J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Tips Buat Maksimalkan Gadget Selama Mudik, Anti Bosan dan Nyasar!

7 Tips Buat Maksimalkan Gadget Selama Mudik, Anti Bosan dan Nyasar!

Kamis, 21 Mei 2020, 21:00 WIB
Meskipun tahun ini nggak bisa mudik, namun tips ini bisa kamu pakai buat liburan yang akan datang, loh!

Musim Lebaran sudah tiba! Biasanya, momen-momen seperti ini sangat pas digunakan untuk pulang ke kampung halaman alias mudik, geng.

Nah, perjalanan mudik sendiri dilakukan dengan berbagai macam cara. Mulai dari menggunakan transportasi umum hingga menggunakan kendaraan pribadi.

Nggak cuma itu aja, kehadiran gadget pun bakal sangat dibutuhkan untuk membuat perjalananmu makin mudah dan berwarna lewat berbagai macam fitur yang dimilikinya.

Nah, biar perjalanan mudikmu makin seru dengan aman dan nyaman, Jaka bakal kasih 7 tips buat maksimalkan gadget selama mudik meskipun baru bisa kamu lakukan di tahun depan. Penasaran, kan? Simak ulasannya berikut ini!

Tips buat Memaksimalkan Gadget Selama Mudik

1. Pergunakan GPS pada Fitur Maps Online

1 Custom C6405

Kayaknya zaman sekarang, semua orang membutuhkan GPS. Apalagi dalam situasi di mana mobilitas manusia sangat tinggi, fitur yang satu ini nggak mungkin ditinggalkan.

Maka dari itu, kamu harus memastikan bahwa GPS mu akurat dan dapat dipakai dengan tepat. Jika tidak, maka kamu harus menggunakan sederet cara ampuh untuk meningkatkan performa GPS.

Buat kamu yang mudik lewat transportasi darat, aplikasi ini bisa membantumu mengetahui lokasi terakurat dan terupdate. Kamu tentu tidak mungkin bakal bolak balik menanyakan lokasimu pada supir atau masinis, bukan?

2. Siapkan Maps Offline untuk Kondisi Susah Sinyal

2 Custom 800bd

Sayangnya, maps online hanya bisa dipakai saat ada koneksi internet. Jika tidak ada, maka kamu harus beralih ke aplikasi map offline.

Saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi peta tanpa internet terbaik yang bisa kamu manfaatkan sebaik-baiknya untuk mudik di Lebaran ini.

Aplikasi navigasi peta ini bakal bantu kamu banget, apalagi kalau tiba-tiba smartphone yang kamu bawa tiba-tiba nggak dapat sinyal atau kehabisan paket internet.

3. Manfaatkan Panduan Perjalanan Lewat Suara

4 Custom 85a7c

Menggunakan maps saat dalam perjalanan adalah salah satu hal yang biasa digunakan orang, terutama saat mengendarai mobil ke jalanan yang asing.

Akan tetapi, nggak mungkin juga mata terus menerus tertuju pada smartphone sementara tangan dan kaki sibuk menyetir, kan? Malahan, itu sangat berbahaya banget, geng!

Maka, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah men-setting pengaturan suara di maps. Nantinya perjalanan mudik bakal dipandu lewat suara yang menuntun kamu secara otomatis ke tempat tujuan dengan selamat.

4. Analisa Rute Terbaik Agar Bebas dari Macet

3 Custom 71271

Penting banget skill membaca peta bagi para pemudik. Selain membantu kamu bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat, kamu juga bisa mengetahui rute mana yang padat merayap dengan kendaraan bermotor.

Selain itu, salah satu keuntungan menginstall maps adalah dapat mengetahui informasi terbaru, entah itu tentang kecelakaan ataupun jalanan yang rusak.

Salah satu aplikasi yang update soal info-info di atas adalah Waze. Berbeda dengan Google Maps, Waze bakal mengupdate informasi permasalahan di jalan, lengkap dengan foto TKP terbaru.

5. Pastikan Charger Mobil atau Power Bank Berfungsi Baik

5 Custom C4a06

Keberadaan penambah daya baterai sangatlah penting dan dibutuhkan siapapun, khususnya pemudik. Mau kamu bawa kendaraan pribadi ataupun naik kendaraan umum, benda ini sangat penting.

Andai smartphone mu tiba-tiba mati, tentunya kamu nggak bakal bisa lihat maps online ataupun offline. Potensi nyasar sangatlah besar dan berbahaya.

Risiko di atas mungkin nggak seberapa berlaku jika kamu yang jadi penumpangnya. Hanya saja, perjalanan jauh tanpa smartphone atau gadget apapun apa nggak bikin mudikmu hampa?

Maka dari itu, sederet power bank terbaik harus kamu siapkan selama perjalanan mudik berlangsung. Charger mobil pun harus kamu siapkan jika membawa mobil.

6. Dengarkan Streaming Musik Terfavorit biar Nggak Bosan

6 Custom 41b2c

Perjalanan mudik yang jauh nggak jarang bikin ngantuk dan bosan. Terus, apa yang bisa dilakukan nih biar perjalanan terasa seru?

Salah satunya yang bisa kamu lakukan adalah menginstall aplikasi streaming musik terbaik. Di sini nanti, kamu bisa dengerin berbagai macam genre musik yang kamu suka.

Tidak hanya bisa mendengarkan lagu-lagu favorit, kamu juga bisa menginstall aplikasi podcast terbaik. Di sana nanti, kamu bisa mengikuti berbagai macam podcast yang ingin kamu dengar.

7. Gunakan Gadget untuk Ketahui Lokasi Rest Area

7 Custom 5547b

Nah, yang paling penting dari setiap perjalanan mudik adalah mengetahui lokasi rest area yang bisa dipergunakan untuk istirahat dan makan sejenak.

Hal ini penting, karena nggak mungkin juga kamu berada di jalan tanpa henti, kan? Kamu harus meluangkan waktu untuk beristirahat dan mengisi energi, sama halnya dengan kendaraan yang kamu tumpangi.

Biar mudikmu bisa berjalan lebih lengkap dan lancar, kamu bisa menginstall aplikasi-aplikasi khusus mudik yang sangat bermanfaat dan bagus.

Akhir Kata

Meskipun tahun ini nggak bisa mudik, namun tips ini bisa kamu pakai untuk liburan panjang selanjutnya, entah di bulan yang akan datang ataupun tahun depan.

Tetap buka Jalantikus.com untuk melihat berbagai macam informasi menarik selama bulan Ramadhan ini. Sampai jumpa di artikel Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Mudik atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
10 Handphone Unik Yang Pernah Dijual Banner

10 Handphone Unik yang Dijual dan Laku Keras di Jamannya

10 Hp Teraneh Nokia

10 Ponsel Nokia dengan Desain Paling Nyeleneh

Af6f945bee38949943d45875229a4492

14 Handphone Terlupakan yang Paling Diincar Pada Tahun 2000-an

20130902172407_2128

4 Cara Mengatasi Handphone yang Terkena Air

Cara Daur Ulang Hp 49b16

4 Cara Mudah Daur Ulang Handphone yang Tidak Terpakai

Handphone Jadul2

5 Handphone Jadoel Terpopuler

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal