7 Tips Android 7.0 Nougat yang WAJIB Kamu Ketahui

21 March 2017

Salah satu harapan besar pengguna Android di seluruh dunia ialah dapat mencicipi bagaimana rasanya menikmati Android 7.0 Nougat. OS ini membawa perbaikan besar dan menawarkan pengalaman ke tingkat yang berbeda.

Namun seperti biasa, para pabrikan ponsel membutuhkan waktu yang lama untuk menggulirkan update Android 7.0 Nougat ke smartphone mereka. Sekarang mereka sudah mulai meluncurkan update, Jaka juga sudah dapat menjajal Android 7.0 Nougat di ASUS Zenfone 3.

Berikut ialah tips, trik, dan fitur Android 7.0 Nougat yang wajib kamu ketahui.

Tips, Trik, dan Fitur Android 7.0 Nougat

1. Multi-Window, Fitur Paling Keren dari Android Nougat

Multi-Window,-Fitur-Paling-Keren-dari-Android-Nougat

Setelah smartphone Jaka mendapatkan Android 7.0 Nougat, hal pertama yang langsung dicoba ialah fitur multi-window. Kamu bisa membuka dua aplikasi secara bersamaan, layar terbagi menjadi dua.

Jaka mencoba membiasakan pakai fitur ini dalam berbagai skenario, hasilnya cukup mengesankan. Untuk menggunakan fitur multi-window ini caranya mudah, cukup tekan Recent App dan pilih aplikasinya terus tarik ke atas layar. Jadi, aplikasi harus sudah kamu buka dulu ya sebelumnya.

Inilah 18 Fitur yang Paling Diunggulkan di Android N
Inilah 18 Fitur yang Paling Diunggulkan di Android N
Inilah 18 Fitur yang Paling Diunggulkan di Android N
Baca

2. Biar Semua Aplikasi Support Multi-Window

Biar-Semua-Aplikasi-Support-Multi-Window

Ya, nggak semua aplikasi mendukung fitur multi-window. Namun, ada pengaturan di developer options yang bisa kamu aktifkan untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk membuka menu developer options, caranya buka Settings > About > Software information. Lalu tekan pilihan 'Build number' sebanyak tujuh kali.

Setelah itu, buka developer options dan aktifkan pilihan 'Force activities to be resizable'.

3. Direct Reply, Bikin Nggak Repot Membalas Pesan

Direct-Reply,-Bikin-Nggak-Repot-Membalas-Pesan

Fitur keren lainnya yang harus bisa kamu manfaatkan ialah Direct Reply yang memungkinkan kamu membalas pesan secara langsung dari bilah notifikasi. Jadi, kamu bisa langsung membaca dan membalasnya secara langsung tanpa harus membuka aplikasi tersebut.

Tentu fitur ini sangat berguna, contohnya saat kamu lagi keasyikkan main game atau video. Tiba-tiba pesan masuk dan cukup penting, kamu bisa membalasnya langsung dari area notifikasi dan melanjutnya aktivitas kamu.

4. Bisa Blokir Pemberitahuan dengan Cepat

Bisa-Blokir-Pemberitahuan-dengan-Cepat

Di Android 7.0 Nougat ini kamu dapat mengelola jenis pemberitahuan tertentu berdasarkan aplikasi. Misalnya pemberitahuan dari aplikasi media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya.

Nah kamu dapat mengelola dengan cepat pemberitahuan tersebut. Caranya tekan lama pemberitahuan yang masuk, lalu akan muncul beberapa pilihan dan kamu bisa memblokir atau memprioritaskan pemberitahuan tersebut.

5. Jangan Lupa Gunakan Data Saver

Jangan-Lupa-Gunakan-Data-Saver

Fitur data saver di Android 7.0 Nougat juga makin canggih, dengan mengaktifkan fitur ini kamu dapat menghemat data dan hemat baterai. Caranya buka Settings > Data usage > Data saver > dan aktifkan.

Nah kamu bisa mengatur aplikasi apa saja yang penting dan nggak boleh diganggu-gugat. Contohnya aplikasi chatting tertentu, seperti BBM dan WhatsApp, serta aplikasi penting lainnya.

6. Tutup Palsa Layanan Aplikasi yang Berjalan di Background

Tutup-Palsa-Layanan-Aplikasi-yang-Berjalan-di-Background

Terkadang aplikasi yang berjalan di latar belakang mengkomsumsi sumber daya lebih. Sebut saja, Facebook, Instagram, Twitter, dan aplikasi lainnya. Kalau dulu, kamu nggak bisa berbuat banyak untuk menghentikannya.

Namun, di Android Nougat kamu dapat menutup layanan yang berjalan di latar belakang yang sebenarnya nggak perlu. Caranya buka Settings > Developer options dan klik 'Running services'. Terus pilih aplikasinya dan klik 'Stop'.

7. Enkripsi Lebih Baik, Jadi Makin Aman

Enkripsi Lebih Baik, Jadi Makin Aman

Setiap file dan folder di dalam smartphone Android 7.0 Nougat akan terenkripsi dan terlindungi secara individu. Metode enkripsi ini berbeda dengan sistem operasi terdahulu yang membuat enkripsi terhadap keseluruhan file di smartphone Android.

Untuk mengenkripsi smartphone kamu menggunakan skema ini, buka Settings > Developer options > dan klik 'Convert to file encryption' dan klik 'Wipe and convert'.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips, trik, dan fitur di Android Nougat yang wajib kamu ketahui. Fitur apa yang paling kamu cintai di Android 7.0 Nougat? Share pendapat kamu!

Baca juga artikel seputar Android atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar