J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 Teknologi Perang Dunia II Paling Canggih | No.6 yang Paling Ditakuti Hingga Saat ini!

              7 Teknologi Perang Dunia II Paling Canggih | No.6 yang Paling Ditakuti Hingga Saat ini!

              00
              Minggu, 12 Jan 2020, 12:00 WIB
              Bukan cuma sukses menewaskan para sekutu, beberapa teknologi Perang Dunia II berikut ini disebut-sebut merupakan yang paling canggih.

              Berlangsung mulai tahun 1939 sampai 1945, Perang Dunia II merupakan perang terluas dalam sejarah karena melibatkan banyak sekali negara di dunia dan lebih dari 100 juta orang di berbagai pasukan militer.

              Berbagai teknologi perang pun banyak digunakan di era ini untuk mengalahkan para musuh hingga disebut-sebut sebagai salah satu era di mana perkembangan teknologi militer berkembang sangat pesat.

              Namun, tentunya nggak semua teknologi perang yang diciptakan tersebut berhasil memberikan dampak besar terhadap pihak musuh, geng.

              Nah, di artikel kali ini Jaka akan membahas mengenai teknologi Perang Dunia II paling canggih yang pernah diciptakan di era ini.

              Teknologi Perang Dunia II Paling Canggih

              Bukan cuma di era sekarang saja di mana teknologi berkembang dengan sangat pesat dan canggih, di era Perang Dunia II pun rupanya beberapa teknologi diciptakan dengan cukup canggih di masanya, termasuk teknologi perang.

              Berikut adalah beberapa teknologi Perang Dunia II paling canggih yang pernah dibuat.

              1. Roket V2

              Roket V2 3e72d

              Dibuat pada masa Perang Dunia II, roket V2 merupakan rudal balistik jarak jauh pertama yang dibuat oleh Nazi di Jerman sebagai senjata untuk melawan pasukan sekutu.

              Sekitar lebih dari 3.000 roket ini dilepaskan pertama kali pada September 1944 dan sukses mematikan lebih dari 7.250 orang, termasuk anggota militer dan penduduk sipil.

              Karena kecanggihannya tersebut, roket V2 pun kemudian telah menginspirasi berbagai roket modern termasuk roket Saturn V yang dipergunakan dalam perjalanan ke bulan.

              2. Pesawat Messerschmitt Me-262

              Pesawat Messerschmitt Me 262 3d17d

              Dirancang sebelum Perang Dunia II dimulai, Messerschmitt Me-262 merupakan pesawat tempur jet pertama di dunia yang beroperasi.

              Pesawat ini disebut-sebut sebagai salah satu desain penerbangan paling canggih dalam penggunaan operasional selama Perang Dunia II.

              Diklaim sebagai pesawat tempur paling cepat dan lebih berat dari pesawat tempur sekutu manapun, Messerschmitt Me-262 memiliki peran sebagai pembom ringan, pengintaian, dan versi pesawat tempur malam eksperimental.

              Sayangnya, pesawat ini disebut-sebut terhitung terlambat memasuki medan perang karena sempat mengalami masalah pada mesinnya.

              3. Pesawat Silbervogel

              Pesawat Silbervogel 8fd44

              Diproduksi di akhir tahun 1930-an oleh Eugen Sanger dan Irene Bredt untuk Jerman, Silbervogel merupakan pesawat pembom sub-orbital berbahan bakar roket propelan cair yang sangat canggih pada zamannya.

              Pesawat yang dijuluki sebagai Amerika Bomber ini dirancang untuk mempunyai kecepatan supersonik yang mampu terbang sampai atmosfer.

              Pesawat Silbervogel sendiri merupakan salah satu dari sejumlah desain yang dipertimbangkan untuk misi Amerika Bomber, proyek Jerman untuk memperoleh pembom strategis jangka panjang yang mampu menyerang Amerika Serikat.

              4. Kyushu J7W Shinden

              Kyushu J7W Shinden 1649b

              Sebagai salah satu negara dengan teknologi paling canggih, Angkatan laut Kekaisaran Jepang (IJN) berhasil mengembangkan pesawat tempur Kyushu J7W Shinden sebagai interceptor berbasis darat berjarak pendek.

              Pesawat dengan panjang 9.66 Meter ini diharapkan menjadi interceptor alias pesawat pencegat yang mampu bermanuver dengan lincah yang dipersenjatai dengan empat meriam 30 mm.

              Pesawat tempur Kyushu J7W Shinden sendiri menjadi teknologi militer milik Jepang yang cukup canggih pada saat itu dan merupakan pesaing dari pesawat Boeing B-29 Superfortess yang sempat membombardir pulau-pulau di Jepang.

              5. Meriam Schwerer Gustav

              Meriam Schwerer Gustav B4b87

              Dikembangkan pada tahun 1930-an oleh perusahaan Krupp, Schwerer Gustav merupakan artileri meriam pengepungan yang dibuat untuk menghancurkan benteng utama dari French Maginot Line, benteng terkuat yang pernah ada.

              Schwerer Gustav disebut-sebut sebagai senjata terbesar yang pernah digunakan dalam pertempuran yang memiliki bobot hampir 1.350 ton.

              Berbicara mengenai kekuatan, meriam ini mampu menembakkan peluru seberat 7 ton sejauh 47 kilometer sehingga nggak heran kalau meriam Schwerer ini menjadi salah satu teknologi militer Jerman paling canggih di era Perang Dunia II.

              Namun, meriam ini hancur menjelang perang pada tahun 1945 untuk menghindari penangkapan oleh Tentara Merah Soviet.

              6. Bom Fat Man

              Bom Fat Man F957c

              Berhasil membuat kota Nagasaki porak poranda akibat daya ledaknya yang sangat kuat, Fat Man merupakan nama kode dari bom nuklir yang dijatuhkan Amerika Serikat di Jepang pada 9 Agustus 1945.

              Bahkan, serangan bom di Nagasaki tersebut memiliki tingkat kematian tertinggi ketiga dalam sejarah Perang Dunia II setelah serangan nuklir di Hiroshima dan serangan bom api di Tokyo.

              Bom Fat Man sendiri memiliki daya ledak setara dengan 75 juta batang dinamit dan menjadi salah satu teknologi militer Amerika tercanggih dan terkuat saat itu.

              7. Tank T-34

              Tank T 34 Dfcb5

              Memiliki bobot 26.5 ton, T-34 merupakan tank medium buatan Uni Soviet yang diproduksi dari tahun 1940 sampai 1958.

              Bukan cuma menjadi salah satu yang paling canggih, tank T-34 juga disebut sebagai tank paling efektif, efisien, dan memiliki desain paling berpengaruh pada Perang Dunia II.

              Tank ini kemudian menjadi senjata andalan utama dari para Tentara Merah di Perang Dunia ke-II untuk melawan para sekutu kala itu.

              Akhir Kata

              Nah, itulah tadi beberapa teknologi khususnya teknologi militer paling canggih yang sudah ada sejak Perang Dunia ke-II, geng.

              Akibat kemunculan teknologi-teknologi canggih tersebut, setidaknya sudah ada jutaan nyawa melayang di era tersebut.

              Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

              Tunggu sebentar...

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal