5 Teknologi yang Ternyata Terinspirasi dari Anime | Nggak Nyangka Banget!

Default

Perkembangan teknologi di dunia saat ini tidak hanya dihasilkan dari berkembangnya ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh manusia. Namun, juga banyaknya sumber inspirasi.

Inspirasi bisa datang dari mana saja, termasuk juga dari anime Jepang terbaik yang memberikan begitu banyak inspirasi bagi penemuan teknologi.

Teknologi-teknologi ini muncul jauh setelah anime Jepang ini menayangkannya terlebih dahulu dalam kisah cerita mereka.

Teknologi apa saja yang dimaksud? Berikut ini adalah teknologi yang terinspirasi dari anime Jepang. Simak hingga selesai, yuk!

1. Robot Android Interaktif

Teknologi Yang Terinspirasi Dari Hewan Kelelawar B0fca

Apakah kamu penggemar anime legendaris Dragon Ball? Anime ini adalah salah satu anime Jepang yang disebut sebagai pemilik 'liga' fans yang cukup besar di dunia.

Siapa sangka robot Android yang berada dalam anime ini, sanggup diadaptasi ke dunia nyata. Universitas Osaka yang menemukan android interaktif yang disebut Erica pada tahun 2015 lalu!

Erica dapat melakukan percakapan sederhana dan menunjukkan gerakan emosi kecil, seperti berkedip, memiringkan kepala, dan sedikit gerakan wajah.

Visi saat ini adalah memiliki android seperti Erica yang bekerja sebagai resepsionis di kantor, untuk menyapa dan mengarahkan pelanggan.

Pada tahun 2017 ilmuwan bernama David Franklin Hanson Jr. juga membuat robot humanoid. Bahkan robot itu sudah dilengkapi dengan kecerdasan buatan alias AI (Artificial Intelligence).

Uniknya, robot humanoid ini diakui dunia sebagai robot yang nyaris menyerupai manusia karena memiliki gerak gerik dan juga kemampuan yang mirip dengan kita.

2. Spray On Skin

10 Teknologi Masa Depan Berikut Penjelasannya D0b73

Teknologi yang ada di anime Pokemon juga ikutan hadir di dunia nyata! Anak generasi 90an tentunya sudah tidak asing lagi dengan anime satu ini.

Pokemon termasuk dalam anime Jepang terpopuler yang menghadirkan beragam monster unik dan teknologi yang digunakan untuk menangkap mereka. Salah satunya teknologi yang disebut Burn Heal berupa semprotan untuk menyembuhkan luka bakar.

Saat ini salah satu teknologi canggih yang diadaptasi dari anime Pokemon bernama Spray On Skin atau Semprotan Kulit telah dibuat.

Teknologi ini diciptakan ahli bedah plastik dr. Fiona Wood dan ilmuwan Marie Stoner. Spray On Skin berfungsi mempercepat proses penyembuhan kulit saat mengalami luka bakar secara praktis.

3. Virtual Reality

Teknologi Terbaru Di Masa Depan 786ff

Teknologi yang beberapa tahun belakangan tengah booming di kalangan masyarakat ini hadir dalam film sci-fi dan anime sejak 40 tahun lalu!

Selain itu ternyata teknologi ini diadaptasi dari anime Jepang, Sword Art Online yang pernah menjadi bahan perbincangan tahun 2012 lalu.

Faktanya, teknologi ini baru digunakan secara komersial pada tahun 2016! Pada dasarnya, teknologi yang terinspirasi dari anime ini membuat hal yang dilihat di dunia maya menjadi nyata.

4. Anggota Badan Bionik

10 Teknologi Masa Kini 4f1e8

Tentunya kamu mengenal anime Full Metal Alchemist bukan? Anime Jepang satu ini diangkat dari seri manga yang sangat terkenal. Di dalam ceritanya, anime ini memperkenalkan teknologi Bionic Limbs.

Saat ini teknologi anggota tubuh buatan tersebut bisa ditemui di dunia nyata. Salah satunya temuan DARPA yang membuat terobosan anggota tubuh mekanis yang mampu untuk merasakan sensasi saat memegang benda.

Peristiwa menarik lainnya terjadi pada tahun 2015 di University of California di mana seorang pria lumpuh mampu berjalan 3,5 meter menggunakan pengaturan otak-ke-komputer.

Pikirannya diteruskan secara nirkabel ke komputer yang terhubung ke sabuk yang disambungkan ke saraf di kakinya dan menghasilkan respons gerakan! Wow, keren banget!

5. Hologram

Teknologi Canggih Terbaru 2020 A9435

Dalam kartun Jepang Psycho Pass, teknologi Hologram biasa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Mulai dari untuk memproyeksikan diri sendiri, sampai mengubah penampilan busana.

Teknologi Hologram tersebut kini diterapkan dalam perangkat asisten virtual, bernama Gatebox.

Butuh sesuatu yang lebih mencolok? Intel membuat gaun untuk ikon pop seperti Beyonce dan Lady GaGa yang bernama "Chromat".

Teknologi ini berupa panel cetak 3D yang bereaksi terhadap detak jantung penggunanya yang akan membuat pakaian berubah dan bersinar tampilannya.

Akhir Kata

Itu tadi rangkuman dan ulasan dari teknologi yang ternyata terinspirasi dari anime Jepang. Bahkan teknologi ini sangat membantu kebutuhan manusia saat ini.

Simak juga penemu yang justru terbunuh oleh penemuannya sendiri dalam artikel yang sudah Jaka rangkum berikut ini:

Temuan Ffb44
7 Penemu Yang Terbunuh Oleh Temuannya Sendiri, Inovasi Berujung Petaka!
Menghasilkan suatu inovasi tentu bukan hal mudah. Tragisnya, beberapa penemu justru berakhir nahas karena terbunuh oleh inovasinya sendiri!
LIHAT ARTIKEL

Menurut kamu teknologi mana lagi yang terinspirasi dari anime Jepang? Bagikan pendapatmu di kolom komentar juga ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari JalanTikus.com

ARTIKEL TERKAIT
Film Sci Fi Terbaik Banner E53bb
Rekomendasi Film Sci-Fi Terbaik Sepanjang Masa, Bakal Bikin Kamu Mikiiir!
7 Film Action Sci Fi Yang Dipandang Sebelah Mata Padahal Keren Abis F5ca6
7 Film Action Sci-Fi yang Dipandang Sebelah Mata, Padahal Keren Abis!
Banner Aeb8b
7 Anime yang Membahas Teknologi Canggih, Meramal Masa Depan?
Banner 8f801
5 Film yang Berhasil Memprediksi Teknologi Masa Depan, Kebetulan Semata?
Hebat Banget 7 Ramalan Teknologi Bill Gates Di Masa Lalu Yang Menjadi Kenyataan Fd925
Hebat Banget! 7 Ramalan Teknologi Bill Gates di Masa Lalu yang Menjadi Kenyataan
7 Film Sci Fi Paling Absurd Dan Tidak Dimengerti Bikin Pusing 9da18
7 Film Sci-Fi Paling Absurd dan Tidak Dimengerti, Bikin Pusing Doang!
Tags Terkait: anime
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal