J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Tips Wajib Untuk Kamu yang Pakai Smartphone dengan RAM 1 GB

              Tips Wajib Untuk Kamu yang Pakai Smartphone dengan RAM 1 GB

              00
              Kamis, 13 Agt 2015, 09:00 WIB
              Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah kepenuhan memori pada Android. Dalam artikel kali ini JalanTikus akan menyuguhkan Tips Wajib Untuk Kamu yang Pakai Smartphone dengan RAM 1 GB

              Jika kamu memiliki perangkat Android yang sudah kepenuhan memori, pasti kinerja Android kamu pun melambat. Jangan panik dulu, karena ada beberapa cara untuk mengatasi masalah kepenuhan memori ini. Dalam artikel kali ini JalanTikus akan menyuguhkan Tips Wajib Untuk Kamu yang Pakai Smartphone dengan RAM 1 GB (Baca juga: Cara Mempercepat Android dengan Menghemat RAM (Tanpa Root))

              Sebelumnya, kamu bisa cek Storage di menu Settings untuk melihat memori Android yang sudah terpakai dan sisa memori Android yang bisa digunakan. Lakukan beberapa hal di bawah ini untuk menghemat memori Android milikmu.

              Tips Wajib Untuk Kamu yang Pakai Smartphone dengan RAM 1 GB

              1. Uninstall aplikasi yang tidak kamu butuhkan

              Running Apps

              Seperti yang telah kita ketahui, aplikasi-aplikasi yang terinstal dalam Android adalah satu satu penyebab berkurangnya storage dalam Android. Kadang kita tidak selalu membutuhkan sebuah aplikasi namun tetap menginstalnya karena aplikasi itu unik atau lucu. Tinggalkan hal seperti itu, lebih baik kamu hanya menginstal aplikasi yang kamu butuhkan agar storage Android kamu tidak terlalu penuh.

              Kamu bisa melihat aplikasi yang memakan banyak memori di Settings > Apps. Pilih yang tidak terlalu penting untuk kamu dan uninstall saja untuk kelangsungan hidup Android kamu. Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca artikel 7 Jenis Aplikasi Android yang Wajib Dihapus dari HP Android.

              2. Hapus gambar, musik, dan video yang tidak terlalu kamu sukai

              Hapus Lagu Dan Video

              Kalau kamu orang yang hobi selfie atau ambil foto secara asal, download lagu mp3 tapi nggak didengerin, take video ngga jelas, dan hal-hal serupa yang bikin memori Android kamu habis mending mulai sekarang hapus-hapusin gambar, musik, dan video nggak jelas yang cuma menuh-menuhin memori Android kamu aja. Kamu juga bisa download Google Photos untuk mem-backup konten-konten ke cloud sehingga kamu tidak perlu menyimpannya di Android kamu lagi.

              3. Hapus data dan cache aplikasi

              Hapus Data Apps

              Saat kamu menginstal suatu aplikasi, maka aplikasi itu akan datang dengan data dan cache-nya. Aplikasi seperti browser dan sosial media memiliki ukuran cache dan data yang besar. Kamu bisa menghapus data dan cache sebuah aplikasi dengan memilih opsi Clear Data dan Clear Cache seperti pada gambar di atas.

              Untuk menghapus data dan cache sebuah aplikasi, kamu bisa menuju Settings > Apps > tap pada salah satu aplikasi yang ingin kamu hapus data dan cache-nya. Hal ini ampuh juga untuk mengurangi memori Android kamu.

              4. Gunakan aplikasi pihak ketiga

              Clean Master

              Sebenarnya ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan untuk menghemat memori Android pada perangkatmu. Aplikasi tersebut gratis dan mudah digunakan. Kamu nggak harus menghapus data dan cache secara manual seperti di poin ketiga, namun langsung dengan tombol dari aplikasinya. Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Clean Master dan CCleaner. Kedua aplikasi tersebut sudah terkenal dan mendapatkan review bagus dari penggunanya.

              Clean Master Icon
              Clean Master (Boost & AppLock)
              Apps Cleaning & Tweaking Cheetah Mobile Inc
              DOWNLOAD
              CCleaner_logo_2013
              CCleaner for Android 1.18.69
              Apps Cleaning & Tweaking Piriform
              DOWNLOAD

              Nah, kamu ada cara lain untuk menghemat memori Android nggak? Share lewat kolom komentar ya, guys!

              Artikel Menarik Lainnya

              Komentar

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal