J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Tips Agar Flashdisk Tidak Cepat Rusak

Tips Agar Flashdisk Tidak Cepat Rusak

Jumat, 21 Feb 2014, 14:10 WIB
Flashdisk kamu gampang rusak? Saatnya hentikan kebiasaan-kebiasaan buruk sebelum membeli flashdisk baru! Coba rawat flashdisk-mu dengan cara-cara di bawah ini.

Flashdisk, barang mini dengan manfaat yang super besar ini dibutuhkan oleh hampir tiap orang pada saat seperti sekarang ini. Flashdisk dibutuhkan oleh para professional, pelajar, wirausahawan bahkan ibu rumah tangga.

Namun masih banyak diantara kita yang belum sepenuhnya paham bagaimana acara menjaga flashdisk agar tetap awet. Kalau sudah rusak, bisa-bisa data yang disimpan di dalamnya tidak akan bisa dibuka. Alhasil, data penting hilang dan pekerjaan pun terabaikan. Bagaimana agar hal ini tidak terjadi? Coba rawat flashdisk-mu dengan cara-cara di bawah ini.

Tips Agar Flashdisk Tidak Cepat Rusak 1

[list type=decimal]

Rajin Scan Virus

Flashdisk sering sekali digunakan untuk memindahkan data baik itu dari komputer atau langsung dari internet. Hal ini memungkinkan virus dari komputer atau internet tersebut juga ikut berpindah bersama data-data ke dalam flashdisk. Sebaiknya scanning viruspada flashdisk harus menjadi kebiasaan penting untuk menjaga barang mini tersebut agar lebih awet. Selain lebih awet, kamu juga tidak akan repot karena harus dihadapkan masalah kehilangan data penting pada flashdisk.

Bijak dalam Menyimpan Data

Hindari menyimpan data yang terlalu banyak di flashdisk. Apabila data yang ingin disimpan terlalu banyak, gunakan zip sebagai alternatif dalam menyimpan data di flashdisk. Selain itu usahakan untuk tidak mengedit data langsung dari flashdisk. Sebaiknya, copy dulu data yang ingin kamu edit ke komputer lalu edit. Setelah selesai baru di-copy kembali ke flashdisk.

Eject Flashdisk Setelah Digunakan

Seringkali kita malas untuk melakukan eject atau stop flashdisk sebelum mencabutnya dari port USB. Hilangkan kebiasaan negatif tersebut mulai dari sekarang! Karena jika flashdisk tidak di-eject, flashdisk akan berpotensi lebih cepat rusak. Proses eject atau stop tersebut bertujuan untuk menghindari corruptnya datamu. Tentunya kamu tidak mau kehilangan data di flashdisk-mu kan?

Tips Agar Flashdisk Tidak Cepat Rusak 2

Tutup Socket USB Saat Tidak Digunakan

Flashdisk yang kamu beli pasti dilengkapi pelindung pada bagian USB-nya. Nah, saat sedang tidak digunakan, tutup socket USB tersebut dengan pelindung yang tersedia. Hal ini menghindari debu masuk ke bagian dalam flashdisk.

Simpan Flashdisk di Tempat yang Benar

Maksudnya adalah jangan menyimpan flashdisk di dekat peralatan elektronik, terutama yang memiliki magnet yang besar seperti Kulkas, TV, ponsel dan lainnya. Medan magnet yang besar tentunya akan mempengaruhi flashdisk. Selain itu hindari flashdisk dari panas. Jadi jangan simpan flashdisk di tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung.

Jangan Terkena Air

Jangan biarkan flashdisk terkena atau terendam air. Meskipun beberapa jenis flashdisk diklaim waterproof, sebaiknya jauhkan flashdisk dari kontak langsung dengan air.

Hindari Flashdisk Terkena Benturan Keras

Benturan keras akan menyebabkan kerusakan pada flashdisk, atau bisa jadi data-data yang ada di dalamnya juga hilang.

Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
4 Tips Jitu Agar Flashdisk Kamu Panjang Umur

4 Tips Jitu Agar Flashdisk Kamu Panjang Umur

Bikin Kapasitas Flashdisk Dua Kali Lipat Lebih Besar, Mudah!

Bikin Kapasitas Flashdisk Dua Kali Lipat Lebih Besar, Mudah!

Cara Menampilkan Isi Flashdisk Yang Disembunyikan oleh Virus

Cara Menampilkan Isi Flashdisk Yang Disembunyikan oleh Virus

Cara Mengunci Komputer Dengan Menggunakan Flashdisk

Cara Mengunci Komputer Dengan Menggunakan Flashdisk

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal