J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

9 Alasan Kenapa T-Series Bisa Mengalahkan PewDiePie, Pakai Auto Subs?

9 Alasan Kenapa T-Series Bisa Mengalahkan PewDiePie, Pakai Auto Subs?

Senin, 8 Apr 2019, 19:00 WIB
Perang demi merebut julukan raja Youtube antara PewDiePie dan T-Series semakin sengit. Akankah T-Series berhasil mematahkan dominasi PewDiePie?

Beberapa bulan terakhir, pertarungan jumlah subscriber antara PewDiePie dan T-Series makin memanas.

Sempat unggul, T-Series harus rela dilewati oleh PewDiePie kembali. Hal ini wajar karena banyak youtuber lain yang mendukung PewDiePie untuk menjadi raja Youtube.

Banyak yang menganggap kejadian ini bagaikan David vs Goliath, di mana seorang PewDiePie harus berhadapan dengan perusahaan sebesar T-Series.

Kali ini Jaka mau kasih tahu kamu 9 alasan kenapa T-Series bisa mengalahkan PewDiePie.

Sekilas Tentang T-Series

T Series Mengalahkan Pewdiepie 0 6e7c5

Jika tidak mengungguli PewDiePie, Jaka rasa kamu tidak akan pernah mendengar nama T-Series. Kecuali, kamu penggemar lagu dan film India.

T-Series memang sebuah industri hiburan yang telah ada sejak tahun 1983, lebih tua dari PewDiePie yang lahir pada tahun 1989.

Di bagian about pada channel Youtube-nya, T-Series tercatat sudah bergabung di Youtube sejak tahun 2006. Akan tetapi, ternyata video tertua mereka bertanggal 23 Desember 2010.

Bisa jadi mereka menghapus semua video dari tahun 2006 hingga 2010, meskipun tidak ada alasan yang jelas mengapa mereka melakukan hal tersebut.

PewDiePie sendiri bergabung dengan Youtube pada tanggal 29 April 2010, di mana video pertamanya tayang pada tanggal 2 Oktober 2010.

Isu Penggunaan Auto Subs dan Bot

Dari hasil pemantauan Jaka, mulai tahun 2017 kenaikan T-Series cukup meroket. pada bulan April 2017, jumlah subscriber mereka baru 18 juta ketika PewDiePie sudah memiliki 54 juta.

Satu setengah tahun berselang hingga pada bulan Oktober tahun 2018, jumlah subsciber T-series melonjak hingga menyamai PewDiePie di kisaran angka 60 juta subscriber.

Dengan kata lain, dalam waktu yang sama, jumlah subscriber T-Series naik sekitar 70% dan PewDiePie hanya berhasil bertambah sekitar 10%.

Kenaikan yang drastis ini membuat banyak orang curiga kalau T-Series menggunakan auto subs dan Bot demi menaikkan elektabilitas, eh, jumlah subscriber.

Apa itu auto sub? Jadi, setiap orang India yang membuat akun baru Youtube akan otomatis menjadi subscriber T-Series. Hal ini ternyata tidak terbukti sama sekali.

Kalau mendapatkan rekomendasi, mungkin iya. Algoritma yang dimiliki oleh YouTube sangat memungkinkan menampilkan T-Series sebagai rekomendasi, apalagi yang berdomisili di India.

Bagaimana dengan Bot? Jaka rasa juga tidak. Tentu YouTube memiliki kebijakan untuk menindak pelaku yang menggunakan Bot, namun hingga kini T-Series tidak pernah tersangkut masalah ini.

9 Alasan Mengapa T-Series Bisa Mendapat Banyak Subscriber (dengan Cepat)

Jika bukan karena auto subs dan Bot, lantas mengapat pertumbuhan jumlah T-Series sangat tinggi? Dilansir dari lawyerstech.com setidaknya ada 9 alasan mengapa T-Series bisa seperti sekarang.

1. Jumlah Penduduk India?

T Series Mengalahkan Pewdiepie 1 58086
Sumber foto: Deseret News

Banyak yang berpendapat bahwa T-Series bisa mendapatkan banyak subscriber karena jumlah penduduk India mencapai 1.3 miliar.

Mungkin itu ada benarnya, tapi tidak hanya itu. T-Series adalah sebuah channel YouTube yang berfokus pada konten berbahasa Hindi.

Bahasa Hindi digunakan oleh kurang lebih 322 juta orang di seluruh dunia, belum termasuk orang-orang yang menggunakan bahasa ini sebagai bahasa keduanya.

Tentu itu merupakan pasar yang sangat besar bagi kreator YouTube, sehingga T-Series melihat peluang ini untuk menarik para pengguna Youtube.

Belum lagi orang-orang yang tidak mengerti bahasa Hindi, namun sangat menyukai tayangan-tayangan berbahasa Hindi, termasuk lagu dan filmnya.

Tapi, itu baru salah satu faktor kecil.

2. Murahnya Harga Paket Internet

T Series Mengalahkan Pewdiepie 2 A8ac8
Sumber foto: Cheap International Calls - WordPress.com

Harga paket internet di India cukup mahal, sekitar 50 ribu rupiah untuk 1GB data. Tapi itu terjadi sebelum tanggal 5 September 2016, ketika provider bernama Reliance Jio hadir di India.

Pada awal-awal peluncuran kartu SIM perdana, mereka menawarkan gratis paket data 4GB per hari selama tiga bulan!

Dengan kuota sebanyak itu, warga India bisa sepuasnya menikmati YouTube tanpa takut kehabisan kuota.

Berkat promo yang ditawarkan tersebut, Jio bisa mendapatkan 100 juta pengguna hanya dalam waktu 6 bulan.

Serangan yang dilancarkan oleh Jio tentu membuat para kompetitornya juga harus menurunkan harga paket datanya agar bisa bersaing.

Pada akhir tahun kemarin, harga paket di India untuk 2GB paket data 4G per hari adalah sekitar 75 ribu rupiah dan berlaku selama 84 hari.

Penggunaan internet yang murah sangat mendukung T-Series untuk meraup banyak subscriber dari India.

3. Kehadiran Smartphone Murah

T Series Mengalahkan Pewdiepie 3 Db288
Sumber foto: Quartz

Selain paket data murah, kehadiran smartphone murah dari China pun ikut mempengaruhi kenaikan jumlah subscriber T-Series.

Merek-merek seperti Xiaomi, Oppo, dan Vivo membuat orang-orang bisa menikmati YouTube dari ponsel tanpa perlu memiliki laptop.

Apalagi, kehadiran merek China tersebut membuat banyak perusahaan handphone India merespon cepat, mereka memproduksi smartphone-smartphone murah dengan harga super terjangkau.

Selain itu, smartphone-smartphone tersebut bisa didapatkan dengan mudah, baik di toko offline maupun toko online. Cara pembayaran yang tersedia juga sangat bervariasi.

Alasan-Alasan Lainnya . . .

4. 50% Populasi India Berusia Di Bawah 25 Tahun

50% populasi India berada di bawah berusia 25 tahun. Itu sama dengan 650 juta orang. Bahkan 65% penduduk India berusia di bawah 35 tahun.

Rentang usia tersebut merupakan pasar utama Youtube, termasuk T-Series.

5. Kerjasama dengan Bintang Punjabi

Selain bahasa Hindi, di India juga banyak yang menggunakan bahasa Punjabi. Oleh karena itu, T-Series juga memproduksi konten dengan menggandeng penyanyi Punjabi.

Bahkan mereka sampai membuat channel baru bernama T-Series Apna Punjab dan sudah mendapatkan 15 juta subscriber.

Strategi ini bisa dibilang sukses karena orang-orang yang mengikuti channel tersebut seringkali akan tertarik untuk mengikuti channel utama T-Series.

6. Banyak Channel

T Series Mengalahkan Pewdiepie 7 A428b

Tadi Jaka sudah sempat menyinggung tentang T-Series Apna Punjab. Ternyata, channel tersebut hanya salah satu dari 25 anak channel yang dimiliki oleh T-Series.

25 channel. Bayangkan, geng! Jika semua digabungkan, maka jumlah subscriber T-Series sudah mencapai kurang lebih 150 juta orang!

Beberapa anak channel mereka antara lain T-Series Telegu, T-Series Kids Hut, T_Series Islamic Music, dan lain sebagainya.

Apakah PewDiePie memiliki sub-channel? Jaka hanya menemukan satu bernama DoubleMoose, itupun hanya memiliki 63 ribu subscriber.

7. Kebangkitan Kreator Lokal India

T Series Mengalahkan Pewdiepie 4 Bce4b
Sumber foto: Insider Quest

Sebelum tahun 2013, hanya ada 2 channel India yang memliki lebih dari 1 juta subscriber, di mana salah satunya adalah T-Series.

Sekarang, setidaknya ada 24 channel yang memiliki jumlah subscriber lebih dari 10 juta! Bahkan 5 di antaranya memiliki 20 juta lebih subscriber.

Hal ini tentu membuat channel T-Series akan direkomendasikan kepada orang-orang yang sudah mengikuti youtuber-youtuber tersebut.

8. Frekuensi Upload

T Series Mengalahkan Pewdiepie 5 05ccf
Sumber foto: University of Idaho

Sebagai industri raksasa, tentu T-Series memiliki sumber daya yang lebih dari cukup untuk memproduksi banyak video dalam satu hari.

Rata-rata T-Series mengunggah 6 hingga 8 video setiap hari, di mana PewDiePie hanya mengunggah 1 video setiap harinya.

Bedanya, jumlah penonton video PewDiePie lebih banyak dari T-Series. Dalam waktu 24 jam, PewDiePie bisa mendapatkan lebih dari 1 juta views.

Bagaimana dengan T-Series? Rata-rata satu video membutuhkan waktu hingga satu minggu (bahkan satu bulan) untuk mendapatkan satu juta views. Kedua channel ini menggunakan strategi yang berbeda.

Secara Analogi

PewDiePie adalah tipe pemancing yang menggunakan sebuah kail berkualitas demi mendapatkan ikan terbaik.

Ia memiliki konten berkualitas yang tidak terlalu beragam, namun memiliki jumlah penonton yang konsisten.

Sebaliknya, T-Series adalah tipe pemancing yang menebar banyak jala ke berbagai tempat. Ada yang hasilnya bagus, ada yang jelek.

T-Series membuat banyak macam video yang bervariasi. Ada yang bagus, ada yang jelek. Namun semua menjaring segmen penonton yang beaneka ragam.

Pada akhirnya, dengan dua strategi yang berbeda kedua channel ini akan mendapatkan total views yang seimbang.

9. Faktor Eksternal

T Series Mengalahkan Pewdiepie 6 Bdd9a
Sumber foto: Mobilescout.com

Konten PewDiePie selalu berisi dirinya, wajah seorang Felix Arvid Ulf Kjellberg. Itu nama aslinya, kalau kamu enggak tahu. Video-video PewDiePie hanya bisa dilihat di Youtube.

Di sisi lain, T-Series memiliki ratusan wajah, lebih banyak dari politikus dan Rahwana sekalipun. Mereka adalah label musik yang sudah berusia 35 tahun.

Mereka memanfaatkan radio, televisi, hingga aplikasi musik untuk mempromosikan lagu terbaru mereka.

Karena terus diputar berulang-ulang, mereka yang mengikuti channel T-Series pun penasaran untuk melihat video klipnya.

Mau tahu dari aplikasi apa saja kamu bisa mendengarkan lagu-lagu dari T-Series? Coba lihat daftar di bawah ini:

  • Apple Music

  • Amazon Prime Music

  • Spotify

  • Gaana

  • Saavn

  • Jio Music

  • Wynk Music

  • Hungama

  • iTunes

  • Google Play Music

  • Idea Music

Bisa dibilang, banyak faktor eksternal yang membuat video T-Series bisa dilihat jutaan orang dan hal ini tidak dimiliki oleh PewDiePie yang hanya seorang youtuber.

Sedikit terlihat tidak adil? Bisa jadi. Oleh karena itu banyak orang yang bersimpati dengan PewDiePie, termasuk youtuber lainnya.

Para youtuber tersebut meminta para subscriber-nya untuk mengikuti PewDiePie agar bisa kembali menyalip T-Series.

Hasilnya? Hingga artikel ini ditulis, PewDiePie telah unggul sekitar 400 ribu dari T-Series, membuatnya kembali menjadi raja Youtube.

Akhir Kata

Gimana, geng, ternyata ada begitu banyak faktor yang membuat T-Series sempat mengalahkan PewDiePie, ya.

Bayangkan, berawal dari murahnya paket internet di India, T-Series bisa berkembang dengan sedemikian pesatnya di Youtube.

Ditambah dengan sumber daya dan berbagai faktor eksternal, T-Series mampu mengejar defisit jumlah subsciber dalam waktu singkat.

Pertarungan ini masih jauh dari kata selesai. Selama mereka masih terus memproduksi konten-konten yang diminati oleh pengguna Youtube, persaingan akan tetap terus berlangsung.

Baca juga artikel seputar Youtuber atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah

ARTIKEL TERKAIT
Syarat Kolaborasi Youtube Raffi Ahmad 265c8

Mau Kolaborasi dengan Raffi Ahmad di Youtube? Ini Syaratnya!

Fakta Kimi Hime Banner 89c08

7 Fakta Kimi Hime, Nomor 4 Sering Ditanyakan Laki-Laki!

Game Paling Banyak Ditonton Youtube Banner Da782

10 Game Paling Banyak Ditonton di Youtube | No. 1 Bukan PUBG

Clear Lemon Fresh Banner 1db68

Terbongkar! 3 Hal yang Membuat Semua Orang Sulit Mendapat 10 Juta Subscribers

Youtuber Paling Dibenci 67ffb

5 Youtuber Indonesia yang Paling Banyak Punya Haters, No.3 Favorit Semua Cowok?

Youtuber Indonesia Termahal Banner B550d

8 YouTuber Termahal di Indonesia di 2019, Bayaran Miliaran!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal