5 Universitas Jurusan IT Terbaik di Indonesia, Calon Programmer Masuk!

17 May 2017

Ketika lulus SMA kebanyakan dari kita tentunya akan memilih melanjutkan pendidikan ke tingkat universitas demi mendapatkan gelar sarjana.

Di Indonesia sendiri, terdapat puluhan universitas baik negeri maupun swasta yang menyediakan berbagai jurusan yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan bakat kita sebagai mahasiswa.

Berkaitan dengan hal tersebut, salah satu jurusan yang sangat banyak diminati adalah jurusan IT (Information and Technology) dan bidang terkait. N

ah, mengingat banyaknya minat pada jurusan IT, kali ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi universitas IT terbaik di Indonesia yang bisa kamu jadikan pilihan.

Universitas Jurusan IT Terbaik di Indonesia

1. Institut Teknologi Bandung

ITB

Foto: itb.ac.id

Jurusan IT yang ada di Institut Teknologi Bandung tergabung dalam Sekolah Teknologi dan Informatika (STEI-ITB) yang diresmikan pada tahun 2006.

Kurikulum yang diterapkan di STEI-ITB ini bisa dibilang sangat cocok untuk kalian yang ingin segera bersaing di tingkat yang lebih kompetitif ketika sudah lulus nanti.

Untuk universitas jurusan IT sendiri, STEI-ITB menyediakan 2 pilihan yang bisa kalian pilih sesuai minat dan bakat kalian yaitu S1 Teknik Informatika dan S1 Sistem dan Teknologi Informasi.

Program Sarjana di bidang IT ini sendiri akan berlangsung selama 8 semester dengan minimal SKS 144 untuk bisa mendapatkan gelar sarjana. Selain S1, STEI-ITB juga menyediakan program S2 dan program Doctor di bidang Elektro dan Informatika.

2. Universitas Indonesia

UI

Foto: wikiwand.com

Jurusan IT yang ada di Universitas Indonesia sendiri tergabung di bawah naungan Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom). Namun khusus untuk S1 Teknik Komputer, jurusan tersebut berada di bawah naungan Fakultas Teknik.

Pada Fakultas Ilmu Komputer, kalian bisa memilih dua sub-bidang yaitu bidang yang fokus pada Ilmu Komputer atau bidang yang berfokus pada Sistem Informasi.

Selain program S1, di fakultas ini juga kalian bisa melanjutkan jenjang pendidikan kalian ke tingkat yang lebih tinggi yaitu S2.

Tentunya selain masalah gengsi, tentunya kalian juga bisa mendapatkan berbagai soft skill yang bisa kalian gabungkan dengan core skill kalian untuk menghadapi tantangan di dunia profesional dan jangan lupa kalau Fasilkom juga menyediakan kelas internasional.

3. Institus Teknologi Sepuluh Nopember

ITS

Foto: its.ac.id

Universitas Jurusan IT yang ada di Institus Teknologi Sepuluh November sendiri tergabung di bawah naungan Fakultas Teknologi Informasi (FTIF) yang diresmikan pada tahun 2001. Kalian bisa memilih 2 jurusan di sini, yaitu jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

Kurikulum di FTIF ini sendiri akan fokus pada tugas menyeimbangkan kemampuan mahasiswa baik dalam hal hardware maupun software dan setelah memilih jurusan utama, kalian juga bisa memilih beberapa bidang peminatan yang kalian inginkan seperti RPL, jaringan, AI, manajemen proyek IT dan masih banyak lagi.

4. Universitas Gadjah Mada

UGM

Foto: ugm.ac.id

Jurusan IT yang ada di Universitas Gadjah Mada berada di bawah naungan Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi yang juga merupakan bagian dari Fakultas Teknik.

Karena jurusan IT pada GM dimasukkan ke dalam prodi Teknologi Informasi, maka fokus pembelajaran dari prodi Teknologi Informasi ini sendiri lebih fokus pada pemanfaatan teknologi dalam penyampaian informasi.

Untuk konsentrasi/peminatan, prodi Teknologi Informasi ini dibagi ke dalam 3 pilihan yaitu Rekayasa Sistem Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak dan Rekayasa Sistem Informasi dengan syarat SKS untuk mata kuliah wajib konsentrasi sebanyak 11 SKS.

5. Universitas Bina Nusantara

BINUS

Foto: binus.ac.id

Jika kalian memiliki biaya kuliah yang lebih banyak kalian bisa menjadikan jurusan IT di Universitas Bina Nusantara sebagai salah satu pilihan.

Universitas swasta ini menawarkan banyak jurusan yang berkaitan dengan IT yang tergabung di bawah naungan School of Computer Science BINUS yaitu:

  • Accounting Information System
  • Cyber Security
  • Computer Science
  • Game Application and Technology
  • Corporate Information System
  • Computerized Accounting
  • Information System
  • Mobile Application and Technology

Universitas IT terbaik di Indonesia ini memungkinkan kalian untuk bisa fokus pada satu bidang saja dah pemahaman kalian terhadap bidang pilihan kalian bisa lebih dalam lagi.

Sebagai catatan, jika kalian lebih memilih universitas swasta terbaik untuk belajar IT, BINUS adalah pilihan yang tepat.

Akhir Kata

Itulah tadi 5 universitas jurusan IT terbaik di Indonesia, manakah yang akan menjadi tujuan kalian? Atau jika kalian sedang kuliah di jurusan IT, apakah kampus kalian masuk dalam daftar ini?

Apapun kampus kalian, selama kalian belajar dengan serius tentunya hasilnya juga akan baik.

Akhir kata, semoga bermanfaat dan selamat menjadi mahasiswa untuk anak-anak SMA. Pastikan kalian meninggalkan jejak di kolom komentar dan share artikel ini ke teman-teman kalian.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar