J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Waspada Penipuan Online Menjelang Natal

Rabu, 11 Des 2013, 11:00 WIB
Waspada Penipuan Online Menjelang Natal yang semakin marak dan kenali modusnya agar tidak menjadi korban.

Hari Raya Natal sudah dekat dan bagi kamu pengguna Internet, disarankan untuk berhati-hati. Pasalnya, penipuan lewat internet akan mulai beraksi. Apa saja modus penipuan online menjelang Natal ini?

Berbagai trik dan tipu daya digunakan para penipu untuk memperoleh keuntungan dari korbannya. Hal ini biasanya sering muncul menjelang Hari Raya karena kebanyakan orang menjadi kurang waspada dan rentan menjadi korban penipuan.

Kami berikan beberapa tips untuk tetap waspada

Penipuan Giveaway di Social Media

Penipuan Online Giveaways
Bagi kamu yang sering menghabiskan waktu di social media, terutama Facebook, berhati-hatilah ketika menemukan link, bahkan jika link tersebut di-share oleh teman terdekatmu. Mungkin bukan orang tersebut yang ingin melakukan penipuan, tetap bisa jadi akun Facebooknya telah di-hack.

Menjelang hari raya, kamu bakal melihat banyak yang membagikan giveaway, gift card dan produk secara gratis dimana yang perlu kamu lakukan adalah klik link dan menjawab pertanyaan atau mengisi beberapa data yang diperlukan.

Website semacam ini akan mencuri data pribadi kamu dan mengirimkan spam atau menjual data kamu ke perusahaan lain yang bakal mengirimkan spam. Parahnya, ada juga website yang mencuri data kartu kredit atau menginstall malware kedalam komputer kamu. Waspadalah hindari klik link semacam ini. Jika kamu benar-benar tertarik, ada baiknya kamu mencari informasi resmi mengenai event tersebut, baik melalui Google atau Fanpage resmi dan website resmi perusahaan tersebut.

Email Notifikasi Belanja

Penipuan Online Email Notification
Di bulan November, Desember dan Januari akan ada banyak orang yang mengunjungi website online shopping untuk mencari berbagai promo dan diskon, yang artinya akan ada banyak barang yang dikirimkan, sehingga para penipu mengambil kesempatan ini untuk mengirimkan berbagai email belanja palsu.

Biasanya di dalam email ini, para penipu menyebutkan adanya masalah dalam pengiriman barang dan meminta kamu login untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Kamu bakal diminta untuk klik link di dalam email (link palsu) untuk memasukkan username dan password untuk akun online yang kamu miliki.

Jangan pernah klik link yang ada didalam email. Lebih baik kamu buka website yang dianggap bermasalah tersebut, kemudian login dan cari tahu apakah permasalahan tersebut memang ada. Biasanya, akan ada notifikasi atau pesan didalam akun kamu atau jika kamu ingin lebih aman, hubungi langsung Customer Service melalui email atau telepon yang bisa diperoleh dari website resmi.

Waspadalah cek keaslian email peringatan seperti ini sebelum menjalankan berbagai hal yang diminta.

Penipuan Amal Online

Penipuan Online Charity
Menjelang hari raya Natal, mungkin kamu merasa ingin memberikan sumbangan atau beramal bagi yang membutuhkan. Hal ini tentunya sesuai dengan semangat Natal untuk saling berbagi. Namun, terdapat banyak pihak yang ingin memanfaatkan kemurahan hati manusia untuk kepentingan pribadi. Jika kamu ingin memberikan amal secara online melalui lembaga atau organisasi, pastikan dulu keamanan dan keasliannya. Tetap waspada dan lakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan lembaga yang kamu pilih untuk beramal. Pastikan lembaga tersebut memiliki reputasi yang baik dan sama seperti tips diatas, jangan pernah klik link amal.

Waspadalah lakukan riset melalui search engine dan masukkan alamat website secara manual untuk menghindari link palsu/ fake link.

Aplikasi Malware Phising

Penipuan Online App Phising
Seperti komputer, smartphone rentan terhadap malware dan virus. Tentunya tidak mengherankan mengingat saat ini smartphone adalah versi kecil dari komputer yang dapat menjalankan berbagai program dan proses.

Menjelang hari raya, para penipu akan mencoba untuk membuat aplikasi belanja palsu di berbagai app store untuk membuat para pengguna smartphone memasukkan data pribadi mereka. Parahnya, para pengguna bisa juga dimintai informasi finansial seperti internet banking dan kartu kredit.

Waspadalah dan hanya download aplikasi yang sudah memiliki reputasi bagus, dengan banyak review positif. Jika kamu ingin menggunakan aplikasi shopping, pastikan kamu menggunakan aplikasi resmi dan jangan lupa untuk selalu update antivirus kamu.

E-Card dari Orang Tak Dikenal

Penipuan Online Christmas E Card
E-Card sudah ada di dunia internet sejak lama. Saat ini, tidak jarang para penipu menggunakan E-card untuk menjalankan modus penipuannya. Biasanya, email seperti ini akan mengirimkan E-Card yang harus diakses dengan klik link didalam email.

Waspadalah..jangan buka E-Card dari orang yang tak dikenal.

Kamu tahu modus penipuan online lainnya? Atau ingin bagi tips agar tidak tertipu? Silakan share disini.

Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

360 Security Antivirus Boost Icon
360 Security - Antivirus Boost
Apps Antivirus & Security Qihu 360 Software Co.
DOWNLOAD
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Mudahnya Mencari Data Diri Orang di Internet!
Mudahnya Mencari Data Diri Orang di Internet!
Tips Belanja Online yang Aman
Tips Belanja Online yang Aman
Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Adf.ly
Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Adf.ly
Waspada, Kebiasaan Buruk Menggunakan Smartphone Bisa Berbahaya!
Waspada, Kebiasaan Buruk Menggunakan Smartphone Bisa Berbahaya!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal