J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Tips Mengatasi Android yang Lemot dan Suka Force Close

Tips Mengatasi Android yang Lemot dan Suka Force Close

Selasa, 10 Feb 2015, 15:00 WIB
Pernah punya masalah dengan Android kamu yang lemot? atau suka Force Close sendiri? Nih, Jaka udah kemas solusinya secara mendalam, tinggal kamu terapin aja...

Percayalah, sekarang Android merupakan OS dengan pengguna paling banyak di dunia smartphone. Dan tentunya, semakin banyak pengguna, pasti banyak juga varian smartphone yang hadir. Mulai dari spesifikasi rendah hingga tinggi.

Hanya saja, tidak semua kalangan mampu membeli smartphone dengan spesifikasi tinggi, sehingga terkadang pengguna smartphone dengan spesifikasi rendah akan sedikit terkendala dengan hardware dan mengalami beberapa masalah.

Kenapa Android Menjadi Lemot?

RAM (Memory) Smartphone yang Terlalu Kecil
Ram Android1

Ini adalah penyebab utama Android kamu lemot. Aplikasi seperti Facebook, BBM, Twitter, dan lainnya sangat memerlukan RAM yang cukup besar, apalagi jika semua itu dijalankan secara bersamaan, tentunya RAM 512 MB atau bahkan 1 GB tidak akan terasa cukup. Jadi, bijaklah sebelum membeli sebuah smartphone.

Masih Menggunakan Single Core

Ram Android2
Prosesor juga tidak bisa luput dari patokan kenapa Android lemot. Karena pada umumnya, Android adalah OS yang berbasis multi-tasking, tentunya akan terasa berat ketika kamu melakukan multi-tasking dengan Android yang menggunakan prosesor Single Core, paling tidak seharusnya kamu menggunakan Dual-core, Quad-core atau Octa-core.

Banyak Aplikasi yang Berjalan di Background

Ram Android3
Meskipun kamu memiliki RAM 1 GB atau 2 GB, lama kelamaan pasti akan terasa lemot juga, kenapa? Karena ada sebagian aplikasi yang ketika ditutup, aplikasi tersebut tidak benar-benar berhenti, terkadang ada beberapa aplikasi yang masih berjalan di background, sebut saja Facebook, BBM dan Email Sync.

Lalu, Kenapa Android Suka Force Close?

Sisa RAM (Memory) yang Terlalu Sedikit

Ram Android4
Kembali lagi ke RAM, Perangkat satu ini memang memiliki peran krusial di setiap smartphone. Bayangkan saja, jika kamu memiliki RAM 512 MB, lalu menjalani aplikasi yang banyak secara bersamaan, tentunya ada proses yang akan dibatalkan, dan itulah yang membuat aplikasi Force Close.

Aplikasi Tidak Support atau File Korup

Ram Android5
Tidak semua kejadian Force Close dihadirkan oleh RAM. Ada juga beberapa aplikasi yang memang tidak kompatibel dengan device Anda namun tetap dipaksakan, tentunya ketidakcocokan sistem ini akan berdampak pada munculnya aksi Force Close tersebut.

Sekarang, Bagaimana Mengatasi Android yang Lemot?

Jangan Install Aplikasi Messaging terlalu banyak

Ram Android6
Ini masalah yang kerap kali ditemukan oleh mayoritas pengguna Android, mereka memasang banyak aplikasi Instant Messaging seperti BBM, Facebook, WeChat, KakaoTalk, dan lainnya secara sekaligus, padahal belum tentu semuanya terpakai. Sadar atau tidak, semua aplikasi ini masih akan terus berjalan di background, dan akan menggerogoti RAM Anda setiap waktu. Oleh karena itu, mulai sekarang bijak dan tentukanlah pilihan mana aplikasi yang sekiranya memang harus bertahan, dan mana yang harus ditinggalkan atau tidak dipasang.

Hapus Aplikasi yang Jarang dipakai

Ram Android7
Berbeda dengan Instant Messaging, aplikasi yang menumpuk dan jarang dipakai, hanya akan menjadi sampah internal Android Anda. Tentunya hal ini akan membuat Android Anda bekerja lebih keras untuk mempertahankan aplikasi tersebut. Alangkah baiknya jika dihapus saja aplikasi yang jarang dipakai tersebut, agar performa Android lebih terasa optimal. Kamu bisa menggunakan aplikasi Link2SD untuk menghapus beberapa aplikasi secara tuntas dan mudah
Link2sd
Link2SD
Apps Productivity B lent Akpinar
DOWNLOAD

Jangan Menggunakan Launcher (Lagi)

Masih berkaitan dengan RAM, tentu kinerja Android akan terasa lebih berat ketika anda harus menggunakan Launcher tambahan. Memang sih, dengan menggunakan Launcher tambahan akan membuat Android terlihat lebih keren, tapi disisi lain hal seperti ini selain membuat Android anda lemot, dapat dengan cepat menguras baterai juga.

Gunakan Selalu Task Killer Manager

Disebabkan oleh banyaknya Aplikasi yang berjalan di background, maka sepertinya aplikasi sejenis ini sangat wajib di install di Android Anda. Sebut saja Clean Master atau Advanced Task Killer yang menjadi aplikasi Task Kill terpopuler untuk saat ini.

Clean Master Icon
Clean Master (Boost & AppLock)
Apps Cleaning & Tweaking Cheetah Mobile Inc
DOWNLOAD

Selanjutnya, Bagaimana Mengatasi Android yang Suka 'Force Close'?

Batasi Penggunaan Apps, Widget dan Live Wallpaper

Jangan selalu terlena dengan kehebatan Android, berbagai macam aplikasi yang ada memang terkadang membuat kita ingin mencoba, tapi cobalah sewajarnya saja. Jika memang itu tidak dibutuhkan, berarti tidak perlu untuk kita pasang, karena ke depannya itu hanya akan menjadi beban Androidmu.

Selalu Install dan Pasang Aplikasi Resmi

Maksudnya aplikasi resmi disini adalah aplikasi yang memang bersumber dari Publisher-nya. Contoh, jika kamu ingin memasang WhatsApp, pastikan file instalasi (APK) itu memang diterbitkan oleh WhatsApp, bukan dari sumber atau hasil modifikasi orang lain, karena bisa jadi ada beberapa perubahan yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu yang bisa merugikan Android kamu.

Jangan Root Android jika Tidak Ada Kepentingan

Ya, Rooting Android memang sudah menjadi kegiatan umum para pengguna Android, tapi Rooting ini juga merupakan hal yang cukup krusial. Kenapa? (Baca: 5 Alasan Kenapa Tidak Perlu Rooting Android) Karena jika kita tidak terlalu paham tentang Rooting dan apa fungsinya, ini akan menyebabkan hilangnya kestablian Android kamu.

Icon Idm 86581
Internet Download Manager 6.32 Build 6
Apps Downloader & Plugin Tonec Inc.
DOWNLOAD

Artikel Menarik Lainnya

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
15 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Lemot Kembali Ngebut

15 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Lemot Kembali Ngebut

80 Aplikasi Android PALING Unik dan Seru Tahun 2017

80 Aplikasi Android PALING Unik dan Seru Tahun 2017

3 Penyebab Android Lemot yang Biasanya Tidak Kamu Sadari

3 Penyebab Android Lemot yang Biasanya Tidak Kamu Sadari

10 Aplikasi Terbaik buat Bikin HP Android Kamu Tambah NGEBUT!

10 Aplikasi Terbaik buat Bikin HP Android Kamu Tambah NGEBUT!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal