J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

WASPADA! Ini 7 Tanda Browser Kamu Sudah Terjangkit Malware dan Cara Mengatasinya

WASPADA! Ini 7 Tanda Browser Kamu Sudah Terjangkit Malware dan Cara Mengatasinya

Selasa, 19 Des 2017, 11:00 WIB
Kali ini Jaka akan membahas mengenai 7 tanda virus menyerang melalui program web browser. Ingin tahu selengkapnya? Simak ulasan Jaka berikut ini yuk!

Mendengar kata virus, banyak pengguna yang menganggap bahwa itu cuma terjadi pada program-program atau aplikasi yang dimiliki. Perlu diketahui bahwa virus juga dapat menyerang melalui program web browser.

Nah, apa saja sih tanda-tanda virus yang menyerang melalui browser? Kali ini Jaka akan membahas mengenai 7 tanda virus menyerang melalui program web browser. Ingin tahu selengkapnya? Simak ulasan Jaka berikut ini yuk!

BACA JUGA
  • Jangan Install Aplikasi Gratis Sembarangan, Ini 4 Bahayanya!
  • Cara Mudah Membedakan Aplikasi Asli vs Aplikasi Palsu di Android
  • Inilah Bahaya yang Mengintai Jika Kamu Download Aplikasi di Sembarang Situs

WASPADA! Ini 7 Tanda Browser Kamu Sudah Terjangkit Malware dan Cara Mengatasinya

1. Homepage Pada Browser Berganti Menjadi Situs Lain

D5daf0a5279b2ceb04d83cb69ee67ad3

Setiap program web browser yang berbeda-beda penyedianya, pastinya akan menampilkan tampilan awal browser atau homepage sesuai layanan dari tiap-tiap penyedia, seperti Google Chrome. Google Chrome akan menampilkan homepage atau awal browser yaitu mesin pencari.

Namun, virus tersebut akan menyerang browser kamu dengan mengubah tampilan awal browser. Kita tidak pernah mengubah tetapi virus itu sendiri yang mengubahnya. Biasanya virus ini kerap terjadi ketika kamu download konten, aplikasi, video, musik, dan lainnya di situs yang tidak dipercaya.

2. Muncul Tab Baru Secara Massal

2013 03 16 08 57 27 7ed211

Hampir setiap pengguna internet ingin mencari informasi menggunakan aplikasi web browser. Pernahkah kamu mengklik suatu teks atau gambar yang mengarahkan kamu ke berbagai situs dan membuat aplikasi web browser memberikan tab-tab baru secara massal?

Biasanya link-link yang keluar tersebut tidak ada kaitannya dengan apa yang sedang dicari. Tujuan dari fungsi tersebut adalah agar setiap user mengarah ke situs yang telah ditentukan dari virus tersebut dan parahnya kalau link tersebut membuat kamu harus download program atau aplikasi tersebut secara otomatis.

3. Loading Website Atau Situs Menjadi Lemot

Loading Data

Browsing lemot atau berat biasanya bisa terjadi karena koneksi internet yang kamu miliki tidak stabil atau ping yang besar. Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan karena kemungkinan virus yang menyerang sistem browser kamu. Biasanya, virus tersebut telah masuk ke dalam sistem aplikasi browser yang kamu miliki. Solusinya kamu bisa instal ulang aplikasi browser tersebut.

4. Browser Jadi Sangat Lambat Ketika Baru Pertama Kali Dibuka

Www
Sebelum menyimpulkan bahwa browser kamu sangat lambat ketika pertama kali dibuka karena virus, pastikan kamu tidak membuka banyak aplikasi sehingga membuat memori RAM penuh. Jika benar, virus itu akan membebani komputer atau gadget kamu dengan berlebihan. Virus tersebut dapat dilihat bagi yang menggunakan komputer atau laptop dengan cara membuka task manager dan melihat berapa besar aplikasi browser kamu memakan memori RAM.

5. Muncul Toolbar Pada Aplikasi Browser

C4e74eccbbf4abc3add039d63ff15ff1

Setiap penyedia aplikasi web browser pasti memberikan fitur-fitur yang menarik dan membuat user mudah berinteraksi dengan aplikasi tersebut. Tapi perlu diperhatikan juga bahwa virus dapat menyerang browser kamu menggunakan toolbar yang telah terinstal di aplikasi browser.

Dampak dari virus tersebut adalah ketika kamu sedang melakukan pencarian, browser otomatis akan mengarahkan ke situs lain atau mengubah target mesin pencari pada browser. Hati-hati dengan kondisi seperti ini karena hal ini kemungkinan salah satu indikasi browser kamu terserang virus.

6. Muncul Iklan-Iklan yang Tidak Beraturan

Shopping Assistant Ads

Iklan memang bisa muncul di setiap website yang kamu kunjungi. Salah satu cara website tersebut memperoleh keuntungan adalah dari iklan-iklan yang muncul di tampilan website tersebut. Salah satu iklan yang biasanya bukan disediakan dari website tersebut adalah ketika iklan itu tampil berbeda dengan konten yang ada di website tersebut.

Iklan palsu tersebut berasal dari aplikasi advertising yang secara diam-diam dan tidak kamu sadari terinstal pada browser kamu. Virus ini bisa dikenal dengan istilah AdWare.

7. Browser Sering Mengalami Crash

Browser Crashing String Script

Crash pada browser biasanya terjadi ketika aplikasi yang sedang berjalan tidak sesuai ekstensi atau plugin pada sistem browser kamu. Misalnya, flash yang belum di-update, sistem pada website tersebut tidak dapat dipenuhi oleh aplikasi browser kamu. Dan hal-hal ini wajar dialami bagi pengguna browser. Yang tidak wajar adalah apabila kamu mengalami crash ketika sedang membuka website atau blog yang ringan. Website ringan biasanya rata-rata 500 kb ke bawah untuk diakses.

Jangan khawatir dengan virus-virus tersebut karena semua virus tersebut dapat dicegah dan diatasi dengan menggunakan aplikasi Anti Malware. Aplikasi tersebut dapat kamu unduh di Google Play Store atau penyedia layanan aplikasi lainnya, seperti jalantikus.com. Virus tersebut juga dapat diperiksa secara manual bagi kalian yang menggunakan PC atau komputer dengan memeriksa di control panel atau ekstensi pada browser yang digunakan.

Nah itulah 7 tanda browser kena virus atau malware dan solusi mengatasinya. Bagaimana sekarang? Sudah jelas kan ulasan Jaka? Jadi buat kamu, hati-hati dalam mencari informasi di internet ya karena bisa saja bukan informasi yang kamu dapatkan melainkan virus yang dapat merusak browser kamu. Semoga bermanfaat!

ARTIKEL TERKAIT
Rekomendasi 8 Gamepad Android Terbaik Bikin Gaming Makin Ajib 173a8

8 Gamepad Android Terbaik untuk Gamer, Bikin Gaming Makin Ajib!

Banner Shutterstock Facebooksempit

Waduh! Ini 5 Postingan Facebook Yang Bikin Kamu Berpikiran Sempit

Idcard

Ternyata Ini Kartu Nama 14 Orang Hebat di Dunia! Ada Einstein dan Zuckerberg

Gigabyte Aero Series Laptop Gaming Tipis Banner 3sip

Gigabyte Aero Series, Ini 4 Laptop Gaming Tipis yang Cocok buat Para Professional

Kebiasaan Unik Pengguna Smartphone Di Jepang Banner

9 Cara Menggunakan Smartphone yang Unik di Jepang

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Opera Logo Icon
Opera Browser 39.0.2256.48
Apps Opera Software
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal