J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Menggunakan WhatsApp Business Web & Fiturnya, Mudah No Ribet!

Cara Menggunakan WhatsApp Business Web & Fiturnya, Mudah No Ribet!

Minggu, 30 Agt 2020, 07:00 WIB
WhatsApp Business Web bisa kamu gunakan untuk mengelola bisnis kamu di laptop atau PC. Ketahui cara menggunakan WA Business Web di artikel ini.

WhatsApp kini sudah menjadi salah satu aplikasi chatting terbaik yang digunakan sebagian besar orang di dunia.

Sekarang, kamu juga bisa memanfaatkan WhatsApp untuk mengelola bisnis kamu lho, geng. Caranya dengan menggunakan Whatsapp Business, yang bukan hanya bisa dipakai di aplikasi, tapi juga web.

Apa sih Whatsapp Business Web itu? Kali ini Jaka bakalan membahas secara lengkap tentang cara menggunakan WhatsApp Business Web beserta fitur-fiturnya.

Fitur dan Cara Menggunakan WhatsApp Business Web

Whatsapp Business Dark Mode 2df5d

WhatsApp Business tersedia dalam aplikasi maupun versi Web. Kamu bisa menggunakannya untuk mengelola bisnis kamu yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi dengan pembeli.

Aplikasinya bisa diunduh sendiri dan terpisah dengan WhatsApp pribadi, geng. Jadi kamu nggak perlu khawatir akan urusan pribadi dan bisnis kamu tercampur aduk.

Apa Itu WhatsApp Business Web?

Berbeda dengan WhatsApp pribadi, WhatsApp Business adalah sebuah aplikasi mandiri yang menyasar para pemilik bisnis atau usaha kecil.

Dengan WhatsApp Business, interaksi dengan pembeli yang dilakukan akan lebih mudah dan teratur. Bahkan nggak perlu mencari admin untuk membalas pesan-pesan tiap hari, WhatsApp Business menyediakan sarana membalas pesan otomatis.

WhatsApp Business yang dirilis secara resmi tahun 2018 lalu memiliki logo yang berbeda dengan WhatsApp pribadi. Sebagai ganti logo telepon, tertera logo huruf B yang besar di tengah bubble berwarna hijau.

Karena ditujukan untuk pemilik usaha, WhatsApp Business mewajibkan kamu untuk mengisikan detail informasi profil perusahaan.

Kamu bisa memberikan informasi waktu layanan, deskripsi hingga alamat perusahaan. Sayangnya, sekali memasukkan nama bisnis atau perusahaan, kamu tidak bisa mengubahnya sejak pertama kali dimasukkan.

Kamu bisa memilih kategori bisnis yang sedang kamu jalankan. Jika pilihan kategorinya tidak ada, kamu bisa memilih opsi Others.

WhatsApp Business tersedia untuk pengguna HP Android dan juga iOS.

Kamu juga bisa menggunakan Whatsapp Business Web melalui PC. Untuk cara menggunakannya, Jaka akan membahasnya lebih lengkap lagi di artikel ini.

Fitur WhatsApp Business Web

WhatsApp Business Web ataupun aplikasi memiliki fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) atau rumahan, sehingga tidak bisa digunakan oleh perusahan besar.

Nah, apa saja fitur-fitur WhatsApp Business Web? Kamu bisa melihat selengkapnya pada ulasan Jaka berikut ini:

1. Business functionality

Wa Business Web Fb7af
Sumber foto: whatsapp.com/business

Dengan menggunakan profil dalam WhatsApp Business Web, kamu bisa memberikan informasi penting mengenai bisnis kamu pada pelanggan atau pembeli.

Informasi itu termasuk lokasi usaha, jam buka, alamat website, dan nomor telepon. Kamu bisa meyakinkan pembeli dengan memberi centang hijau pada usaha kamu, namun WhatsApp hanya memberikannya pada usaha tertentu.

Kamu juga bisa menambah sejumlah alamat media sosial yang sudah terintegrasi seperti Facebook atau Instagram untuk memudahkan kamu mengelola bisnis atau usaha kamu.

2. Marketing Automation

Whatsapp Business B1689
Sumber foto: whatsapp.com/business

Kalau kamu nggak ingin mempekerjakan seseorang untuk menjawab pesan WhatsApp yang masuk ke dalam akun kamu selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu alias merekrut admin, kamu bisa menggunakan WhatsApp Business Web for PC.

Kamu bisa mengaturnya dalam WA Business web dengan mudah. Kamu bisa mematikan atau menyalakannya bergantung pada rentang waktu yang kamu tentukan.

Kamu bisa mengirimkan pesan otomatis untuk menyapa pelanggan baru, sehingga menghemat waktu dan usaha berharga di bisnis kamu.

3. Quick Auto-Replies

Whatsapp Business Bisnis 679de
Sumber foto: whatsapp.com/business

Membuka bisnis online menjanjikan tentunya akan mendapatkan banyak pesan yang masuk dari para calon pembeli dan butuh respons cepat.

Umumnya pertanyaan yang disampaikan sama, sehingga kamu bisa mengatur balasan cepat alias quick replies. Kamu bisa membuat sendiri format balasannya dan kamu bisa menghemat waktu.

Untuk penggunaan aplikasi ponsel Whatsapp Business, balasan cepat tidak hanya terbatas pada teks saja, tapi kamu juga membalas menggunakan gambar, GIF, atau video. Namun fitur ini belum tersedia di WhatsApp Business Web.

4. Chat-Labels

Wa Business Web Pc 5c9ab
Sumber foto: whatsapp.com/business

Fitur yang memudahkan lainnya dari WhatsApp Business Web adalah kamu bisa menandai percakapan dengan para calon pembeli dengan label berbagai warna.

Dengan begitu, kamu bisa mengkategorisasi percakapan secara bertema dan tahu topik apa yang sedang ada dalam percakapan tersebut. Sehingga kamu tidak lagi melewatkan percakapan penting dengan para calon pembeli.

Misalnya label seperti "Pesanan Baru" atau "Pelanggan Baru" yang sudah disediakan oleh WhatsApp, dan beberapa label lain yang bisa kamu buat sendiri.

5. Analytics options

Whatsapp Business Pc 28940
Sumber foto: whatsapp.com/business

Nggak perlu ribet-ribet membuat statistik secara manual karena Whatsapp Business Web sudah menyediakannya untukmu. Kamu juga bisa mengaksesnya melalui versi Web dengan mudah saat kamu hendak melihat statistik bisnis kamu.

Kamu bisa dengan mudah menganalisis kesuksesan upaya yang sudah kamu lakukan dalam pemasaran bisnis. Namun fitur ini masih cukup dasar karena kamu hanya bisa melihat jumlah pesan yang terkirim, diterima, dan dibaca.

Meski belum lengkap, setidaknya dari jumlah tersebut kamu bisa memperkirakan seberapa berhasil usaha pemasaran kamu dan juga sukses penjualan bisnis kamu.

Cara Menggunakan WhatsApp Business Web

Sebenarnya cara menggunakan WhatsApp Business Web nggak jauh beda dari cara menggunakan WhatsApp Web pada akun pribadi biasa. Namun tentunya, setelah kamu login fitur yang tampil akan berbeda.

Kalau kamu baru pertama kali menggunakan WhatsApp Business Web, ingat bahwa kamu tidak bisa menggunakan nomor yang sama untuk WhatsApp pribadi dan bisnis.

Berikut cara menggunakan WhatsApp Business Web dengan mudah di PC kamu:

Langkah 1 - Masuk ke WhatsApp Web

Wa Web 28558
  • Untuk bisa menggunakan WhatsApp Business Web, terlebih dahulu kamu perlu memiliki akun WhatsApp Business dan juga aplikasinya. Jika belum, kamu bisa mengunduhnya di link berikut ini:
Whatsapp Business Icon
WhatsApp Business 2.18.8
Apps Productivity WhatsApp Inc.
DOWNLOAD
  • Setelah itu, kamu perlu masuk ke laman WhatsApp Web untuk melakukan proses WhatsApp Business Web login. Masuk ke laman Whatsapp Web di sini.

Langkah 2 - Scan Code QR

  • Langkah selanjutnya, buka aplikasi WhatsApp Business kamu di ponsel dan klik titik tiga di kanan atas dan pilih WhatsApp Web.
Whatsapp Business For Pc 7e134
  • Setelah itu scan code QR yang ada di PC kamu menggunakan ponsel, tunggu sampai tampilan web di PC berubah.

Langkah 3 - WhatsApp Business Web bisa digunakan

Wsapp Business A1488
Sumber foto: techcrunch.com
  • Setelah tampilan WhatsApp Web di PC kamu berubah seperti di atas, maka kamu bisa menggunakan WhatsApp Business Web PC. Dengan mudah kamu bisa mengelola bisnis kamu nggak hanya di ponsel tapi juga menggunakan PC/Laptop kamu.

Akhir Kata

Dengan menjamurnya bisnis rumahan di masa sekarang, hadirnya WhatsApp Business tentu sangat membantu menghemat waktu dan juga tenaga pada pemilik bisnis kecil atau rumahan.

WhatsApp Business Web akan memudahkan kamu untuk menggunakan akun WhatsApp Business kamu di PC/Laptop, nggak hanya di ponsel kamu. Cara menggunakannya pun cukup mudah, dan kamu akan bisa menikmati beberapa fitur yang sama seperti di versi aplikasi.

Semoga artikel Jaka kali ini bermanfaat ya. Selamat mencoba dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Frieda Isyana

ARTIKEL TERKAIT
Backup Data Whatsapp Banner

Cara Backup WhatsApp ke Cloud Storage Lain (Dropbox, OneDrive, Box)

57d5d995047c469dc9be074de1cac7a5

WhatsApp Business Vs. WhatsApp Messenger: Mana yang Lebih Berguna?

Aplikasi Chatting Alternatif Banner Bd316

10 Aplikasi Chatting Alternatif Terbaik Saat WhatsApp Tumbang!

Tantangan Untuk Teman Di Wa Ef165

10 Game WhatsApp Buat Teman dan Pacar, Bikin Chatting Makin Seru!

Cara Nonton Status Whatsapp Tanpa Diketahui

100% Ampuh! Begini Cara Nonton Status WhatsApp Tanpa Diketahui

10 Whatsapp Mod Apk Dengan Fitur Terbaik 2020 Fiturnya Segudang 12789

13 WhatsApp MOD APK dengan Fitur Terbaik 2020, Anti Banned!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI

Tidak Bisa Login WhatsApp Web? Tenang Ini Cara yang Bisa Kamu Lakukan

WhatsApp Web (WA Web): Download & Cara Menggunakan WA di Laptop

WhatsApp Web (WA Web): Download & Cara Menggunakan WA di Laptop

Cara Mengetahui Siapa yang Sering Dihubungi Pacar di WA, Selingkuhan?

Cara Mengetahui Siapa yang Sering Dihubungi Pacar di WA, Selingkuhan?

Download WhatsApp Plus 10.20 APK Terbaru 2020, WhatsApp Lebih Asik!

Download WhatsApp Plus 10.20 APK Terbaru 2020, WhatsApp Lebih Asik!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal