14 Tips WhatsApp Ini (Mungkin) Belum Kamu Ketahui Hingga Saat Ini

5 May 2017

WhatsApp merupakan aplikasi chat paling populer di dunia. Banyak orang menyukai tampilan yang sederhana, serta kecepatan pengiriman pesan berupa teks, gambar, dan video. WhatsApp juga tidak boros baterai, RAM, serta hemat kuota data. Dengan segala kelebihannya, hampir semua pemilik smartphone pasti menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi chat utamanya. Nah, makanya kali ini Jaka mau kasih kamu 14 Trik & Tips WhatsApp Bermanfaat yang Belum Tentu Kamu Tahu!.

Aplikasi chat seperti BBM dan LINE memang memiliki banyak fitur canggih dan menarik. Namun, banyak orang tetap memilih WhatsApp karena kesederhanaannya. Selain itu, WhatsApp tidak memerlukan identitas berupa PIN atau username, tetapi hanya menggunakan nomor telepon. Sehingga, semua daftar kontak yang ada di smartphone kamu dapat dihubungi juga lewat WhatsApp. Nah, supaya lebih seru dalam menggunakan WhatsApp, baca dulu trik dan tips WhatsApp berikut ini.

tips whatsapp

Kumpulan Tips WhatsApp Bermanfaat yang Belum Tentu Kamu Ketahui

1. Baca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan Pengirim

tips whatsapp

Kamu pasti tahu, kan bahwa tanda sebuah pesan WhatsApp sudah dibaca adalah munculnya dua simbol ceklis biru pada smartphone si pengirim pesan. Nah, ternyata kamu bisa loh memilih untuk tidak memunculkan tanda ceklis biru ini setelah kamu membaca pesannya. Caranya, bisa kamu baca di artikel tips WhatsApp berikut ini: Cara Menonaktifkan Fitur Centang Biru WhatsApp di Android.

Namun, konsekuensi dari tips WhatsApp tersebut adalah kamu juga nggak bisa melihat apakah pesan kamu sudah dibaca atau belum. Karena tanda centang biru ini juga nggak akan muncul di smartphone kamu. Tapi, ada trik lain yang bisa kamu gunakan. Yaitu dengan mematikan koneksi internet kamu sebelum membaca pesan WhatsApp. Tips WhatsApp yang satu ini kurang lebih sama dengan yang pernah Jaka bahas dalam artikel berikut: Cara Baca Pesan BBM Tanpa Memberikan Tanda "Read" Kepada si Pengirim.

2. Bikin WhatsApp Jadi Hemat Kuota

tips whatsapp

Aplikasi WhatsApp sebenarnya memang ringan dan hemat kuota. Kecuali kalau kamu sering mengirim atau menerima gambar dan video lewat pesan WhatsApp dari teman-teman kamu. Nah, tips supaya WhatsApp nggak langsung men-download foto dan video yang dikirimkan teman kamu, matikan saja fitur auto download-nya. Caranya adalah sebagai berikut: Cara Membuat WhatsApp Tidak Auto Download.

3. Menggunakan 2 Akun WhatsApp dalam 1 Smartphone

tips whatsapp

Pasti ada di antara kamu yang membutuhkan dua akun WhatsApp berbeda, namun tetap bisa digunakan di satu smartphone saja. Ternyata caranya mudah. Kamu cukup menggunakan aplikasi bernama Disa. Untuk lebih lengkap tentang tips WhatsApp ini dan cara menggunakannya, silakan baca artikel berikut ini: Cara Seru Pake 2 WhatsApp Dalam 1 Android.

4. Bikin WhatsApp Teman Kamu Rusak (Crash) dan Nggak Bisa Digunakan

tips whatsapp

Salah satu bug yang ditemukan pada WhatsApp terbaru adalah tidak mampu menampung terlalu banyak emoji. Kamu harus mengirim sekitar 4200 emoji secara bersamaan untuk bikin WhatsApp teman kamu crash dan nggak bisa digunakan sementara. Cara lebih lengkapnya dapat kamu lihat pada artikel tips WhatsApp berikut ini: Cara Usil Membuat WhatsApp Teman Rusak Cuma Bermodalkan Smiley.

5. Menggunakan Emoji Jari Tengah dan Kondom di WhatsApp

tips whatsapp

Emoji jari tengah merupakan fitur terbaru yang dimiliki WhatsApp. Entah dengan alasan apa, emoji ini akhirnya dibuat dan menjadi fitur resmi WhatsApp. Sedangkan emoji kondom adalah sebuah kampanye anti AIDS yang sedang digalakkan oleh DUREX. Kamu bisa baca ulasan lengkapnya di artikel tips WhatsApp berikut: Cara Menggunakan Emoji Jari Tengah dan Emoji Kondom di WhatsApp.

6. Menggunakan WhatsApp di Komputer atau Laptop

tips whatsapp

WhatsApp saat ini nggak cuma bisa digunakan di smartphone saja. Tetapi juga dapat digunakan di PC atau laptop. Caranya sangat mudah. Kamu hanya tinggal menggunakan WhatsApp Web yang merupakan fitur resmi dari WhatsApp. Kalau kamu belum tahu caranya, baca aja artikel tips WhatsApp berikut ini: [Hot!] Ini Dia Cara Mengakses WhatsApp Kamu Melalui Komputer Secara Official.

7. Mengirim Pesan WhatsApp Secara Otomatis dan Terjadwal

tips whatsapp

Ternyata, kamu bisa mengirim pesan WhatsApp secara otomatis dan terjadwal, loh! Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi bernama WhatsApp Scheduler. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat sebuah pesan WhatsApp, lalu mengatur kapan dan berapa kali pesan tersebut akan dikirimkan secara otomatis. Cara penggunaannya bisa kamu lihat di artikel tips WhatsApp berikut ini: Cara Buat Jadwal Otomatis Kirim WhatsApp.

8. Memblokir Kontak WhatsApp

tips whatsapp

Di antara ratusan kontak WhatsApp di smartphone kamu, pasti ada yang kamu nggak suka, kan? Kalau kamu merasa terganggu, blokir aja dengan cara gampang yang pernah Jaka jelaskan pada artikel tips WhatsApp berikut ini: Cara Blokir Kontak di WhatsApp Messenger.

9. Mengetahui Apakah WhatsApp Kamu Diblokir oleh Orang Lain

tips whatsapp

Kalau sebelumnya Jaka jelaskan cara memblokir kontak WhatsApp, sekarang Jaka jelaskan bagaimana cara mengetahui apakah akun WhatsApp kamu diblokir atau tidak oleh orang lain. Caranya dapat kamu baca di artikel tips WhatsApp berikut: Ini Dia Cara Mengetahui Apakah WhatsApp Kamu Diblokir Gebetan.

10. Menyembunyikan Status "Last Seen"

tips whatsapp

"Last Seen" alias "Terakhir Dilihat" merupakan keterangan yang muncul di profil WhatsApp untuk mengetahui kapan orang tersebut terakhir kali membuka aplikasi WhatsApp miliknya. Nah, kalau kamu nggak mau teman-teman kamu tahu kapan terakhir kali kamu membuka WhatsApp, sembunyikan saja status "Last Seen" ini dengan cara yang pernah Jaka bahas di artikel tips WhatsApp berikut: Cara Menghilangkan Fitur 'Last Seen' di WhatsApp.

11. Mematikan Notifikasi Grup

tips whatsapp

Di WhatsApp kamu, pasti terdapat banyak grup yang kamu ikuti, baik secara sukarela, maupun terpaksa. Banyak hal yang dibicarakan di dalam grup WhatsApp. Mulai dari berbagi informasi penting, nyebar undangan, sampai ke hal-hal nggak penting seperti bercanda, ngirim gambar dan video lucu, atau ngegosip berjamaah. Kalau kamu ngerasa terganggu, tapi nggak berani keluar dari grup tersebut, matikan saja notifikasinya. Caranya, bisa kamu lihat di artikel tips WhatsApp berikut ini: Cara Menghentikan Notifikasi Grup WhatsApp.

12. Mem-backup Pesan, Gambar, dan Video WhatsApp ke Cloud Storage (Google Drive, DropBox, iCloud, dsb)

tips whatsapp

Kamu bisa menggunakan aplikasi Sync untuk mem-backup semua data di WhatsApp kamu ke berbagai cloud storage. Hal ini sangat berguna jika kamu hendak mengganti smartphone kamu dengan HP baru. Lihat caranya pada artikel tips WhatsApp berikut ini: Cara Bikin Memori HP Android Tambah Lega dengan Fitur Terbaru WhatsApp atau Cara Backup WhatsApp ke Cloud Storage Lain (Dropbox, OneDrive, Box).

13. Chatting WhatsApp Tanpa Kartu SIM

Ternyata, kamu bisa chatting dengan WhatsApp dengan perangkat yang tidak memiliki kartu SIM, misalnya tablet PC. Nah, kalau mau tahu caranya, silakan baca artikel tips WhatsApp berikut ini: Cara Chatting Menggunakan Whatsapp tanpa Kartu SIM.

14. Memaksimalkan Fitur-fitur Baru WhatsApp

tips whatsapp

Banyak fitur keren yang dihadirkan WhatsApp dalam update terbarunya. Seperti preview link website, backup Google Drive, custom notification, dan sebagainya. Kamu bisa baca ulasan lengkap mengenai fitur-fitur terbaru WhatsApp di artikel berikut: 6 Fitur Baru WhatsApp yang WAJIB Kamu Coba.

Itulah berbagai Kumpulan Tips WhatsApp Bermanfaat yang Belum Tentu Kamu Ketahui. Dengan tips-tips WhatsApp tersebut, chatting di WhatsApp pasti akan jadi jauh lebih seru. Kalau kamu punya info atau tips dan trik lain seputar WhatsApp, silakan tulis pendapat kamu pada kolom comment di bawah ini.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar