J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Teknologi Tercanggih Saat Perang Dunia I, No. 5 masih Dipakai Sampai Sekarang!

7 Teknologi Tercanggih Saat Perang Dunia I, No. 5 masih Dipakai Sampai Sekarang!

Senin, 13 Jan 2020, 10:00 WIB
Perang memang buruk tapi banyak teknologi yang lahir dari masa perang! Di sini Jaka mau share 7 inovasi teknologi paling canggih di masa Perang Dunia I.

Nggak ada dari kita yang ingin melihat adanya peperangan tapi tidak bisa dipungkiri, banyak inovasi teknologi yang muncul di masa-masa perang.

Ketika sebuah negara dihadapkan dengan pilihan hidup dan mati, mereka akan rela melakukan apa saja untuk bertahan hidup yang akhirnya melahirkan inovasi teknologi.

Tentunya, banyak inovasi di sini yang terletak di dalam bidang militer tapi banyak juga yang akhirnya memiliki aplikasi komersil, geng!

7 Inovasi Teknologi Paling Canggih di Masa Perang Dunia I

Sebagai contoh, kalian tahu tidak kalau internet itu lahir dari proyek ARPANET yang berasal dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat?

Internet yang kalian gunakan untuk membaca artikel ini berasal dari militer dan nggak sedikit hal yang kita gunakan sekarang itu awalnya untuk keperluan militer, geng!

Di sini, Jaka akan mengajak kalian ke masa lalu dan melihat 7 inovasi teknologi paling canggih di masa Perang Dunia I!

1. Tank

British Mark 1 Eb852

Di masa Perang Dunia I, pertempuran yang awalnya diprediksi akan menggunakan manuver cepat berubah dengan penggunaan parit sebagai posisi bertahan yang efektif.

Hasilnya, banyak tentara Sekutu yang tumbang ditembak pasukan Jerman saat menyerang yang mendorong pengembangan tank sebagai kendaraan perang.

Dibantu oleh perkembangan mobil di awal abad 20, pasukan Inggris berhasil menggunakan tank pertama di dunia yang dinamakan British Mark 1.

Kesuksesan tank ini akhirnya mendorong Perancis untuk mengembangkan tank Renault FT yang memiliki desain dengan senapan mesin di atas.

Sampai sekarang, tank adalah salah satu kendaraan militer paling terkenal dan merupakan salah satu kekuatan utama militer Rusia, geng!

2. Flamethrower (Penyembur Api)

Flamethrower E5746

Sebenarnya, rakyat Bizantium dan China sudah menggunakan api sebagai senjata perang di abad pertengahan tapi penggunaan flamethrower modern dimulai di Perang Dunia I.

Pasukan Jerman sudah mengembangkan senjata ini dari sebelum Perang Dunia I dimulai tapi penggunaannya baru meluas dengan munculnya bunker perlindungan di medan perang.

Flamethrower terbukti efektif dalam membasmi pasukan di dalam bunker tanpa menghancurkan bunker tersebut sehingga dapat digunakan di pertempuran selanjutnya.

Berbeda dengan peluru biasa yang hanya bisa bergerak lurus, flamethrower dapat digunakan secara efektif di medan-medan seperti ini, geng.

Di jaman sekarang bahkan sudah ada senjata freeze gun yang memiliki kekuatan berlawanan dengan flamethrower.

3. Gas Beracun

Chlorine Gas 1839c

Nggak semua inovasi teknologi itu baik seperti yang dibuktikan oleh penggunaan gas beracun yang dimulai oleh pasukan Jerman di Perang Dunia I.

Penggunaan parit di Perang Dunia I memaksa pasukan Jerman untuk bertindak kreatif salah satu solusi yang digunakan Jerman adalah gas beracun.

Di tahun 1915, pasukan Jerman berhasil menggunakan gas klorin untuk memaksa pasukan Perancis untuk mundur dan taktik ini akhirnya ditiru oleh pasukan Sekutu.

Sayangnya, penggunaan gas beracun ini diikuti oleh pengembangan masker gas yang memaksa kedua sisi untuk mulai menggunakan senyawa aneh lainnya.

Di kota Centralia di Amerika, sempat ada kejadian kebocoran gas beracun yang membuat kota tersebut ditinggalkan yang menginspirasi game horor Silent Hill.

4. Peluru Cahaya

Tracer Bullet 99a6c

Untuk mempermudah pertempuran di malam hari, pasukan Inggris menciptakan sebuah peluru cahaya yang mengeluarkan jejak cahaya ketika ditembakkan.

Cahaya tersebut memudahkan pasukan Inggris dan pasukan Sekutu lainnya untuk melihat arah tembakan mereka yang membuat peluru jenis ini sangat populer.

Selain itu, jejak cahaya tersebut juga ternyata dapat membakar hidrogen yang sangat mematikan ketika digunakan terhadap balon udara milik Jerman.

5. Pemandu Lalu Lintas Udara

Air Traffic Controller 8e871

Saat pesawat terbang pertama kali muncul di dunia, hubungan antara pilot dan daratan langsung terputus begitu pesawat tersebut lepas landas, geng.

Ketiadaan koordinasi antara kedua sisi ini tentunya sangat nggak ideal, terutama ketika pesawat terbang mulai digunakan di medan perang.

Melihat situasi ini, Amerika Serikat di sisi Sekutu langsung mengembangkan sebuah radio dua-arah untuk memfasilitasi komunikasi menggunakan telegraf di tahun 1915.

Di tahun 1917, radio tersebut dikembangkan lebih lanjut untuk bisa mengirimkan suara yang melahirkan profesi pemandu lalu lintas udara yang ada sampai sekarang.

Tanpa adanya inovasi ini, kita nggak akan bisa jalan-jalan menggunakan pesawat karena lalu lintas pesawat pasti akan kacau balau, geng!

6. Bom Laut

Depth Charges 5fd7d

Di masa Perang Dunia I, pasukan Jerman berhasil menggunakan kapal selam mereka yang dinamakan U-boat untuk mengacaukan transportasi kargo laut pasukan Sekutu.

Situasi ini akhirnya memaksa pasukan Sekutu untuk mengembangkan cara melawan U-boat tersebut dan melahirkan teknologi bom laut.

Dengan mengukur tekanan air, bom laut tersebut dapat diatur untuk meledak pada kedalaman tertentu agar memastikan bahwa bom tersebut tidak meledak di permukaan.

Bom laut ini pertama kali digunakan di Januari 1916 dan terbukti berhasil menenggelamkan satu U-boat Jerman di Maret 1916, geng!

7. Hidrofon

Hydrophone 2ab81

Tentunya, percuma memiliki bom laut jika kita pasukan Sekutu tidak bisa mengetahui kedalaman U-boat yang bersangkutan yang akhirnya melahirkan alat hidrofon.

Awalnya, hidrofon ini dimaksudkan untuk bisa menemukan reruntuhan kapal Titanic yang sudah kita kenal dari film berjudul sama dan lalu dikembangkan lebih lanjut.

Dengan menggunakan suara, alat ini dapat mendeteksi perubahan tekanan air dan menentukan kedalaman dari suatu objek yang ada di bawah laut, geng.

Ketika digunakan bersama bom laut, alat ini terbukti efektif dalam melawan ancaman U-boat Jerman dan teknologi ini akhirnya dikembangkan menjadi teknologi Sonar.

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar 7 inovasi teknologi paling canggih di masa Perang Dunia I. Banyak teknologi di atas yang sampai sekarang manfaatnya bisa kita rasakan.

Flamethrower dalam skala kecil sekarang banyak digunakan di dapur dan kita nggak bisa wisata ke luar negeri tanpa adanya pemandu lalu lintas udara, geng!

Bagaimana pendapat kalian mengenai inovasi teknologi di atas? Apakah kalian setuju kalau perang itu nggak selamanya buruk? Langsung share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
7 Teknologi Perang Canggih Yang Terinspirasi Dari Video Game Bisa Bikin Manusia Hidup Abadi 07e4e

7 Teknologi Perang Canggih yang Terinspirasi dari Video Game, Bisa Bikin Manusia Hidup Abadi?

Teknologi Perang China Banner 9358b

10 Teknologi Perang Tercanggih Milik China, Buat Nyerang Amerika Serikat?

Teknologi Perang Indonesia Banner 1b712

10 Teknologi Perang Paling Canggih Milik Indonesia, Tidak Selemah yang Prabowo Sebutkan!

Teknologi Perang Rahasia Amerika Serikat Banner D20f6

10 Teknologi Perang Rahasia Milik Amerika Serikat, Ada Senjata Pemusnah Massal?

Teknologi Perang Dunia 2 Paling Canggih 9dded

7 Teknologi Perang Dunia II Paling Canggih | No.6 yang Paling Ditakuti Hingga Saat ini!

Teknologi Militer Terkuat Israel A5702

7 Teknologi Perang Militer Israel Terkuat | Bisa Cegat Rudal di Luar Atmosfer Bumi!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal