J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Tips dalam Menggunakan SSD

Tips dalam Menggunakan SSD

Selasa, 27 Agt 2013, 12:00 WIB
SSD merupakan perangkat komputer yang bisa membuat performa dan kecepatan dari proses komputer kamu meningkat pesat dan Berikut adalah tips dalam menggunakan SSD.

Solid State Drive atau yang biasa disebut dengan SSD ini merupakan media penyimpanan data tanpa menggunakan cakram magnetis seperti harddisk tetapi menggunakan nonvolatile memory. Yang membedakannya dengan RAM adalah data yang tersimpan dalam SSD tidak akan hilang walaupun komputer dalam keadaan mati. Jika komputer kamu menggunakan SSD sebaiknya ikuti tips dalam menggunakan SSD berikut:

1. Tidak perlu defragmentasi Berbeda dengan harddisk yang memerlukan defragmentasi karena data yang dituliskan (write) oleh harddisk tidak tersusun secara beraturan yang membuat komputer akan sulit dalam pembacaan ketika mencari file yang dibutuhkan. Fungsi dari defragment adalah untuk menyusun data-data tersebut menjadi berurutan sehingga memudahkan serta mempercepat proses pembacaan data. Tetapi defragmentasi tidak diperlukan oleh SSD, karena SSD tidak menggunakan head untuk proses write dan read data karena proses tersebut dilakukan secara elektris dan membuat prosesn penulisan data lebih cepat. Defragment malah akan membuat umur SSD lebih pendek karena mengurangi siklus proses write di SSD.

2. Tidak perlu fitur hibernate Hibernate pada Windows 7 biasa digunakan orang pada laptopnya dikarenakan agar ketika ingin menggunakan akan lebih cepat dalam booting, tetapi hal ini akan menguras kapasitas RAM. Dengan menggunakan SSD, tanpa hibernate pun kamu akan memiliki waktu booting yang sangat cepat. Dengan kecepatan hampir 50% lebih cepat, maka sebenarnya kamu bisa menonaktifkan fitur hibernate.

3. Pilih SSD dengan Garbage Collection jika ingin Raid Raid merupakan proses penggabungan storage SSD dimana kemampuan dan performa SSD akan makin meningkat, tetapi yang menjadi persoalan adalah fungsi dari TRIM tidak bisa bekerja. Sejauh ini baru Intel yang menyediakan driver untuk RAID sehingga TRIM bisa tetap berjalan. Apabila kamu tidak menggunakan intel maka sebaiknya memilih SSD dengan fitur garbage collection karena setiap data yang didelete, format atau ditimpa akan dihapus, sehingga tidak ada data yang tersisa yang bisa menurunkan performa dari SSD.

Jika kamu berniat menggunakan SSD pada komputer atau laptop kamu sebaiknya gunakan yang memiliki kapasitas besar, karena aplikasi yang kamu install dalam SSD akan lebih cepat dalam hal performa. Harganya memang mahal, dan jika kamu hanya bisa membeli yang berkapasitas kecil maka sebaiknya install aplikasi yang sering kamu gunakan dan yang penting, lalu sisanya gunakan harddisk eksternal sebagai tempat penyimpanan. Selamat mencoba tips dalam menggunakan SSD.

Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Samsung XP941, SSD Berbasis PCIe 7x Lebih Cepat dari HDD Biasa

Samsung XP941, SSD Berbasis PCIe 7x Lebih Cepat dari HDD Biasa

Tips Meningkatkan Performa Harddisk Eksternal

Tips Meningkatkan Performa Harddisk Eksternal

Apakah Perlu Melakukan Defrag PC?

Apakah Perlu Melakukan Defrag PC?

3 Tips Merawat Harddisk Eksternal

3 Tips Merawat Harddisk Eksternal

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal