J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Tips Cara Mempercepat Browser

Rabu, 10 Apr 2013, 10:28 WIB
Tips Cara Mempercepat Browser dengan mudah agar dapat browsing internet dengan lebih cepat dengan performa optimal.

Browser adalah salah satu software yang paling sering digunakan. Karenanya, sangat penting untuk dapat menggunakan browser yang cepat dan dapat diandalkan. Kecepatan browsing dapat dipengaruhi berbagai hal yang tidak terkait dengan browser, seperti ISP dan hardware yang kamu gunakan.

Di artikel ini, JalanTikus akan memberikan tips cara mempercepat browser kamu. Namun perlu diingat, hal yang paling utama kamu lakukan jika ingin mempercepat koneksi internet adalah dengan menggunakan bandwith internet yang lebih besar dan melakukan upgrade hardware seperti RAM.

Tips cara mempercepat browser dibawah ini bisa berguna untuk meningkatkan kecepatan browser kamu.

Jangan Buka Terlalu Banyak Tab

Tips Cara Mempercepat Browser
Fitur tab pada browser merupakan salah satu fitur utama yang paling berguna. Kamu bisa membuka banyak halaman website sekaligus. Kamu bisa dengan mudah berpindah dari satu tab ke yang lainnya. Misalnya kamu menunggu satu tab buffering video youtube, kamu bisa membuka tab lain dan browsing Facebook.

Kekurangannya adalah banyaknya RAM yang diperlukan untuk membuka banyak website tersebut. Setiap kali kamu membuka halaman website di tab baru, maka komputer kamu akan memerlukan resource untuk menjalankannya, sehingga apabila terlalu banyak maka performa komputer akan semakin menurun.

Untuk mengatasi hal ini, jangan buka terlalu banyak tab pada browser. Gunakan bookmark jika kamu menemukan halaman web yang ingin kamu baca nanti.

Jangan Gunakan Terlalu Banyak Extension dan Addon

Tips Cara Mempercepat Browser 1
Plugin adalah salah satu kelebihan browser yang menarik bagi penggunanya. Firefox menyebutnya "addons" sementara Chrome menyebutnya "extensions" . Apapun namanya, plugin semacam ini bertujuan untuk memudahkan penggunananya dan memungkinkan kostumisasi browser sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu.

Tentu saja banyak dari kamu yang menggunakan berbagai plugin pada browser. Sama seperti fitur tab, semakin banyak plugin yang kamu install, maka browser akan memerlukan semakin banyak RAM dan dapat mempengaruhi performa komputer kamu.

Solusinya adalah dengan menghapus plugin yang tidak kamu gunakan dan hanya install plugin yang benar-benar kamu butuhkan.

Hapus Cache dan Browsing History Browser memerlukan perawatan rutin, sama seperti mobil yang memerlukan perawatan secara berkala. Semakin lama digunakan, maka cache akan semakin menumpuk. Cache pada dasarnya bertujuan untuk mempercepat browsing, karena browser akan menyimpan beberapa file tertentu di komputer, sehingga apabila nanti dibuka lagi, waktu loading akan lebih cepat.

Tips Cara Mempercepat Browser 2
Namun, apabila cache semakin menumpuk, maka browser butuh waktu lebih lama untuk "mencari" data-data yang dibutuhkan. Akibatnya, browser kamu malah jadi lambat. Cache dapat bekerja optimal jika data yang disimpan tidak terlalu banyak.

Cara hapus cache dan browsing history : Firefox : Buka menu Options, klik tab Privacy. Disini kamu bisa menghapus recent history, cookies, cache dan berbagai hal lainnya. Chrome : Klik icon Kunci pas/ Wrench, pilih Settings, lihat pada bagian Advanced settings, kemudian pilih "Clear Browsing Data" untuk menghapus history, cookies, cache dan lainnya.

Kesimpulan Browser mungkin tampak sederhana, tetapi terdapat banyak pengaturan dan teknologi yang ditanamkan dalam browser yang bisa kamu atur untuk mempercepat browser. Sama seperti alat apapun, kamu perlu melakukan perawatan rutin agar browser dapat bekerja optimal.

Punya tips lain cara mempercepat browser? Silakan share di komentar yah..

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Browsing Lebih Cepat
Cara Browsing Lebih Cepat
5 Browser Terbaik dan Paling Banyak Digunakan di Dunia
5 Browser Terbaik dan Paling Banyak Digunakan di Dunia
4 Browser Terbaik di Android
4 Browser Terbaik di Android
Apple Safari Dominasi Browser Mobile
Apple Safari Dominasi Browser Mobile

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal