsApp. Untuk layanan desktop PC, Telegram juga menyediakan layanan web portal seperti halnya WhatsApp. Telegram sukses mengungguli WhatsApp karena telah memiliki aplikasi untuk di jalankan di desktop PC.

              Whatsapp-VS-telegram

              6. Biaya Layanan

              Siapa yang tidak suka gratisan? Bagi penyuka gratisan seperti Jaka, maka Telegram layak untuk dipilih karena Telegram tidak memungut biasa sepeser pun untuk semua layanannya! Keren kan? Mengingat WhatsApp hanya gratis di tahun pertama, dan tahun berikutnya harus membayar Rp 12.000,- per tahun.

              Whatsapp-VS-telegram-7

              7. Layanan Pendukung

              Ada yang menarik dari Telegram, yaitu layanan Jaconda. Jaconda merupakan chatbot milik Telegram yang bisa dijadikan sebagai asistem pribadi untuk mencari gambar atau informasi tertentu langsung dari Telegram. Untuk menyaingi Jaconda, kabarnya WhatsApp juga tengah mengembangkan layanan chatbot-nya.

              Whatsapp-VS-telegram-9

              Bukan hanya Jaconda, Telegram juga unggul karena memiliki fitur sticker. Kerennya lagi, kamu bisa membuat sticker sendiri dengan dibantu oleh chatbot Stickers. Apa di antara kamu ada yang pernah membuat sticker di Telegram?

              Itu tadi beberapa perbandingan antara WhatsApp dengan Telegram. Jika melihat statistik yang Jaka berikan, jelas Telegram jauh lebih unggul dibandingkan WhatsApp. Namun demikian, Jaka termasuk pengguna yang lebih banyak menggunakan WhatsApp dibanding Telegram.

              Nah, kamu pilih mana, WhatsApp atau Telegram? Yang mana yang akan kamu tinggalkan dalam waktu dekat ini? Share sama Jaka ya!

              APPS TERKAIT
              WhatsApp Messenger 2.19.46
              Apps WhatsApp Inc.
              Telegram for Android 3.16.1
              Apps Telegram
              Telegram for Desktop 0.9.51
              Apps Telegram
              Disa 0.9.4
              Apps Disa.im
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal