J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ibu Kota Pindah? Ini 7 Teknologi Canggih yang Wajib Ada, Biar Gak Kayak Jakarta!

Ibu Kota Pindah? Ini 7 Teknologi Canggih yang Wajib Ada, Biar Gak Kayak Jakarta!

Selasa, 7 Mei 2019, 17:00 WIB
Apakah kamu setuju dengan pindahnya ibu kota Indonesia? Jika wacana ini terealisasi, maka ibu kota baru tersebut seharusnya memiliki ketujuh hal ini!

Akhir-akhir ini di dunia maya sedang terjadi perdebatan antar netizen. Topik yang dibahas adalah wacana perpindahan ibu kota dari Jakarta oleh presiden. Ada yang setuju, ada yang tidak.

Yang pro mengatakan Jakarta sudah terlalu berat bebannya, yang kontra mengatakan bahwa ide tersebut tidak sesuai dengan kondisi ekonomi kita sekarang.

Seandainya pindah, setidaknya ibu kota yang baru tersebut harus memiliki 7 teknologi canggih yang ada di bawah ini, geng!

7 Teknologi Canggih untuk Ibu Kota Baru

Perpindahan ibu kota bukanlah hal baru. Banyak negara yang pernah melakukannya. Contoh yang paling dekat adalah Myanmar dan Malaysia.

Teknologi yang seharusnya hadir di ibu kota memiliki beberapa fungsi yang berbeda-beda, baik untuk masyarakat maupun aparat pemerintahnya.

Ada yang untuk memfasilitasi kebutuhan warganya, mengatasi permasalahan di ibu kota yang lama, hingga mempermudah pemerintah menjalankan fungsi administrasinya.

Jaka sudah melakukan riset kecil-kecilan tentang apa saja yang dibutuhkan untuk ibu kota baru tersebut. Yuk, langsung aja disimak ulasan selengkapnya!

1. Smart City

Teknologi Canggih Ibu Kota Baru 1 A40ca
Sumber foto: Smart Cities World

Secara umum, sebuah ibu kota di Indonesia harus menjadi Smart City. Beberapa kota di Indonesia sudah mulai menerapkannya, seperti Jakarta dan Bandung.

Inti dari Smart City adalah terintegrasinya teknologi informasi dan komunikasi dalam mengelola sebuah kota demi meningkatkan efisiensi, memperbaiki birokrasi, dan membuat warganya sejahtera.

Apalagi, dengan keberadaan Internet of Things yang ada di berbagai perangkat akan membuat penerapan Smart City semakin mudah.

Akan tetapi, pada praktiknya tidak mudah membuat Smart City. Dibutuhkan infrasturktur penunjang yang memadai dan biaya yang tidak sedikit.

Selain itu, masyarakatnya juga harus melek teknologi agar Smart City bisa memberikan manfaat yang maksimal.

2. Jaringan Internet

Teknologi Canggih Ibu Kota Baru 2 205b5
Sumber foto: Brightline Technologies

Salah satu penopang Smart City yang paling penting adalah jaringan internet yang kencang. Tanpa ada internet dengan kecepatan internet yang stabil, mustahil ada Smart City.

Pemerintah juga harus menyediakan pemancar Wi-Fi di berbagai area publik seperti stasiun untuk memudahkan warganya tersambung dengan internet.

Dengan adanya internet yang kencang, masyarakat juga bisa mengirimkan aduan ke pemerintah lebih cepat, baik menggunakan aplikasi maupun media sosial.

Apakah perlu jaringan 5G? Jaka rasa belum perlu. Cukup maksimalkan jaringan yang sudah ada sekarang.

3. Pengolahan Sampah

Teknologi Canggih Ibu Kota Baru 3 87837
Sumber foto: NYTimes

Salah satu permasalahan terbesar dari Jakarta adalah menumpuknya sampah. Bahkan, sampah-sampah ini juga mengakibatkan banjir di sejumlah titik.

Di ibu kota yang baru nanti, harus ada teknologi yang bisa digunakan untuk memanfaatkan tingginya volume sampah.

Contoh Swedia. Di negara asal IKEA tersebut, sampah digunakan sebagai bahan bakar untuk pembangkit tenaga listrik. Mungkin teknologi ini bisa diterapkan di ibu kota baru nanti.

Tentu saja yang lebih penting adalah kesadaran warganya. Percuma jika diberikan fasilitas canggih jika budaya membuang sampah sembarangan masih mengakar.

Teknologi Lainnya . . .

4. Sumber Daya Energi

Teknologi Canggih Ibu Kota Baru 4 1be31
Sumber foto: Intech Clean Energy

Seperti yang sudah Jaka singgung di poin sebelumnya, sampah bisa dimanfaatkan sebagai sumber daya energi untuk menerangi ibu kota yang baru.

Tidak hanya itu, masih banyak jenis sumber daya energi yang bisa diterapkan. Contohnya adalah pembangkit listrik tenaga matahari.

Sebagai negara tropis yang disinari matahari sepanjang tahun, tentu sumber daya yang tak bisa habis ini harusnya bisa menjadi kekuatan utama dalam memproduksi listrik.

Selain itu, sumber daya jenis ini juga lebih ramah lingkungan. Biayanya memang tidak sedikit, tapi sebanding dengan apa yang dihasilkan.

5. Transportasi Modern

Teknologi Canggih Ibu Kota Baru 5 741f7
Sumber foto: MRT Jakarta

Ibu kota harus bisa menghubungkan warganya dari satu tempat ke tempat lain dengan transportasi. Apalagi, makin banyak teknologi transportasi yang canggih dan modern.

Di Jakarta baru saja diresmikan Moda Raya Terpadu atau yang sering disingkat MRT. Ini merupakan salah satu transportasi modern yang harus ada di ibu kota baru yang nanti.

Tidak hanya transportasi umum, pengelolaan jalan raya juga harus menjadi fokus pemerintah. Bukankah macet menjadi salah satu permasalahan terbesar Jakarta?

Selain membuat banyak transportasi umum, pemerintah hendaknya menerapkan teknologi canggih di jalan raya seperti traffic light yang dilengkapi dengan AI.

Sistem pembayaran parkir dibuat secara otomatis dengan menggunakan kartu. Mungkin dibuat sedikit mahal agar warganya beralih ke transportasi umum.

6. Reduksi Polusi

Teknologi Canggih Ibu Kota Baru 6 F8817
Sumber foto: The Hindu

Permasalahan Jakarta yang tak boleh terulang di ibu kota adalah polusi udara, baik yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor ataupun asap pabrik.

Pertama tentu dengan membatasi kendaraan bermotor dengan menyediakan transportasi umum yang nyaman atau meningkatkan pajak kendaraan dan biaya parkir.

Tidah hanya itu, pemerintah hendaknya memasang semacam sensor air quality untuk mengetahui berapa tinggi polusi yang ada di sekitar sensor.

Selain itu, pemerintah bisa membuat regulasi agar pabrik-pabrik yang ada di dekat ibu kota baru nanti bisa mengolah limbah asap mereka lebih baik lagi.

7. Pencegahan Banjir dan Bencana Alam

Teknologi Canggih Ibu Kota Baru 7 D2c39
Sumber foto: Design1st

Terakhir adalah penanganan musuh terbesar Jakarta: banjir. Mungkin pemerintah akan mencari lokasi yang selama ini bebas dari banjir.

Tapi untuk tindakan pencegahan, tidak ada salahnya menggunakan teknologi-teknologi canggih untuk mencegah banjir.

Contohnya adalah Water Gate yang mampu menahan serangan banjir dengan cukup efektif dan tidak membutuhkan biaya yang terlalu tinggi.

Untuk mencegah korban jiwa, adanya sistem peringatan dini jika terjadi banjir juga akan sangat berguna. Tidak hanya banjir, tapi semua jenis bencana alam.

Akhir Kata

Itulah 7 teknologi canggih yang harus dimiliki oleh ibu kota baru Indonesia. Teknologi-teknologi tersebut hadir untuk mencegah terulangnya masalah-masalah di Jakarta.

Selain itu, teknologi tersebut juga harus memuat beberapa aspek yang tentunya memberi manfaat sebesar-besarnya ke rakyat Indonesia.

Kalau menurutmu, apa masih ada teknologi canggih yang belum Jaka sebutkan? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah

ARTIKEL TERKAIT
Teknologi Canggih Yang Ternyata Hoax A7c56

7 Teknologi Canggih yang Ternyata Hoax | No.6 Terciduk di TV!

Teknologi Canggih 2019 Banner 5b6ae

7 Teknologi Canggih yang Paling Ditunggu di 2019, Mobil Esemka Kapan?

Teknologi Perang Indonesia Banner 1b712

10 Teknologi Perang Paling Canggih Milik Indonesia, Tidak Selemah yang Prabowo Sebutkan!

Teknologi Terinspirasi Dari Anime Banner 4d44b

Ini Teknologi Super Canggih yang Terinspirasi dari Anime!

Teknologi Berubah Karena 5g 6ef4e

5 Teknologi yang Akan Berubah Total Karena 5G, Bisa Main PUBG PC di HP Kentang?

Teknologi Punah 2019 065b5

7 Teknologi yang Akan Musnah di Tahun 2019, No.5 Bakal Bikin Kamu Kaget!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal