J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Tips Belanja Online yang Aman

Tips Belanja Online yang Aman

Jumat, 10 Jan 2014, 10:11 WIB
Hari gini jamannya belanja online! Ayo simak tips ini agar belanja online-mu aman, nyaman dan tentunya menyenangkan!

Saat ini, teknologi sudah sangat berkembang. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan dengan cara online. Tentunya fenomena ini juga mempengaruhi aktivitas jual dan beli barang. Nah, kali ini Jalantikus akan memberikan tips agar belanja onlinemu aman. Berikut ini tipsnya.

[list type=decimal] [li]Pastikan kamu belanja di website yang benar

Kamu harus memastikan website tempat kamu akan membeli barang tersebut adalah website yang benar alias bukan website tipuan. Namun apabila kamu belanja online bukan di website, pastikan penjual tersebut merupakan trusted seller. Cara mengeceknya mudah, kamu bisa coba mencari testimonial tentang penjual atau barang yang dijual tersebut. Kamu harus benar-benar mengamati sejarah transaksi onlinenya.

Tips Belanja Online Yang Aman Trustedseller
[/li]

[li]Utamakan sistem Cash on Delivery

Nah, kamu harus mengutamakan sistem Cash on Delivery (COD) dimana kamu dan penjual akan bertemu secara langsung untuk transaksi. Namun, sebaiknya COD hanya dilakukan untuk pembelian barang mahal. Jika kamu hanya membeli barang puluhan sampai sekitar 300 ribuan, sebaiknya jangan memaksa penjual untuk menjalani sistem COD ini ya. Tidak semua penjual ingin repot bertemu terlebih lagi nilai barang yang dijualnya terbilang kecil.

Tips Belanja Online Yang Aman Cod
[/li]

[li]Jangan lakukan transaksi online di warnet

Hal ini sangatlah penting lho. Kenapa? Agar segala akun perbankan kamu aman. Jadi, jika kamu online di warnet dan melakukan pembayaran atas transaksi tertentu, bisa saja akun bank atau virtual money kamu dibajak nantinya. Intinya jangan pernah lakukan transaksi yang melibatkan akun keuangan pentingmu di tempat yang sembarangan. Jika memang terpaksa, hapuslah history dan cookies setelah kamu menyelesaikan transaksi.

Tips Belanja Online Yang Aman Clearhistory
[/li]

[li]Waspada dengan phishing

Phishing adalah salah satu jebakan dalam dunia maya, dimana kamu dikirimkan link tertentu dengan iming-iming tertentu padahal website yang kamu kunjungi adalah palsu. Nah kalau kamu sudah terlanjur mengisi data diri atau akun bank kamu di website ini tentunya sangat merugikan nantinya. Jadi waspada ya.

Tips Belanja Online Yang Aman Phishing
[/li] [/list]

Demikian beberapa tips yang bisa Jalantikus.com sampaikan. Pesannya, tetap waspada belanja online agar kamu tidak dirugikan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab ya.

Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Jadwal Puasa Ramadhan 2014/1435H

Jadwal Puasa Ramadhan 2014/1435H

Waspada Penipuan Online Menjelang Natal

Waspada Penipuan Online Menjelang Natal

Apa Itu .ORG?

Apa Itu .ORG?

Aplikasi Android Untuk Cek Nomor Resi atau Airwaybill Dari Berbagai Pengiriman

Aplikasi Android Untuk Cek Nomor Resi atau Airwaybill Dari Berbagai Pengiriman

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal