Cara Daftar Volunteer FIFA untuk Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, Butuh 1.500 Orang!

Default

Volunteer FIFA untuk perhelatan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia memiliki peran penting dalam menyukseskan ajang tersebut. Kamu bisa ikut berpartisipasi pada gelaran Piala Dunia U-20 dengan menjadi volunteer atau relawan FIFA!

FIFA U-20 World Cup atau Piala Dunia U-20 2023 yang merupakan edisi ke-23 akan digelar di Indonesia. Seperti acara-acara besar lainnya, turnamen sepak bola antar negara untuk kelompok umur di bawah 20 tahun ini membutuhkan banyak relawan.

FIFA melalui induk organisasi sepak bola Indonesia, PSSI, mencari sekitar 1.500 relawan yang akan ditempatkan di area fungsional seperti stadion, tempat latihan, bandara, dan hotel untuk membantu mewujudkan turnamen dua tahunan ini.

Tertarik untuk menjadi bagian dari momen bersejarah yang akan berlangsung mulai 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang? Simak persyaratan dan cara mendaftar volunteer FIFA Piala Dunia U-20 2023 Indonesia berikut!

Syarat Jadi Volunteer FIFA Piala Dunia U-20 2023

Syarat Jadi Volunteer FIFA Piala Dunia U 20 2023
Sumber foto: FIFA - Volunteer FIFA Piala Dunia U-20 2023

Volunteer atau relawan Piala Dunia U-20 2023 memberikan bantuan kepada peserta, penonton, staf, dan Komite Panitia Lokal di berbagai bidang. Relawan juga diminta untuk berkomitmen berkontribusi dalam penyelenggaraan acara dengan rasa bangga dan hormat.

Apa saja persyaratan untuk menjadi volunteer FIFA di Piala Dunia U-20 2023? Mengutip laman resmi PSSI, simak selengkapnya di bawah ini:

  • Berumur 18 tahun atau lebih pada tanggal 20 Maret 2023.

  • Tinggal di Indonesia.

  • Mampu berbicara Bahasa Inggris minimal level intermediate; lancar berbicara Bahasa Indonesia.

  • Hadir selama turnamen (20 Mei - 11 Juni 2023).

  • Sanggup menyelesaikan proses wawancara dan menghadiri seluruh sesi latihan.

  • Bertanggung jawab dan antusias.

  • Berkomitmen untuk berkontribusi dalam penyelenggaraan acara global besar dan mewakili FIFA U-20 World Cup Indonesia 2023 dengan bangga dan hormat.

Pendaftaran program relawan FIFA untuk Piala Dunia U-20 2023 sudah dibuka sejak 5 Desember 2022 dan akan ditutup paling lambat pada 5 Februari 2023. Program ini terbuka untuk semua orang dari semua latar belakang untuk mendaftar.

Cara Daftar Volunteer FIFA Piala Dunia U-20 2023

Cara Daftar Volunteer FIFA Piala Dunia U 20 2023
Sumber foto: FIFA - Volunteer FIFA Piala Dunia U-20 2023

Banyak orang yang ingin ambil bagian pada acara besar berskala internasional, termasuk gelaran Piala Dunia U-20 kali ini. Bagi masyarakat Indonesia yang ingin mendapat pengalaman berharga, menjadi relawan FIFA di turnamen ini adalah kesempatan besar.

Bagaimana cara mendaftar volunteer FIFA di Piala Dunia U-20 2023? Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Buka browser dan akses tautan ini.

  2. Isi nama alamat email dan password.

  3. Tulis nama depan sesuai KTP atau paspor.

  4. Tulis nama belakang sesuai KTP atau paspor.

  5. Pada kolom date of birth, isi tanggal lahir.

  6. Isi nomor ponsel disertai kode negara.

  7. Klik I hereby agree with Terms of Service dan captcha.

  8. Klik Submit dan selesai.

Selanjutnya, kamu akan mendapatkan tautan verifikasi akun yang dikirim ke alamat email terdaftar. Tautan ini kemudian kamu klik untuk bisa masuk ke halaman FIFA Volunteer Community. Lalu, pilih menu Tournament dan buka U20 World Cup 2023 Indonesia.

Selanjutnya, isi formulir pendaftaran relawan dengan lengkap. Kamu juga harus mengunggah foto berwarna dan kartu identitas. Jika sudah semua, kirimkan formulir dan tunggu pemberitahuan untuk proses selanjutnya.

Posisi & Tugas Volunteer FIFA Piala Dunia U-20 2023

Posisi Tugas Volunteer FIFA Piala Dunia U 20 2023
Sumber foto: FIFA - Volunteer FIFA Piala Dunia U-20 2023

Rekrutmen relawan Piala Dunia U-20 2023 yang membutuhkan setidaknya sekitar 1.500 orang tentu akan terbagi ke dalam berbagai posisi dengan tugas masing-masing. Melansir laman resmi FIFA, ini posisi-posisi dengan tugasnya masing-masing yang akan dijalankan.

1. Layanan Penonton

Melayani penonton secara langsung. Ditempatkan di stadion pertandingan untuk dapat mengarahkan penonton pada tempat duduk, letak, memberikan informasi, serta validasi tiket.

2. Akreditasi

Bekerja mulai seminggu atau lebih sebelum acara dilakukan. Tugasnya membuat kartu akreditasi yang berfungsi sebagai identifikasi foto bagi para pekerja dan relawan pada acara.

3. Hak Pemasaran

Melakukan promosi dan melindungi hak branding sponsor FIFA, termasuk membantu kegiatan pemuda setempat, upacara pra-pertandingan, dan memantau aktivitas pemasaran di tempat.

4. Komunikasi

Bertanggung jawab mengumpulkan konten selama turnamen, mengidentifikasi cerita potensial untuk media lokal, dan sosial serta memproduksi materi komunikasi. Skill yang dibutuhkan adalah desain grafis, menulis, dan fotografi.

5. Manajemen Kompetisi

Bertugas untuk persiapan dan menjalankan setiap pertandingan seperti pengaturan ruang ganti, area kompetisi, dan persiapan materi pertandingan.

6. Penanggung Jawab Tamu

Bertanggung jawab atas tamu VIP turnamen dan memastikan mereka nyaman dan aman. Tugasnya termasuk menyambut tamu VIP, memberikan informasi dan arahan, serta membantu mencari tempat duduk mereka.

7. IT

Bertugas memfasilitasi, mendukung, dan memimpin bagian teknologi, alat, dan sumber daya pada semua tempat pertandingan dan pelatihan serta memperbaiki masalah konektivitas, jaringan, dan konfigurasi.

8. Media

Semua aktivitas yang berhubungan dengan media, termasuk tribun media dan area konferensi pers, zona campuran, sebelum dan sesudah pertandingan, dan aktivitas media di lapangan.

9. Layanan Medis - Pengontrol Doping

Bertanggung jawab untuk melakukan tugas penting tes kontrol doping untuk pemain. Peran ini melibatkan kontak dekat dengan pemain, dan profesionalisme adalah yang terpenting.

10. Keamanan dan Keselamatan

Bertanggung jawab atas keamanan tempat menjelang dan hari pertandingan. Peran penting ini membantu memastikan keamanan semua orang yang berpartisipasi dalam turnamen.

11. Layanan Tim & Wasit

Bertugas menjaga semua Asosiasi Anggota yang Berpartisipasi (PMA) dan Wasit selama turnamen.

12. Tiket

Bertanggung jawab membantu penonton dengan masalah terkait tiket seperti membantu menyelesaikan masalah apa pun dengan tiket mereka atau mengarahkan penonton ke gerbang dan sesuai tempat duduk.

13. TV Operations & Broadcast Services

Bertanggung jawab memberikan layanan dan infrastruktur yang diperlukan kepada Penyiar Host dan Penerima Lisensi Hak Media untuk memastikan produksi TV, layanan TV, dan output konten kompetisi berstandar kelas dunia.

14. Manajemen Relawan

Menjaga semua relawan, termasuk mengelola Pusat Relawan, distribusi voucher makan, proses check-in/check-out relawan, dan mengatur permainan dan aktivitas untuk memastikan semua relawan memiliki pengalaman yang tak terlupakan.

15. Operasi Transportasi

Bertanggung jawab atas pengoperasian transportasi di lokasi di setiap stadion, tempat pelatihan, hotel resmi, dan bandara. Memastikan bahwa semua pemangku kepentingan dapat mengakses tempat mereka dan tiba dengan selamat.

16. Safeguarding

Departemen Pengamanan dan Perlindungan Anak mengawasi penerapan Strategi Pengamanan di Kompetisi selama hari pertandingan untuk memastikan pertandingan dan pergelaran turnamen sepak bola yang aman bagi semua orang yang bebas dari segala bentuk pelecehan, kekerasan, penelantaran, atau eksploitasi.

Berapa Gaji Volunteer FIFA Piala Dunia U-20 2023?

Berapa Gaji Volunteer FIFA Piala Dunia U 20 2023
Sumber foto: FIFA - Volunteer FIFA Piala Dunia U-20 2023

Apakah volunteer atau relawan FIFA akan mendapat bayaran sebagai imbalan? Sayangnya, hingga saat ini belum ada informasi resmi terkait hal tersebut. Mengingat bertindak sebagai relawan, mereka yang terlibat artinya tidak menerima bayaran.

Meski begitu, untuk menghargai kerja volunteer mereka akan menerima konsumsi, penggantian uang transportasi, dan seragam yang digunakan saat bertugas nanti. Besaran biaya penggantian uang transportasi untuk volunteer Piala Dunia U-20 belum diketahui.

Akhir Kata

Itulah cara mendaftar volunteer FIFA untuk Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia yang dijamin akan memberimu pengalaman tak ternilai. Kamu bisa jadi bagian penting untuk membantu mewujudkan turnamen FIFA yang digelar di Indonesia.

Pendaftaran program relawan FIFA untuk Piala Dunia U-20 2023 ini terbuka untuk semua orang dari semua latar belakang. Jadi, buat kamu yang merasa sudah memenuhi persyaratan di atas, silakan mencoba peruntungan!

Baca juga artikel Cara Daftar Paket Nelpon Telkomsel, Cara Root HP, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Mempercepat Jaringan 1dbf0
10 Aplikasi Mempercepat WiFi dan Jaringan Internet, Stabil & Ngebut!
Vpn Pc Terbaik 5b648
12 Aplikasi VPN PC Terbaik & Anti Blokir 2021 | Internetan Sepuasnya!
Cara Internet Gratis B6a81
Kumpulan Cara Internetan Gratis Sepuasnya Terbaru, Solusi Gak Punya Kuota!
12 Aplikasi Internet Gratis Android Terbaik 2020 Penolong Di Tanggal Tua 1b6a7
12 Aplikasi Internet Gratis untuk Semua Operator, Gak Butuh Kuota!
Banner Wifi 39d2c
23 Aplikasi Pembobol WiFi Terampuh 2023 & Gratis, Bisa untuk Android + PC!
Peyimpanan Cloud Aman Banner
Benarkah Menyimpan Data di Cloud Itu Aman dan Apa Keuntungannya?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal