J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Waspada Teknik Hacking Social Engineering! Ini 4 Tips Menghindarinya

Minggu, 5 Feb 2017, 11:00 WIB
Agar tidak termakan oleh tipuan penjahat cyber, kemampuan mengidentifikasi serangan ataupun manipulasi psikologis sangat penting. Untuk itu, berikut 4 cara menghindari hacking dengan teknik social engineering.

Social engineering adalah sebuah teknik hacking klasik yang hingga kini masih banyak digunakan oleh para peretas maupun penjahat cyber. Efektivitas teknik hacking yang satu ini terbilang tinggi. Namun berbeda dengan teknik hacking yang benar-benar sepenuhnya mengandalkan kemampuan dalam menggunakan perangkat komputer dan software hacking, social engineering sebenarnya lebih menekankan pada rantai terlemah dalam sistem, yakni pengguna itu sendiri. Karena itulah banyak yang mengatakan kalau yang diserang dalam social engineering adalah penggunanya, bukan mesinnya.

Agar tidak termakan oleh tipuan penjahat cyber, kemampuan mengidentifikasi serangan hacker ataupun manipulasi psikologis sangat penting. Untuk itu, berikut 4 cara menghindari hacking dengan teknik social engineering.

BACA JUGA
  • Mengenal Teknik Hacking Cookie Theft Dan Cara Mencegahnya
  • Mengenal Teknik Hacking Phising dan Cara Mencegahnya
  • Mengenal Teknik Hacking Watering Hole dan Cara Mencegahnya

4 Tips Menghindarinya Teknik Hacking Social Engineering

1. Selalu Waspada dengan Setiap Komunikasi yang Berasal dari Orang Asing

A7f73c72ec1247ed8043303989cdb75b

Sumber foto: Foto: appfutura.com

Hacker yang menggunakan teknik sosial engineering biasanya sudah mengumpulkan beberapa informasi tentang target mereka. Berdasarkan informasi tersebut, mereka akan membangun komunikasi dengan target guna menggali informasi lebih banyak lagi.

Jika kamu tidak cermat dalam membaca arah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, bukan tidak mungkin kamu memberikan beberapa informasi yang seharusnya tidak kamu bagi kepada orang asing. Misalnya saja nomor kontak pribadi, alamat tempat tinggal, nama orang tua, tempat kerja dan beberapa informasi lain yang terkesan tak bisa digunakan untuk tujuan yang merugikan.

Dengan memberikan data diri kepada orang yang tidak dikenal, sebenarnya kamu telah membukakan pintu kepada penjahat cyber untuk mencuri identitasmu dan menggunakannya untuk hal-hal yang pastinya tidak kamu inginkan.

Aplikasi Hacking Android Banner
7 Aplikasi Hacking Android yang Wajib Kamu Coba!
Aplikasi hacking Android yang wajib kamu punya? Apa saja ya kira-kira?
LIHAT ARTIKEL

2. Jangan Pinjamkan Smartphone ataupun Tablet kepada Orang Asing

60c6ea6c598b5267a912e3f3e4a30b7e

Sumber foto: Foto: mobileadvertisingwatch.com

Membantu orang memang baik. Akan tetapi jika bantuan yang kamu berikan adalah meminjamkan perangkat yang dipenuhi data pribadi seperti smartphone ataupun tablet, sebaiknya pikirkan lagi.

Smartphone saat ini tidak hanya menjadi alat komunikasi saja. Banyak yang menggunakannya untuk menyimpan data pribadi dan file-file penting lainnya. Foto-foto pribadi juga banyak yang tersimpan di sini. Jika kamu meminjamkan perangkat yang penuh dengan data pribadi tersebut kepada orang yang tidak dikenal, bukan tidak mungkin orang tersebut akan melakukan sesuatu yang tidak diinginkan.

Kalaupun kamu masih ingin meminjamkan smartphonemu kepada orang lain, pastikan untuk tetap waspada dan jangan lepaskan pandanganmu dari tindakan yang dilakukannya selama memegang smartphonemu.

3. Selalu Cermat dalam Menilai Gaya Bahasa Orang yang Dikenal

877b14d3fe26c9a7ea9dd22b9b4bdcd2

Sumber foto: Foto: telegraph.co.uk

Penjahat cyber terkadang akan menyamar sebagai orang yang dikenal oleh targetnya guna memudahkan mereka dalam melancarkan aksinya. Aksi semacam ini biasanya dilakukan dengan memanfaatkan pesan singkat ataupun media komunikasi lain yang tak mengharuskan mereka untuk berbicara atau bertatap muka secara langsung dengan targetnya.

Untuk melancarkan aksi semacam ini, tentu saja sang penjahat cyber akan mempelajari kenalanmu terlebih dahulu. Meski mereka menghubungimu dengan nomor yang berbeda, mereka akan membuat skenario agar kamu percaya bahwa orang yang sedang menghubungi adalah temanmu.

Situs Hacking Gratis Banner Ok
7 Situs Belajar Hacking Secara Gratis
Kamu tertarik menjadi hacker? Maka dari itu, kamu wajib membaca artikel mengenai situs belajar hacking gratis yang Jaka berikan. Berikut ulasannya.
LIHAT ARTIKEL

Jika sudah seperti ini, kamu harus jeli dalam melihat perubahan gaya komunikasi orang tersebut. Kalau kenalanmu itu terbilang jarang menghubungimu sebelumnya, kamu juga patut waspada. Dan jika orang yang mengaku kenalanmu tersebut membuat skenario sehingga memaksamu untuk mengambil keputusan cepat tanpa pikir panjang, kamu harus lebih waspada lagi dan jangan terpancing untuk membeberkan informasi ataupun melakukan apa yang mereka inginkan.

4. Selalu Tingkatkan Pengetahuan dan Kemampuan Seputar Keamanan Data

63c97ee48a295cd1137172546a895e90

Sumber foto: Foto: darkzoneeducation.com

Penjahat cyber akan selalu mengembangkan teknik social engineering mereka agar semakin sulit untuk dikenali oleh korbannya. Karena itu, kamu juga harus terus mengembangkan diri agar tidak mudah terjebak. Mengetahui modus penipuan terbaru akan membantumu dalam membaca upaya hacking dengan teknik social engineering. Selain itu, kamu juga bisa belajar bagaimana mempertahankan diri agar tidak mudah terpengaruh dengan tipuan yang dilancarkan oleh penjahat cyber.

Nah itulah 4 cara menghindari hacking yang dilakukan dengan teknik social engineering. Jika ada cara lain yang menurutmu bisa dilakukan, jangan lupa tinggalkan di kolom komentar ya!

ARTIKEL TERKAIT
Channel Youtube Belajar Hacking Banner2

10 Channel YouTube Terbaik untuk Belajar Hacking Secara Gratis

Banner Internetarchive Dropping

Mengenal Teknik Hacking Eavesdropping Dan Cara Mencegahnya

7 Perintah Cmd Hack Yang Sering Digunakan Para Hacker Pemula Masuk F98ad

7 Perintah CMD Hack yang Sering Digunakan Para Hacker, Pemula Masuk!

Cara Membuat Microsd Tidak Dihack Banner

4 Cara Mudah Membuat MicroSD Bebas dari Hacking

E3e71c458af4c9ed1ac22276d65d7c47

5 Game Simulasi Hacking Terbaik Yang WAJIB Kamu Coba!

APPS TERKAIT
Hackers Icon
Hackers 1.002
Games Trickster Arts
Game Hacker 1 2839b
Game Hacker 4.0
Apps SB Tools
Wifi Hacker Ultimate Android
WiFi Hacker ULTIMATE Terbaru
Apps WiFi Cracker Group
Processhacker Icon
Process Hacker 2.39.124
Apps Wei Jia Liu
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Terungkap! Ini Teknik Hacking Yang Dipakai Menyerang Malaysia

Terungkap! Ini Teknik Hacking Yang Dipakai Menyerang Malaysia

Mengenal Teknik Hacking Eavesdropping Dan Cara Mencegahnya

Mengenal Teknik Hacking Eavesdropping Dan Cara Mencegahnya

7 Teknik Hacking yang Berbahaya dan Fatal yang Ada di Muka Bumi

7 Teknik Hacking yang Berbahaya dan Fatal yang Ada di Muka Bumi

10 Channel YouTube Terbaik untuk Belajar Hacking Secara Gratis

10 Channel YouTube Terbaik untuk Belajar Hacking Secara Gratis

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal