Ustadz Jaka: Tips Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Default

Pertanyaan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Bukan hanya menantikan bedug adzan Maghrib untuk berbuka puasa, katanya selama bulan Ramadan juga ada satu malam yang dinantikan oleh semua umat muslim, Lailatul Qadar. Saya mau tanya nih Ustadz, apa sih yang dimaksud mendapatkan malam Lailatul Qadar? Kapan terjadinya malam Lailatul Qadar?

Oh iya, karena banyak yang berburu malam Lailatul Qadar, boleh dong di-share tips mendapatkan malam Lailatul Qadarnya, Ustadz. Terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Ayub, 26 tahun.

BACA JUGA
  • Ustadz Jaka: Berciuman Saat Puasa, Batalkah?
  • Ustadz Jaka: Pake Inhaler Saat Puasa, Batalkah?
  • Ustadz Jaka: Apa Hukumnya Menelan Ludah Saat Puasa?

Jawaban

Wa'alaikumsalam Wr. Wb.

Tepat sekali, Ayub. Di bulan Ramadan, Allah SWT menyiapkan satu malam yang pahalanya lebih baik daripada seribu bulan lainnya yang disebut Lailatul Qadar. Jika kita berbuat satu kebaikan pada malam tersebut, pahalanya sama dengan ibadah selama 1.000 bulan atau 83 tahun!

Tips Dapatkan Lailatul Qadar 2

Lantas, kapan Lailatul Qadar terjadi? Menurut keterangan, Lailatul Qadar terjadi pada malam-malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan.

Nabi Muhammad SAW ketika memasuki sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan memilih fokus beribadah, mengisi malamnya dengan dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk ikut beribadah. (HR Al-Bukhari)

Dari Hadits tersebut sudah jelas bahwa Rasulullah Muhammad SAW meningkatkan ibadahnya di 10 malam terakhir bulan Ramadan. Saking istimewanya malam Lailatul Qadar, Rasulullah sampai membangunkan keluarganya untuk beribadah bersama.

Tips Dapatkan Lailatul Qadar 3

Carilah lailatul qadar di sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan pada sembilan, tujuh, dan lima malam yang tersisa. ((HR. Bukhari)

Apa saja hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar? berikut beberapa tips yang bisa kamu amalkan untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar:

  • Jangan menunda-nunda ibadah. Ingat, malam Lailatul Qadar ini malam yang lebih mulia daripada seribu bulan lainnya. Jadi jangan menunda-nunda lagi untuk beribadah. Tadarus selepas tarawih, zikir, shalat di sepertiga malam (tahajud), dan lainnya.
  • Pelajari doa'a khusus. Selama 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, coba lafalkan do'a khusus malam lailatul Qadar.
Tips Dapatkan Lailatul Qadar 1

Dari Syayidah 'Aisyah, r.a. Ia berkata: Saya bertanya kepada Rasulullah SAW, Apa pendapat Engkau, seandainya aku menemukan malam Lailatul Qadar, maka do'a apakah yang semestinya aku ucapkan pada malam itu? Rasullullah SAW, menjawabnya; berdo'alah dengan mengucapkan **"Ya Tuhanku, sesungguhnya Engakau Dzat Maha Pengampun, dan menyukai memberikan pengampunan kepada hamba-Nya, maka ampunilah kesalahanku"**. (H.R. Lima Imam hadits, kecuali imam Abu Daud)

  • Tidur siang. Agar tidak merasa ngantuk dan malas beribadah di malam hari, coba tidur siang antara waktu Dzuhur dan Ashar.
  • Install aplikasi pendukung di smartphone. Daripada cuma untuk chatting atau streaming, silakan install aplikasi pendukung yang akan membantu kamu mendapatkan malam Lailatul Qadar. Baca artikel: 5 Aplikasi Untuk Membantu Dapatkan Malam Lailatul Qadar.

Semoga bermanfaat. Wallahu A'lam Bishawab.

ARTIKEL TERKAIT
Hukum Mencuri Wifi
Ustadz Jaka: Apa Hukumnya Menggunakan WiFi Tanpa Izin?
Hantu Di Bulan Puasa 4
Ustadz Jaka: Apakah Selama Bulan Puasa Masih Bisa Melihat Hantu?
Hukum Update Status Sosial Media Puasa 3
Ustadz Jaka: Apakah Amalan Puasa Hangus Gara-gara Update Status?
Quran Answer Hukum Membaca Alquran
Ustadz Jaka: Hukum Membaca Al-Qur'an di Aplikasi Smartphone di Toilet / WC
Tidak Shalat Tarawih
Ustadz Jaka: Meninggalkan Tarawih Karena Sibuk Kerja?
APPS TERKAIT
Lock Me Out Icon
Lock Me Out 1.2.2
Apps TeqTic
Al Quran Indonesia Icon
Al Quran Indonesia 2.5.8
Apps Andi Unpam
Muslim Pro Azan Quran Qibla Android
Muslim Pro: Azan, Quran, Qibla 6.5.4
Apps Muslim
I Can T Wake Up Alarm Clock Icon
I Can't Wake Up! Alarm Clock 3.2.6
Apps Kog Creations
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal