J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Update Terbaru Fitur Google Search, Mencari Informasi Makin Mudah dan Akurat!

Rabu, 30 Okt 2019, 13:00 WIB
Supaya tetap relevan dengan zaman, Google Search terus mendapatkan update yang diharapkan dapat terus mengimbangi informasi yang semakin beragam.

Siapa di sini yang hidupnya belum pernah sekalipun bergantung pada Google? Pasti nggak ada pembaca Jalantikus yang nggak pernah pakai Google ya, geng.

Salah satu produk Google yang paling sering digunakan orang adalah Google Search. Produk Google yang satu ini bakal menjawab hampir semua pertanyaan yang kita miliki.

Setiap kamu melakukan pencarian, ada ribuan bahkan jutaan situs yang memiliki informasi yang kamu cari. Google bakal menentukan informasi mana yang paling relevan dengan pencarianmu.

Cara Kerja Google Search dalam Menata Informasi

1 93d0e

Sama seperti manusia yang selalu berkembang, Google juga selalu memberi update supaya tetap relevan. Hal ini bertujuan agar Google tetap menjadi mesin pencari unggulan semua orang.

Internet mirip seperti perpustakaan yang berisi miliaran buku, hanya saja nggak terarsip secara terpusat. Untuk mengatasinya, Google menggunakan software yang disebur web crawler.

Web Crawler berfungsi untuk menelusuri semua link-link yang ada di sebuah halaman. Setelah itu, web crawler bakal mengirim data ke server Google kembali.

Data yang dikirimkan web crawler ke server Google bakal dianalisa oleh Google. Sinyal-sinyal penting seperti kata kunci dan keaktualan informasi dicatat dan dilacak di indeks penelusuran.

Hal tersebut lah yang membuat kamu bisa mencari informasi apapun secara akurat dari Google search, geng. Meskipun terlihat simpel, namun prosesnya ribet banget karena melibatkan jutaan hingga miliaran data.

Fitur Google Search yang Memudahkan Penelusuran Informasi

2 Abd61

Google kurang lebih sudah hadir di dunia semenjak 20 tahun yang lalu. Nggak terbayang seberapa banyak informasi yang disimpan dan dicari melalui Google selama 20 tahun terakhir.

Setiap harinya terdapat miliaran orang yang melakukan penelusuran informasi di Google. Sekitar 15% dari penelusuran tersebut merupakan informasi unik yang belum pernah dicari sebelumnya.

Saat menelusuri informasi, Google bakal bekerja secepat mungkin untuk mencari informasi yang tepat buatmu. Bentuk informasi tersebut nggak cuma web saja, geng.

Belum lama ini, Google juga baru saja mengenalkan teknologi terbarunya yang bernama Bidirectional Encoder Representations from Transformers atau disingkat BERT.

Teknologi ini bakal mengoptimalkan kerja Google dalam memahami konteks dari rangkaian kata yang dipakai pengguna dalam melakukan pencarian.

Seiring berjalannya waktu, Google juga memberikan update fitur-fitur baru yang bakal memudahkanmu untuk mencari informasi dengan lengkap, cepat, dan seakurat mungkin.

Beberapa fitur tersebut antar lain:

1. Panel Info

3 5d833

Panel Info bakal memudahkan kamu dalam mencari informasi tanpa perlu membuka link yang muncul di Google Search satu per satu.

Panel Info biasanya akan muncul di sebelah kanan layar dan berisi informasi generik mengenai hal yang kamu cari dengan praktis.

Google membuat grafik pengetahuan yang akan menunjukkan hubungan antara berbagai hal. Kamu bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan seperti "Apa itu Menara Eiffel?" dengan sangat cepat dan akurat.

2. Perlengkapan Otomatis

4 1558c

Pernahkah kamu ketika sedang mencari informasi di Google, lalu tiba-tiba Google melengkapi sendiri kalimatmu dan memberi sugesti pencarian?

Yup, Perlengkapan Otomatis tersebut merupakan cara Google untuk memberikan hasil penelusuran yang lebih cepat. Meskipun akurat, namun ini bukan sihir ya, geng.

Google bakal mencocokkan kata kunci yang kamu tuliskan di kolom pencarian dengan hasil pencarian serupa yang pernah dicari di Google. Canggih banget, yah!

3. Cuplikan Pilihan

5 730c2

Cuplikan Pilihan merupakan sebuah fitur dari Google Search yang juga bakal mempercepat pencarianmu. Fitur ini bakal menyoroti halaman web yang dianggap Google berisi informasi tersebut.

Dari sekian banyak informasi yang ada, Google telah menetapkan standar tentang hasil apa yang bisa muncul di Cuplikan Pilihan.

Informasi yang muncul di Cuplikan Pilihan bakal terpampang di paling atas hasil pencarian dan di-highlight oleh Google.

4. Rich List

6 8c888

Ketika kamu mencari sebuah jawaban di Google, belum tentu jawaban yang diberikan cuma satu. Jawaban pertanyaan bisa saja berupa daftar atau kumpulan atas beberapa hal.

Google bakal menyusun Rich List yang ada di bagian atas pencarian untuk memberikan jawaban-jawaban yang masih berkaitan dengan pencarianmu.

Sebagai contoh, kamu bisa mencari film horor terbaik. Google bakal menyusun Rich List yang berisi kumpulan beberapa film horor yang direkomendasikan oleh pengguna lain.

5. Petunjuk Arah dan Lalu Lintas

7 7edbe

Kalau kamu selalu bepergian, fitur Petunjuk Arah & Lalu Lintas bakal sangat bermanfaat buat kamu, geng. Kamu bisa mencari lokasi atau alamat dengan lebih praktis.

Kamu nggak perlu lagi membuka Google Maps. Kamu tinggal tulis lokasi atau alamat yang kamu cari di kolom. Google bakal menampilkan peta secara otomatis yang bisa kamu klik.

Kamu bakal langsung dialihkan ke Google Maps yang bakal memberi arahan untuk sampai ke tujuan dan juga menginformasikan kondisi kemacetan lalu lintas di sepanjang rute.

6. Discover

8 Fa176

Discover adalah feed hasil personalisasi yang bakal membantu kamu untuk menjelajahi konten yang disesuaikan dengan minat kamu.

Kamu juga bisa menyesuaikannya dengan mengikuti topik-topik tertentu dan menunjukkan apakah kamu ingin melihat lebih banyak atau lebih sedikit mengenai topik tertentu.

Fitur ini agak sedikit mirip fitur explore yang ada di media-media sosial. Bedanya, fitur Google satu ini berisi informasi yang lengkap dan akurat.

Akhir Kata

Google Search selalu memberikan pembaharuan pada algoritma dan sistemnya demi memberikan hasil penelusuran terbaik untuk semua orang.

Semoga artikel Jaka satu ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan kamu ya, geng. Sampai jumpa lagi di artikel Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Google atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
20130520154410_1493

1 Miliar Terjemahan per Hari di Google Translate

10 Alasan Kenapa Google Inbox Jauh Lebih Baik Dari Gmail

10 Alasan Kenapa Google Inbox JAUH Lebih Baik dari Gmail

Student Mobile 2657187b F3416

10 Aplikasi Paling Berguna Untuk Pelajar Menurut Google Play Store

C84131fd0ae367fb2622ca6f8f766a6d

10 Aplikasi Terbaik Untuk Google Cardboard VR

Ekstensi Google Chrome Terbaik 02337

10 Ekstensi Google Chrome Terbaik yang Bisa Membantu Produktivitas Kamu

Aplikasi Lokal Populer E4e26

10 Aplikasi Android Lokal Karya Anak Bangsa Paling Populer di Google Play Store

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
6 Fitur & Produk Baru yang Diluncurkan oleh Google, Bikin Hidup Makin Mudah!

6 Fitur & Produk Baru yang Diluncurkan oleh Google, Bikin Hidup Makin Mudah!

10 Fitur Tersembunyi Google Terbaik yang Belum Kamu Tahu

10 Fitur Tersembunyi Google Terbaik yang Belum Kamu Tahu

10 Produk Virtual Google yang Dipaksa Pensiun | Padahal Laku Keras!

10 Produk Virtual Google yang Dipaksa Pensiun | Padahal Laku Keras!

7 Kasus Hukum yang Pernah Menjerat Google, No. 3 Sampai Dituntut Triliunan!

7 Kasus Hukum yang Pernah Menjerat Google, No. 3 Sampai Dituntut Triliunan!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal