10 Temuan Bangsa Yahudi yang Kini Mendunia | Sering Kamu Gunakan!

Teknologi merupakan sebuah sarana untuk menyediakan berbagai barang untuk membantu kelangsungan hidup manusia.

Mudahnya, manusia mengembangkan teknologi untuk membantunya mengerjakan aktivitas dengan lebih gampang dan cepat. Misalnya mobil dan komputer.

Teknologi selalu mengikuti kebutuhan manusia. Sehingga setiap ada masalah yang dialami oleh manusia, pasti ada saja orang yang mengembangkan teknologi untuk mengatasinya.

Berikut adalah berbagai bentuk teknologi canggih yang digunakan bahkan dibutuhkan oleh banyak orang di dunia dan diciptakan oleh ras bangsa Yahudi.

Jaka yakin, pasti kamu pernah menggunakan salah satu penemuan buatan orang Yahudi ini!

1. Intel

Penemu Asal Yahudi 72a0e

AMD dan Intel jadi duo produsen prosesor paling top sedunia. Namun jika dilihat dari statistik penjualan perangkat komputer dan jumlah pengguna, maka Intel bisa dikatakan jauh mengungguli AMD.

Intel terkenal dengan kecepatannya yang stabil serta tahan dari panas. Hal ini membuat ia durable dan bisa awet sampai tahunan.

Perkembangan Intel sendiri juga termasuk cepat. Dalam 5 tahun berbagai upgrade prosesor sudah tersedia.

Tak hanya melulu menciptakan otak komputer, Intel juga mengembangkan banyak sekali teknologi canggih. Misalnya saja yang mungkin sudah akan dirilis adalah teknologi face recognition.

Teknologi ini memungkinkan komputer mengenali wajah kita dan ini bisa diimplementasikan dalam banyak hal, terutama untuk bidang keamanan.

Pertanyaan pentingnya, di manakah Intel dikembangkan? Jawabannya adalah Israel.

2. Flash Disk

Bill Gates Keturunan Yahudi 4d9cd

Teknologi USB Flash Drive (atau akrab disebut Flash Disk) adalah salah satu temuan mutakhir bangsa Yahudi. Pada April 1999 perusahaan asal Israel bernama M-Systems mematenkan teknologi tersebut.

DiskOnKey, Flash Drive berukuran 8MB, merupakan Flash Drive pertama yang diproduksi.

Pada 2006, M-Systems kemudian dibeli oleh SanDisk seharga 1,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp21 triliun!

3. Firewall

Ilmuwan Yahudi 2b419

Teknologi lain yang umum digunakan masyarakat dunia ialah Firewall, sistem komputer yang mengawasi jaringan.

Firewall-1, cikal bakal Firewall, diciptakan perusahaan asal Israel bernama Check Point pada 1993.

Di bidang keamanan komputer, Israel bisa dibilang jawara. National Cyber Bureau Israel, mengatakan bahwa mereka menguasai 10 teknologi keamanan dunia pada 2014 lalu.

4. Google

Teknologi Canggih Di Dunia Yang Diciptakan Oleh Orang Yahudi 1 Eb04c

Google adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam jasa dan produk internet terbesar di dunia.

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan perusahaan satu ini. Apalagi jika kamu menggunakan Android yang juga salah satu produk dari Google.

Siapa sangka, duo pendiri Google merupakan keturunan Yahudi Israel yang berkuliah di Universitas Stanford. Mereka adalah Larry Page dan Sergey Brin.

5. Senjata Nuklir

Teknologi Canggih Di Dunia Yang Diciptakan Oleh Orang Yahudi 5 6e1df

Selanjutnya adalah senjata nuklir yang pernah membuat sejumlah kehancuran pada Perang Dunia Kedua, yaitu pada Nagasaki dan Hiroshima.

Kedua kota ini adalah saksi dari betapa kejamnya efek dari senjata nuklir terhadap manusia. Untung saja, AS langsung membuat regulasi dalam penggunaan senjata nuklir pada peperangan.

Tak hanya membuat teknologi canggih yang mengatasi masalah, seorang ahli fisika keturunan Yahudi ini malah membuat senjata yang berbahaya.

Ia bernama Robert Oppenheimer yang juga disebut debagai 'Bapak Bom Atom' karena pengembangannya atas senjata nuklir pertama pada Manhattan Project.

Tak berhenti di situ, seorang dari Hungaria keturunan Yahudi bernama Edward Teller membuat bom hidrogen.

6. Laser

Teknologi Canggih Di Dunia Yang Diciptakan Oleh Orang Yahudi 3 52614

Apa yang kamu pikirkan jika mendengar kata laser?

Pada film science fiction, laser sering digunakan untuk senjata masa depan pada peperangan.

Namun, jika bicara tentang kegunaannya dalam aktivitas sehari-hari, laser lebih digunakan untuk mendeteksi barcode hingga membaca DVD.

Laser sendiri merupakan singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation atau alat untuk memancarkan radiasi elektromagnetik dalam bentuk cahaya.

Laser dapat dibedakan fungsinya melalui berkas cahaya yang dihasilkan. Semakin besar berkas cahaya, maka semakin besar daya potong atau bakar dari laser.

Bicara tentang laser, orang pertama yang menemukannya adalah Theodore Maiman. Ia merupakan seorang ahli fisika keturunan Yahudi.

Penemuannya ini pun berdasarkan teori yang diciptakan oleh Albert Einstein, geng. Hingga saat ini, laser terus dikembangkan dan digunakan.

7. Vaksin Kolera dan Sampar

Teknologi Canggih Di Dunia Yang Diciptakan Oleh Orang Yahudi 6 765fe

Seorang keturunan Yahudi satu ini juga pernah menemukan vaksin untuk Kolera dan Sampar.

Kedua penyakit ini mampu menyebabkan kematian bagi banyak orang selama ratusan tahun. Penyakit ini juga dikenal sebagai pandemi Black Death modern.

Pada tahun 1800-an, tidak ada obat untuk penyakit ini. Sehingga menjadikan penyakit ini sebagai wabah paling mengerikan di zamannya.

Namun, seorang ahli bakteri, Waldemar Haffkine berhasil menemukan vaksin untuk Kolera dan Sampar. Tentunya dengan cara yang tak mudah.

Ia sempat menguji coba vaksin kepada dirinya sendiri, bahkan pindah ke India hingga 30 tahun untuk meneliti penyakit ini pada sumbernya.

8. Teori Relativitas Massa dan Energi

Teknologi Canggih Di Dunia Yang Diciptakan Oleh Orang Yahudi 2 E7710

Siapa yang gak kenal dengan Albert Einstein?

Seorang ilmuan fisika teoretis yang paling dikenal pada abad ke-20. Salah satu penemuan yang ia kemukakan adalah teori realitivitas.

Teori ini sangat terkenal hingga dibahas kembali pada kejadian foto blackhole yang ramai dibahas pada April 2019 lalu.

Ia juga sempat dikatakan sebagai salah satu manusia paling cerdas yang pernah ada dengan berbagai penemuan yang tidak dapat dikembangkan oleh ilmuan biasa.

Namun, siapa sangka bahwa Einstein merupakan seorang keturunan keluarga Yahudi. Pada masa kecilnya, ia disekolahkan di sekolah Katolik.

9. Vaksin Polio

Teknologi Canggih Di Dunia Yang Diciptakan Oleh Orang Yahudi 4 28ff8

Apa yang terjadi jika kamu terkena Polio? Salah satu bagian tubuh akan menjadi kaku dan lumpuh. Polio ini menyerang sistem saraf pusat yang disebabkan oleh virus.

Penyakit ini lebih sering menyerang bagian kaki, tapi ada juga kasus yang menyebabkan orang menjadi sulit bernapas dan menelan, sehingga menyebabkan kematian.

Polio pertama kali muncul pada abad ke-19 di Eropa dan menyerang ratusan ribu orang termasuk presiden AS, Franklin D. Roosevelt.

Namun, seorang biologis Autria, Karl Landsteiner mampu mengidentifikasi Virus Polio. Siapa sangka, pahlawan Polio ini adalah seorang keturunan Yahudi.

Tak berhenti di situ, Jonas Salk yang merupakan seorang peneliti medis, melanjutkan risetnya untuk menyembuhkan penyakit Polio, yang membutuhkan waktu 7 tahun penelitian.

Semenjak itu, angka korban yang terjangkit penyakit Polio menurun secara drastis.

Salk pun menolak untuk mematenkan vaksin yang ia teliti karena ia melakukan itu bukan untuk uang, tapi untuk kesembuhan bayak orang.

10. Waze

Teknologi Canggih Di Dunia Yang Diciptakan Oleh Orang Yahudi 8 Cab0e

Terakhir adalah sebuah teknologi GPS melalui aplikasi Waze yang dapat digunakan oleh pengguna smartphone secara gratis.

Aplikasi ini pertama kali diciptakan oleh Uri Levine, Ehud Shabtai, dan Amir Shinar di Israel pada 2008.

Atas ciptaannya, banyak orang tak kesulitan lagi untuk mencari jalan dan menemukan lokasi tertentu. Setelah laku di banyak negara, aplikasi ini pun dibeli oleh Google.

Terlepas dari kontroversinya, mungkin ada baiknya kita berterima kasih pada orang Yahudi atas ciptaannya. Berkatnya, banyak teknologi yang berguna untuk kita saat ini.

Akhir Kata

Itu dia teknologi canggih dan sangat berguna di dunia yang diciptakan oleh orang Yahudi. Beberapa teknologi yang mereka buat malah mampu menghambat sejumlah kematian.

Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari JalanTikus.com.

ARTIKEL TERKAIT
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Pandemi Covid19 2021 Bisa Lebih Buruk Dari 2020 41167
WHO: Pandemi COVID-19 di 2021 Bisa Lebih Buruk dari 2020
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Lukisan345 3850a
Lukisan Goa Tertua di Dunia Ditemukan di Indonesia, Begini Penampakannya!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal