J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Teknologi Canggih yang Gagal Total di Pasaran, Padahal Berkualitas!

7 Teknologi Canggih yang Gagal Total di Pasaran, Padahal Berkualitas!

Minggu, 5 Apr 2020, 15:00 WIB
Tahu nggak sih kalau Microsoft ternyata punya produk gagal padahal fiturnya bagus? Cari tahu apa saja teknologi berkualitas yang gagal ketika dipasarkan.

Inovasi bisa dibilang sebagai nafas di dalam dunia teknologi. Bila tidak ada inovasi maka teknologi tidak akan pernah berkembang, dan cenderung untuk ditinggalkan.

Perusahaan teknologi baik besar maupun kecil akan selalu berlomba-lomba dalam mengembangkan inovasi mereka dan memasarkannya ke khalayak umum.

Sayangnya, tidak semua inovasi diterima dengan baik di masyarakat walaupun inovasi tersebut sebenarnya memiliki kualitas yang baik.

7 Produk Teknologi Gagal yang Sebenarnya Bagus

Faktor kesiapan masyarakat dalam menerima sebuah inovasi juga perlu untuk dipertimbangkan sebelum memasarkan produk hasil inovasi.

Beberapa produk inovasi yang sebtulnya menawarkan alternatif solusi yang baik dan juga dibekali dengan teknologi mempuni, gagal di pasaran karena masyarakat belum siap menerima teknologi seperti itu.

Apa saja sih teknologi gagal yang sebetulnya memiliki fungsi dan potensi yang cukup baik? Berikut informasi selengkapnya.

1. Dreamcast, Sega

Rpp Pe 99763
Sumber foto: rpp.pe

Konsol game yang satu ini sebenarnya memiliki teknologi yang jauh lebih canggih ketimbang para pesaingnya ketika dipasarkan. Dreamcast bahkan disebut sebagai konsol game generasi keenam pertama.

Sayangnya, konsol yang satu ini kalah bersaing dengan PlayStation 2 yang dirilis satu tahun setelahnya. Sony menerapkan strategi marketing yang lebih baik dan menarik minat lebih banyak pemain game.

Alhasil, Dreamcast dihentikan penjualannya pada tahun 2001, hanya dua tahun setelah diluncurkan. Kegagalan ini bahkan membuat SEGA berganti model bisnis menjadi Publisher Game.

2. Windows Vista

Winoin Com A4b6a
Sumber foto: wionoin.com

Operating System besutan Windows yang satu ini disebut sebagai produk gagal. Banyak orang memutuskan untuk kembali menggunakan Windows XP setelah mencoba Vista.

Windows Vista sebetulnya menawarkan fungsionalitas yang cukup baik dan juga dibalut dengan grafis yang elok.

Tampilan menarik serta fungsi yang banyak otomatis memerlukan hardware yang lebih mempuni, dan pada saat Vista dilucurkan banyak hardware yang kewalahan dalam menjalankan OS buatan Microsoft yang satu ini.

3. Google Glass

Extremetch Com 1e06a
Sumber foto: extremetech.com

Teknologi yang ditawarkan dalam Google Glass sebetulnya memiliki fungsi yang jauh lebih superior ketimbang teknologi lain pada masanya, dan hal ini justru menjadi alasan Google Glass gagal di pasaran.

Google Glass dipasarkan tanpa membawa pesan yang jelas untuk para penggunanya kenapa mereka harus menggunakan teknologi terbaru ini.

Selain itu, secara estetis Google Glass tidak didesain untuk tampil modis. Meskipun memiliki fungsi yang superior, tidak banyak orang yang mau menggunakan teknologi yang membuat mereka terlihat seperti Wibu atau Nerd.

4. MeeGo

Youtube Com D5377
Sumber foto: youtube.com

OS untuk handphone ini sebetulnya memiliki potensi yang cukup baik sebagai OS tandingan Android maupun iOS, tetapi politik dibalik peluncurannya membuatnya tidak bisa berkembang.

Dengan dirilisnya Nokia N9 yang mengadopsi MeeGo sebagai OS-nya sebetulnya memberikan harapan bagi para penggemar Nokia bahwa pabrikan handphone raksasa ini masih bisa berinovasi.

Sayangnya, MeeGo tidak diberi kesempatan lebih. Nokia N9 menjadi satu-satunya handphone yang mengadopsi OS ini karena Nokia beralih ke sistem Windows Phone.

5. Knol

Antyweb Pl Cba7c
Sumber foto: antyweb.pl

Apa jadinya kalau Wikipedia hanya boleh ditulis oleh para pakar dibidangnya saja, tidak boleh oleh sembarang orang? Website ini bisa menjadi sumber relevan untuk dikutip bahkan di dunia akademik.

Konsep ini lah yang diusung oleh Google ketika mengembangkan Knol, platform seperti Wikipedia dengan kontributor para ekspert di bidangnya.

Sayangnya, pada proses eksekusi banyak konten plagiat yang tidak tersaring dan Knol menjadi ajang pamer para ahli yang membuat ekosistemnya tidak berkembang baik.

Pada akhirnya, Knol harus rela dilabeli produk gagal meskipun diusung dengan konsep yang baik dan didukung oleh perusahaan besar sekelas Google.

6. AIBO

Eteknix Com C6b42
Sumber foto: eteknix.com

Robot anjing buatan Sony ini memiliki fungsi yang sangat baik, dan dilengkapi dengan berbagai macam software dan hardware yang mampu membuatnya berfungsi layaknya seekor anjing.

Kecanggihan teknologi AIBO tidak mampu membuatnya menjadi sebuah produk komersil sukses karena harganya yang terbilang mahal.

Selain itu, masyarakat saat ini belum siap untuk mengganti anjing sungguhan dengan robot. Sensitifitas semacam ini juga menghambat perkembangan AIBO.

7. Microsoft Bob

Toastytech Com 7dc63
Sumber foto: toastytech.com

Mungkin tidak terlalu banyak yang pernah mendengar mengenai OS buatan Microsoft yang satu ini.

Bob merupakan OS yang didesain menyerupai ruang tamu dengan berbagai karakter animasi yang berfungsi sebagai guide, pembimbing pengguna yang kesulitan dalam mengoperasikan komputer.

Fungsi Bob yang baik ini membutuhkan hardware di atas rata-rata pada periode awal perkembangan komputer yang membuat banyak pengguna enggan membelinya.

Akhir Kata

Itu dia beberapa teknologi gagal yang sebenarnya memiliki kualitas yang cukup baik, bahkan di atas rata-rata teknologi kala itu.

Kesiapan masyarakat dalam menerima teknologi baru, dan juga strategi marketing yang salah bisa membuat suatu teknologi yang berpotensi justru mati ketika dipasarkan.

Kehadiran inovasi memang tidak selalu diterima dengan baik, perlu pesan jelas dibarengi dengan strategi marketing yang baik untuk membuat masyarakat berprasangka baik dengan teknologi baru yang dipasarkan.

Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Jadi D47a2

10 HP dengan SKor AnTuTu Tertinggi Saat Ini, No. 8 Kamu Gak Bakal Nyangka!

Harga Hp Iphone 32208

Daftar Harga HP iPhone Terbaru September 2020, iPhone SE 2020 7 Jutaan!

Baru Dari Apple Event 2019 Banner 78cb7

7 Produk Baru yang Ada di Apple Event 2019, iPhone 11 Murah Meriah?

Blackberry Android Banner 2 0d4a1

HP Blackberry Android Murah & Terbaru Mulai Harga 1 Jutaan

Fakta Paling Aneh Bill Gates Cf329

7 Kelakuan Bill Gates yang Paling Aneh, Ogah Kasih Warisan ke Anak-Anaknya?

Ces 2019 D4c26

5 Teknologi Canggih yang Resmi Hadir di 2019, Alienware Reborn!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Teknologi Paling Gagal Selama 1 Dekade Terakhir, Banyak Produk Google?

7 Teknologi Paling Gagal Selama 1 Dekade Terakhir, Banyak Produk Google?

7 Teknologi yang Diprediksi Akan Hilang di 2020, Kok Bisa?

7 Teknologi yang Diprediksi Akan Hilang di 2020, Kok Bisa?

7 Anime yang Membahas Teknologi Canggih, Meramal Masa Depan?

7 Anime yang Membahas Teknologi Canggih, Meramal Masa Depan?

8 Gadget Paling Aneh dan Unik di CES 2020, Ada Laptop Mirip Samsung Galaxy Fold!

8 Gadget Paling Aneh dan Unik di CES 2020, Ada Laptop Mirip Samsung Galaxy Fold!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal