J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Thermal Paste Terbaik & Tips Memilihnya | PC & Laptop Anti Panas!

Jumat, 28 Agt 2020, 21:00 WIB
Thermal paste penting untuk menjaga suhu PC atau laptop agar tetap dingin dan mencegah overheat. Simak daftar thermal paste terbaik dari Jaka!

Kalau kamu pencinta dunia komputer tentu mengetahui kegunaan dari thermal paste atau pasta thermal. Thermal paste umumnya digunakan untuk konduktor dalam menyalurkan panas dari prosesor ke heatsink (HSF).

Makanya thermal paste digunakan agar transfer suhu dari prosesor ke HSF jadi sempurna. Kegunaannya tentu juga untuk meningkatkan performa PC atau laptop milikmu.

Ternyata banyak banget varian dari thermal paste terbaik yang ada di pasaran. Biasanya sebelum memilih mau menggunakan thermal paste yang mana, dilihat dulu dari segi bahan hingga performanya sebagai konduktor.

Agar kamu nggak bingung berikut ini Jaka sudah rangkum sejumlah pasta thermal atau thermal paste terbaik yang bisa kamu temui di pasar Indonesia. Simak baik-baik hingga selesai, ya.

Rekomendasi Thermal Paste Terbaik

Memilih thermal paste atau thermal paste terbaik bakal sedikit membingungkan mana yang cocok untuk GPU dan CPU. Apalagi kalau kamu menggunakan GPU yang gahar dan berkualitas tinggi.

Nggak semua thermal paste itu cocok digunakan pada perangkat tertentu loh. Apalagi kalau kamu memiliki perangkat yang memiliki kinerja yang lumayan tinggi.

Kalau kamu penasaran thermal paste terbaik saat ini apa saja, berikut Jaka sudah merangkumnya buat kamu. Simak artikel ini hingga selesai agar kamu nggak salah pilih thermal paste terbaik yang cocok buat kamu.

Tips Memilih Thermal Paste Terbaik

Pasta Processor Adalah Ca4e7

Hal pertama yang perlu diperhatikan dari thermal paste yakni bahannya yang terkandung di dalamnya. Kebanyakan thermal paste atau thermal grease memiliki bahan dasar minyak dengan polymerizable.

Ada juga yang mengandung bahan seperti silikon dan zinc oxide. Keduanya sama-sama berfungsi sebagai perekat akan tetapi juga bisa menjadi konduktor panas antarkomponen.

Mengapa mengetahui komponen atau bahan dari thermal paste itu penting? Pasalnya campuran bahan yang digunakan pada sebuah thermal grease akan menentukan banyak hal, termasuk kelekatan, konduktivitas elektrik, durabilitasnya, dan konduktor panas.

Kalau Jaka contohkan seperti merek Arctic Silver 5, memiliki kandungan bahan perak di dalamnya. Kemudian thermal paste WLPG 10 memiliki kandungan grafit di dalamnya.

Sehingga tipikal-tipikal produk seperti ini cenderung disebut sebagai thermal paste profesional, geng. Lantaran daya konduksi panasnya yang bagus dan cukup tinggi hingga mencapai 10.5W/mK.

Sehingga bahan dari thermal paste sangat diperhatikan apalagi fungsi utama dari produk ini ialah mengusir panas yang berlebih dari prosesor dan konduktor bagi listrik yang baik.

Selain kamu harus memerhatikan bahan dari thermal paste tersebut. Kamu juga perlu melihat spesifikasi laptop atau PC milikmu apakah cocok atau nggak dengan thermal paste tersebut.

Daftar Thermal Paste Terbaik

Sebelumnya Jaka sudah jelaskan kalau memilih thermal paste sebaiknya juga memperhatikan bahan yang terkandung di dalamnya, pasalnya hal tersebut yang menentukan performanya dalam konduktor panas.

Agar nggak menunggu terlalu lama lagi berikut ini sudah Jaka sajikan daftar thermal paste terbaik yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dari PC atau laptop milikmu, geng.

1. Arctic Silver 5 AS5-3.5G Thermal Compound

Thermal Paste Terbaik 2020 1060b

Harga : Rp130.000,-~Rp225.000,-

Kalau kamu ingin mencoba thermal paste dengan bahan yang terkandung di dalamnya berupa logam mulia, yakni perak. Kamu bisa menggunakan pasta thermal Arctic Silver 5 untuk pengaplikasian pada GPU dan CPU komputer.

Bahkan senyawa yang terkandung dalam pasta thermal ini berupa 99,9% micronized silver. Sehingga dijamin penggunaan thermal paste nggak bakal berantakan, sehingga membuat komputer jadi lebih aman.

Kelebihan lainnya adalah senyawa pasta ini gampang untuk diaplikasikan juga dihapus. Rata-rata para teknisi komputer profesional akan merekomendasikan thermal paste ini karena punya performa yang bagus.

2. DeepCool Z9

Review Thermal Paste 2bb28

Kisaran Harga : Rp83.000,-~Rp110.000,-

Kalau satu ini rekomendasi yang cocok kalau kamu memiliki dana yang terbatas untuk kebutuhan thermal paste, geng.

Meski kemampuannya masih terbatas pada sektor overclocking yakni meningkatkan clock rate dari komponen agar prosesnya berjalan lebih cepat dari biasanya. Biasanya thermal paste sepeti ini dibutuhkan jika upgrade RAM PC atau laptop.

Memiliki rentang harga rata-rata di bawah Rp100 ribu, tentu cukup menarik kamu lirik apalagi jika PC atau laptop milikmu punya prosesor atau GPU yang standar.

3. Cooler Master MasterGel Maker Thermal Paste

Thermal Paste Paling Dingin 33eab

Kisaran Harga : Rp142.000,-~Rp165.000,-

Thermal paste satu ini hadir dengan kemampuan atau fitur konduktivitas non-electrical dan non-curing sehingga CPU, GPU, dan chipset PC atau laptop milikmu lebih aman.

Kalau kamu membutuhkan produk thermal paste yang aman dari risiko korsleting maka MasterGel Maker dari brand Cooler Master bisa jadi rekomendasi yang tepat buatmu.

Ditambah juga dengan teknologi nano diamond partikel yang dibawanya, membuat berat materialnya sangat ringan serta mudah untuk diaplikasikan dan bisa menjaga kondisi komponen dalam waktu lama.

4. WLPG 10 Graphit Transfer Compound

Pasta Processor Laptop 8f892

Thermal paste buatan Fischer Elektronik ini dikenal sebagai thermal paste terbaik berbahan dasar graphite, geng.

WLPG 10 Graphit Transfer Compound memiliki konsistensi senyawa dan pasta yang baik ketika kamu aplikasikan ke prosesor atau GPU. Hal menarik lainnya kemampuan konduktornya yang mencapai 10.5W/mK loh.

Namun thermal paste ini sulit untuk ditemukan atau jarang ada. Sehingga kamu perlu untuk melakukan pemesanan ke luar negeri untuk mendapatkan thermal paste ini.

5. Thermal Grizzly Kryonaut

Thermal Paste Adalah Ff4e5

Kisaran Harga : Rp85.000,-~Rp115.000,-

Kalau kamu menyukai produk thermal paste yang mudah diaplikasikan dengan fitur lengkap. Maka pasta thermal berikut ini layak untuk kamu coba.

Thermal paste Grizzly Kryonaut ini memiliki alat bantu seperti spatula mungil yang membantu kamu dalam mengaplikasikannya.

Kelebihan lain dari thermal paste ini ialah kemampuan konduktif non-listrik juga konduktivitas panasnya yang bisa mencapai 12,5W/mK.

6. Coollaboratory Liquid Ultra

Arctic Silver 5 As5 3 5g Thermal Compound Bb826

Kisaran Harga : Rp330.000,-~Rp525.000,-

Thermal paste terbaik dengan berbahan dasar logam ini dinilai bisa memberikan hasil yang optimal dan mudah dalam mengaplikasikannya pada perangkat.

Pasalnya fitur yang dimilikinya cenderung lebih basah dari thermal paste pada umumnya, sehingga kamu bisa menggunakannya secara tepat juga rapi, geng.

Selain itu bahan yang terbuat 100 persen berasal dari logam sehingga dijamin mampu menurunkan suhu dari perangkat secara drastis. Namun thermal paste ini nggak cocok kalau digunakan pada pendingin berbahan alumunium.

Apabila suhu laptop dingin atau normal, maka laptop nggak gampang mati dan juga ampuh untuk hemat baterai laptop loh.

7. Thermal Grizzly Conductonaut

Perbedaan Thermal Paste Murah Dan Mahal E2ec1

Kisaran Harga : Rp175.000,-~Rp200.000,-

Buat yang menggunakan thermal paste keluaran Thermal Grizzy tentu tahu produk-produknya yang dikembangkan terus untuk mengatasi panas secara efisien.

Apalagi daya konduksinya dari Thermal Grizzy Conductnout ini bisa mencapai 73W/mk loh. Makanya nggak heran kalau thermal paste ini juga sering direkomendasikan.

Apalagi kalau kamu ahli yang ingin memiliki solusi transfer suhu panas yang baik dengan jarak suhu di atas 8 derajat celcius, geng.

Akhir Kata

Itu tadi sejumlah pasta thermal terbaik yang bisa kamu gunakan sebagai rekomendasi diaplikasikan pada prosesor, GPU, atau chipset perangkat PC dan laptop milikmu, geng.

Kamu bisa coba dan sesuaikan dengan kebutuhan perangkat PC atau laptop milikmu. Daripada harus dibawa ke service center resmi laptop yang perlu menunggu waktu lama.

Apakah ada hal lain yang ingin kamu tanyakan seputar PC atau laptop? Share di kolom komentar ya, agar Jaka buatkan artikelnya untukmu.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

ARTIKEL TERKAIT
Lenovo Legion Y740 Banner 01 E5651
Bobot Berat & Desain Kaku? Padahal 3 Mitos Laptop Gaming Ini Udah Basi di 2020 Lho!
Perbedaan Windows 10 Home Dan Windows 10 Pro A980f
5 Perbedaan Windows 10 Home dan Pro, Jangan Salah Pilih!
Daftar Service Center Hp Di Indonesia Terlengkap 2020 Bisa Buat Laptop Printer D6284
Daftar Service Center HP di Indonesia Terlengkap 2020 (Laptop & Printer)
Cara Restart Laptop 522c6
Cara Restart Laptop Berbagai Merek & Versi Windows, Lengkap!
Harga Ssd Laptop 2020 9e290
Daftar Harga SSD Laptop 2020, Lengkap Semua Merek & Ukuran
Cara Mengatasi Laptop Hang Ba82c
18 Penyebab & Cara Mengatasi Laptop Hang, 100% Berhasil!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Merk Laptop Terbaik 2020 yang Canggih, Awet, & Anti Lemot!
7 Merk Laptop Terbaik 2020 yang Canggih, Awet, & Anti Lemot!
7 Laptop  Harga 7 Jutaan Terbaik 2020, Bisa Buat Gaming!
7 Laptop Harga 7 Jutaan Terbaik 2020, Bisa Buat Gaming!
7  Laptop 2-in-1 (Hybrid) Murah Terbaik 2020, Bisa Jadi Tablet!
7 Laptop 2-in-1 (Hybrid) Murah Terbaik 2020, Bisa Jadi Tablet!
10 Laptop Gaming Terbaik 2020 untuk Gamer Sejati, Game Apapun Ngangkat!
10 Laptop Gaming Terbaik 2020 untuk Gamer Sejati, Game Apapun Ngangkat!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal