J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Awas! Ini 5 Tanda Smartphone Kamu Perlu Segera Diganti

Awas! Ini 5 Tanda Smartphone Kamu Perlu Segera Diganti

Kamis, 7 Des 2017, 20:00 WIB
Kadang kamu merasa smartphonemu baik-baik aja padahal sebenarnya sudah waktunya diganti dengan yang baru. Kamu perlu kenali 5 tanda jika smartphone perlu segera diganti.

Smartphone kini gak bisa dipungkiri sudah jadi salah satu barang terpenting buat manusia. Rasanya sulit melewati satu hari aja tanpa menggunakan smartphone. Akan sangat menyebalkan ketika kita gak bisa menggunakan smartphone hanya karena tertinggal, rusak atau bahkan hilang.

Ngomongin soal smartphone, benda yang satu ini bukanlah benda abadi. Ada masanya di mana smartphone yang kita gunakan termakan usia dan perlu diganti dengan yang baru. Apalagi untuk kamu yang termasuk tipe teledor, biasanya smartphone yang digunakan gak akan bertahan lama dan tiba-tiba sudah harus diganti.

Tapi buat kamu yang telaten merawat barang (termasuk smartphone), kadang kamu gak sadar kalau smartphonemu sebenarnya sudah harus diganti dengan yang baru. Maka dari itu, kali ini Jaka akan kasih tau kamu lima tanda ketika smartphone perlu segera diganti. Apa aja sih?

BACA JUGA
  • Mirip Puzzle, 5 Smartphone Modular yang Bisa Kamu UPGRADE Komponen Dalamnya
  • 4 Alasan Untuk Upgrade Gadget Kamu ke Android Nougat 7.0
  • Mau Upgrade Windows 10 Secara Gratis? Gini Triknya!

5 Tanda Smartphone Kamu Perlu Segera Diganti

1. Update OS Mentok

Tanda Smartphone Harus Diganti 1

Sebagian orang mengira gak ada salahnya menggunakan smartphone dengan OS yang sudah lama banget alias jadul. Pun jika dibutuhkan, mereka akan segera meng-update OS smartphone mereka. Sayangnya, sebagian besar smartphone keluaran lama alias yang sudah berusia beberapa tahun nyatanya gak diberikan update OS terbaru.

Jika smartphonemu kini gak lagi bisa atau gak mendapatkan update OS terbaru, itu tandanya kamu harus memiikirkan smartphone baru apa yang akan kamu gunakan. Pasalnya, OS terbaru pastinya menawarkan fitur lebih canggih, performa lebih cepat hingga sistem keamanan yang lebih ketat dari OS terdahulu. Itu berarti, smartphone kamu gak akan merasakan itu semua alias akan ketinggalan jika tetap menggunakan OS lama.

2. Performa Menurun

Tanda Smartphone Harus Diganti 2

Smartphone kamu tentunya juga bisa termakan usia. Meski kamu membeli flagship termahal sekalipun, performanya pasti akan menurun selang beberapa tahun kemudian. Gak selalu karena akibat keteledoran pengguna (misalnya jatuh atau terbanting), menurunnya performa smartphone nyatanya memang disebabkan oleh penggunaan dalam waktu lama.

Beragam aplikasi yang ada di smartphonemu semakin lama akan semakin besar. Dalam artian akan memakan ruang penyimpanan lebih besar dan otomatis akan membuat smartphonemu lebih lambat. Jika sudah begini, kamu bisa memilih untuk membuang aplikasi yang padahal penting tersebut atau segera beralih ke smartphone baru lainnya.

3. Usia dan Daya Tahan Baterai

Tanda Smartphone Harus Diganti 3

Baterai memang salah satu komponen penting sebuah smartphone. Baterai yang sudah usang, tua, ditambah dengan keadaan 'bocor' alias gampang banget habis tentunya bikin smartphone kamu jadi gak nyaman lagi untuk digunakan. Hal itu sebenarnya bisa kamu atasi dengan mengganti baterai yang baru.

Sayangnya, gak semua smartphone kita baterainya bersifat removable. Beberapa flagship bahkan punya baterai yang menyatu dengan bodi smartphone. Lalu jika baterai sudah buruk kualitasnya? Jawabannya adalah segera cari dan beli smartphone baru untuk menggantikannya.

4. Layar 'Burn-in'

Tanda Smartphone Harus Diganti 4

Istilah yang satu ini juga sering disebut dengan istilah ghost image. Istilah ini menggambarkan gimana kondisi terjadinya perubahan warna pada layar smartphone secara permanen. Hal itu adalah efek jangka panjang yang disebabkan oleh penggunaan pixel yang gak teratur.

Tentunya kamu gak mau dong menggunakan smartphone yang 'buta warna'? Apalagi jika kamu termasuk tipe yang gemar mengabadikan momen seru dengan smartphone. Dijamin gak akan seru lagi jika layar smartphone menunjukkan warna yang gak sesuai dengan kondisi aslinya. Maka, kamu sudah boleh mempertimbangkan membeli smartphone baru jika mengalami layar burn-in.

5. Kerusakan Fisik

Tanda Smartphone Harus Diganti 5

Tanda yang satu ini harusnya gak perlu diragukan lagi. Meski banyak pengguna smartphone merasa goresan kecil atau pecahan di satu bagian tertentu gak begitu mengganggu dan mempengaruhi performa smartphone, nyatanya hal itu makin lama akan membuat smartphone 'tewas'.

Selain harga jual yang pastinya anjlok, kerusakan pada bagian atau komponen tertentu lama-kelamaan akan mengganggu performa smartphone itu sendiri. Apalagi jika kerusakan nantinya menyebar ke bagian-bagian lebih penting semisal layar dan kamera. Maka hampir bisa dipastikan kalau kamu perlu segera menggantinya dengan smartphone baru.

Akhir Kata

Itulah lima tanda yang menunjukkan kalau smartphone kamu perlu segera diganti dengan yang baru. Jangan tunggu hingga smartphonemu rusak atau mati total ya. Lebih baik segera kamu jual dan ganti dengan yang baru selagi smartphone lamamu masih punya nilai jual, meski kecil sekalipun.

Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT
6d7cab8a4474896ddecc647edd89d2d6

4 Hal ini WAJIB Kamu Pertimbangkan Sebelum Upgrade ke Android Nougat

5f55ec5f47e2555247530ec496037dfc

7 Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis Sejak Upgrade Ke Android Nougat

Banner Upgrade Windows 10

Akibat Upgrade Windows 10, Wanita Ini Dapatkan Rp 130 Juta!

Windows 10

Buruan Upgrade! Gratisan Windows 10 Gak Sampai 2 Bulan Lagi

Film Pendek Direkam Pakai Smartphone

Percaya Nggak? 6 Film Pendek Keren Ini Direkam Pakai Smartphone Loh!

APPS TERKAIT
Commtorresphonetester206jalantikus Icon
Phone Tester (hardware info) 2.0.6
Apps Miguel Torres
Easeuslogo Icon
EaseUS Coolphone 1.5.0
Apps EaseUS
Splash Tool Icon
Smartphone Flash Tool (All Version) 5.1548
Apps SpflashTool
Camscanner Logo D96a2
CamScanner -Phone PDF Creator 5.17.7.20200311
Apps IntSig Information Co.,Ltd
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Yakin Butuh HP Baru? 5 Hal Ini Wajib Dipertimbangkan Sebelum Ganti Smartphone

Yakin Butuh HP Baru? 5 Hal Ini Wajib Dipertimbangkan Sebelum Ganti Smartphone

Hindari 5 Hal Ini, Smartphone Kamu Gak Akan Rusak Seumur Hidup

Hindari 5 Hal Ini, Smartphone Kamu Gak Akan Rusak Seumur Hidup

11 Cara Penting Sebelum Beli Smartphone Baru Pake Uang THR

11 Cara Penting Sebelum Beli Smartphone Baru Pake Uang THR

4 Alasan Smartphone Flagship Bukan Yang Terbaik

4 Alasan Smartphone Flagship Bukan Yang Terbaik

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal